Sukses

5 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Bau mulut yang Bisa Anda Coba di Rumah

Berikut ini deretan cara mudah dan alami mengatasi bau mulut yang bisa Anda coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki senyum indah tentu menjadi impian banyak orang. Namun banyak yang lupa bahwa memiliki napas yang segar juga tak kalah pentingnya. Hal ini karena napas yang buruk bisa menurunkan rasa percaya diri Anda dan mungkin membuat Anda kesulitan berbicara dengan seseorang. Lebih buruk lagi adalah ketika Anda tidak menyadarinya dan orang lain memberitahu Anda tentang hal itu. 

Ini dapat mengurangi kepercayaan diri Anda di lingkungan kerja dan bahkan mungkin berdampak pada hubungan Anda. Penyebab bau mulut bukanlah rahasia, di antara yang paling umum adalah bakteri yang menumpuk di lidah, kerusakan gigi, penyakit gusi, dan kebersihan mulut yang buruk. 

Semua makanan dapat tersangkut di gigi Anda, tetapi makanan tertentu, seperti misalnya bawang merah dan bawang putih, juga dapat menyebabkan bau mulut lebih sering. Juga terpengaruh bahkan perokok. Terlepas dari sumbernya, pengobatan bau mulut memerlukan penanganan gangguan yang mendasarinya atau mungkin bahkan mencoba beberapa perbaikan sederhana.

Ya, semua orang tentu ingin memiliki napas yang segar dan untuk menjaga kebersihan gigi, berikut ini 5 cara alami hilangkan bau mulut yang bisa Anda coba di rumah, dilansir dari Pinkvilla, Sabtu (25/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Minum air

Mulut kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah dehidrasi. Salah satu cara paling penting untuk mencegah bau mulut adalah dengan minum air putih setiap hari. Akan lebih mudah membasuh kuman yang menimbulkan bau tak sedap jika mulut Anda lebih lembap. Air liur membantu menjaga kebersihan mulut dan menghambat pertumbuhan kuman jahat. 

2. Mengunyah cengkeh

Cengkeh membantu menyegarkan napas dan melawan kuman penyebab gigi berlubang. Anda benar-benar dapat menyegarkan napas secara instan dan membuatnya segar hanya dengan mengisap atau mengunyah beberapa buah cengkeh beberapa kali sehari. Ini secara bertahap memudarkan bau mulut secara permanen dengan mencegah pertumbuhan kuman yang menyebabkannya.

3 dari 5 halaman

3. Minum teh hijau

Ada banyak cara teh hijau bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda. Menurut penelitian, antioksidan teh hijau menangkal berbagai penyebab bau mulut. Khususnya, polifenol mengurangi kuman dan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut. 

Sebelum tidur, buat dua cangkir teh dan biarkan terendam di lemari es sepanjang malam. Isi botol air dengan teh dingin Anda, lalu bawa ke tempat kerja. Duduk dan minum secara bertahap sepanjang hari untuk mencegah bau mulut.

4 dari 5 halaman

4. Konsumsi biji adas

Beberapa bumbu dan herbal memiliki minyak esensial yang beraroma. Setelah konsumsi makanan berbau bawang putih dan pedas lainnya, mereka dapat membantu menutupi bau napas. Mirip dengan ini, biji adas memberikan minyak esensial harum dengan kualitas antimikroba yang dapat membantu Anda bernafas lebih baik. Biji adas yang gurih meningkatkan produksi air liur, yang membantu menghancurkan mikroorganisme berbahaya. Penambahan bahan ini ke dalam teh juga bisa digunakan untuk membuat minuman pembersih langit-langit mulut.

5 dari 5 halaman

5. Konsumsi yogurt

Yogurt mengandung Lactobacillus, bakteri yang bermanfaat. Usus hanyalah satu wilayah di mana bakteri menguntungkan ini dapat membantu tubuh Anda melawan mikroba patogen. Pastikan yogurt Anda rendah gula, seperti yogurt biasa atau tanpa lemak, karena ini dapat membantu mengurangi bau mulut. Gula secara alami dapat memberi makan bakteri, yang merupakan penyumbang besar bau mulut, jadi hindari yogurt manis alih-alih gunakan probiotik.

Anda juga harus melakukan kebersihan gigi yang baik. Namun, Anda harus menemui dokter jika Anda terus berpikir bahwa napas Anda berbau tidak enak dan tidak membaik meskipun telah mencoba pengobatan yang disebutkan di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.