Sukses

Top 3: Apa Itu Sindrom Nasi Goreng? Gejala dan Penyebabnya

Artikel tentang ramai sindrom nasi goreng, ini gejala awal dan penyebabnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi goreng telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Tanah Air. Namun, pernahkah Anda mendengar mengenai sindrom nasi goreng?

Sindrom nasi goreng kembali ramai diperbincangan setelah sebuah kasus tahun 2008 beredar di lini masa TikTok, mengenai apa yang disebut sebagai sindrom nasi goreng yakni bahaya makan makanan yang dipanaskan, terutama nasi.

Ketika nasi goreng dibiarkan pada suhu kamar selama berjam-jam, bakteri yang dikenal sebagai Bacillus cereus pun mulai terbentuk.

Beras paling sering dikaitkan dengan jenis Bacillus cereus ini. Tidak semua nasi mengandung Bacillus cereus, namun bakteri ini bisa terbentuk jika nasi dimasak terlalu lama tanpa disimpan di lemari pendingin.

Artikel tentang ramai sindrom nasi goreng, ini gejala awal dan penyebabnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang ini sosok Chloe Tong, istri founder Grab yang diduga dukung Israel.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 7 rekomendasi drakor komedi romantis terbaik untuk penggemar Doona.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ramai Sindrom Nasi Goreng, Ini Gejala Awal dan Penyebabnya

 

Apa itu Bacillus cereus?

Melansir dari Clevelandclinic, Senin (6/11/2023), Bacillus cereus (B. cereus) merupakan bakteri pembentuk spora yang berukuran sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Bakteri ini menghasilkan zat berbahaya (racun) yang bisa membuatmu sakit. Ini dapat menyebabkan keracunan makanan (B. cereus usus) atau masalah kesehatan yang lebih serius (B. cereus non-usus).

Kebanyakan orang yang mengalami keracunan makanan akan pulih dalam waktu 24 jam. Namun Anda berisiko lebih tinggi terkena komplikasi jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah atau terganggu.

Apa saja gejala sindrom nasi goreng?

Bacillus cereus umumnya terjadi karena makan makanan yang dibiarkan pada suhu kamar. Keracunan makanan bisa terjadi meski Anda memanaskan makanan kembali.

Bacillus cereus membentuk spora yang mengeluarkan racun. Pada suhu ruangan, jumlah spora ini bisa bertambah. Saat Anda memakan spora ini, racun ini menyebabkan muntah atau diare.

Gejala keracunan makanan yang disebabkan Bacillus cereus:

  • Sakit perut
  • Kram perut
  • Diare encer
  • Mual dan muntah

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ini Sosok Chloe Tong, Istri Founder Grab yang Diduga Dukung Israel

Layanan transportasi online Grab tengah mendapat sorotan terkait unggahan istri founder Grab Anthony Tan, Chloe Tong yang diduga mendukung Israel. Pada salah satu tangkapan layar akun Instagram Stories-nya, ia menuturkan bahwa Israel menjadi salah satu destinasi wisata favoritnya sehingga ia ingin kembali ke sana.

"Hatiku sangat sakit dan aku belum mengatakan apapun karena aku kehabisan kata. Aku merasa sangat mencintai Israel tahun ini. Aku menyimpannya untuk diriku sendiri, hanya melihat video dan berdoa, aku bertanya-tanya mengapa" tulis Chloe Tong.

Tidak hanya itu, ia juga menuturkan pengalaman tersebut cukup membekas bagi putranya sampai-sampai itu menjadi topik yang ingin diangkat putranya untuk tugas sekolah.

"Hari ini, aku menghabiskan waktu dengan Em. Dia harus memilih topik untuk ujian presentasinya. Aku tanya, apa topiknya? Liburan favorit, jawabnya. Aku  diam-diam agak kecewa karena mengira ia akan membahas soal liburan kami di Maldives atau Eropa, dan ternyata itu tidak begitu menarik. Yang membuatku terkejut, ia mengatakan akan menceritakan soal liburannya di Israel. 'Itu adalah liburan terbaik sepanjang hidupku.' Itu bahkan memberikan impresi sedemikian rupa bagi anak umur 7 tahun."

Pernyataan tersebut tentu saja membuat warganet yang mendukung kemerdekaan Palestina murka. Sejumlah warganet bahkan mengklaim akan membuat gerakan memboikot aplikasi Grab. 

Terkait unggahan tersebut, Grab segera memberikan klarifikasi. Tak hanya mengklaim bahwa mereka tidak bersikap netral dan mendukung segala upaya untuk menciptakan perdamaian, tapi juga menyalurkan donasi sebesar Rp 3,5 miliar untuk korban konflik di Gaza lewat BenihBaik.com.

Meski demikian, masih banyak warganet yang bertanya-tanya siapa sebenarnya sosok Chloe Tong? Sebab, tidak seperti suaminya, Chloe tidak banyak tersorot kamera.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 7 Rekomendasi Drakor Komedi Romantis Terbaik untuk Penggemar Doona

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bulan Oktober telah menghadirkan beberapa drakor yang memang paling dinantikan tahun ini. Salah satunya adalah “Doona,” drama yang mempertemukan Yang Se Jong dan Suzy di layar kaca.

Doona sendiri merupakan serial komedi romantis yang dibuat oleh Song Kyung-hee. Berdasarkan webtoon berjudul The Girl Downstairs oleh Min Song-ah, serial Netflix ini mengikuti kisah seorang mahasiswa yang pindah ke sebuah rumah dan menjadi teman sekamar dengan seorang pensiunan bintang idola KPop yang telah meninggalkan hari-hari glamornya.

Doona dibintangi oleh Bae Suzy dan Yang Se-jong sebagai pemeran utama dan jika Anda menyukai serial Netflix, berikut beberapa drakor yang dapat Anda tonton berikutnya, seperti dilansir dari Digital Mafia Talkies, Sabtu (4/11/2023). 

1. Doom At Your Service

Bisa dibilang drama ini cukup underrated dibandingkan dengan yang lainnya. Padahal, drakor ini merupakan salah satu kisah cinta di mana chemistry sangat jelas terlihat di antara para pemeran utamanya, dan ada juga kompleksitas yang mendalam pada karakter dan perjalanan mereka untuk bisa bersama satu sama lain.

Diperankan oleh Park Bo Young, yang sudah tidak diragukan dengan kemampuan ekspresinya, serta Seo In Guk, sebagai orang yang tabah dan kesepian dengan tahi lalat di wajahnya, membuat penonton pasti ingin terus bertemu dengannya lebih sering lagi.

Ini hanyalah salah satu drama Korea di mana Anda tidak hanya terhibur, tetapi ceritanya tetap bersama Anda selama berminggu-minggu setelahnya. Seperti halnya Doona, di mana Anda akan selalu menemukan diri Anda meninjau kembali karakter dan motivasi mereka sepanjang cerita.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini