Sukses

Tanggal 12 Oktober Hari Penglihatan Sedunia: Sejarah, Tema dan Cara Merayakannya

Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day diperingati setiap tanggal 12 Oktober setiap tahunnya, berikut ini sejarah, tema dan cara untuk merayakannya.

Liputan6.com, Jakarta Penglihatan sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari, bagaimana tidak, penglihatan berfungsi untuk menjaga keselamatan orang, menghubungkan mereka dengan lingkungan sekitar, dan bahkan membantu menjaga pikiran tetap tajam. Ya, penglihatan memungkinkan orang untuk menavigasi jalan mereka dan melakukan pekerjaan mereka hingga menciptakan keintiman ketika kontak mata dilakukan dengan orang lain.

Sayangnya, banyak orang di seluruh dunia kehilangan penglihatannya, seringkali karena alasan yang dapat dicegah seperti karena mereka tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan mata yang tepat. 

Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day diperingati setiap tanggal 12 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat memahami pentingnya menjaga penglihatan mereka tetap terlindungi, baik di tempat kerja maupun di rumah. Selain itu, hari ini dimaksudkan untuk menyatukan para penyedia layanan kesehatan penglihatan dalam tujuan bersama, yaitu mendorong masyarakat dan membekali masyarakat untuk mencintai mata mereka.

Sejarah Hari Penglihatan Sedunia

Hari Penglihatan Sedunia adalah hari tahunan khusus yang dirayakan di seluruh dunia setiap tahunnya dengan tujuan untuk fokus pada peningkatan kesadaran akan kebutaan dan gangguan penglihatan. Dilansir dari Days of The Year, Kamis (12/10/2023) Hari tersebut pertama kali ditetapkan oleh Lions Club Foundation dan pertama kali diperingati pada tahun 1984. 

Beberapa tahun kemudian, upaya tersebut dikolaborasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama dengan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB).

IAPB merupakan organisasi yang merupakan aliansi global di mana berbagai organisasi amal dan LSM dari lebih dari 100 negara bekerja sama untuk menciptakan dunia di mana setiap orang memiliki akses terhadap perawatan mata yang mereka butuhkan.

Sejumlah besar organisasi di seluruh dunia telah terlibat dalam Hari Penglihatan Sedunia selama bertahun-tahun. Kesadaran akan masalah kebutaan, termasuk pencegahan dan pengobatannya, disebarkan melalui berbagai acara dalam perayaan hari tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Hari Penglihatan Sedunia 2023

Beberapa orang memilih untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Hari Penglihatan Sedunia dengan menanam pohon, sementara yang lain terlibat dengan mengirimkan foto secara online yang akan digunakan untuk membuat montase foto internasional yang berfokus pada tema penglihatan.

Kegiatan lain yang diadakan pada Hari Penglihatan Sedunia mungkin termasuk acara penggalangan dana khusus untuk membantu menutupi biaya operasi, pembacaan buku untuk orang tunanetra dan sejumlah buklet dan poster yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini.

Selain merayakan Hari Penglihatan Sedunia, mereka yang ingin memperingati dan meningkatkan kesadaran akan masalah kebutaan di waktu lain sepanjang tahun dapat berpartisipasi dalam Gift of Sight Month di bulan Desember.

Sementara itu tema untuk peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023 telah dirilis. Tema Hari Penglihatan Sedunia 2023 adalah "Love Your Eyes At Work". Tema peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2023 ini agar membantu orang memahami pentingnya melindungi penglihatan mereka di tempat kerja dan menyerukan kepada para pemimpin bisnis untuk memprioritaskan kesehatan mata pekerja, di mana pun.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Penglihatan Sedunia

Simak berbagai ide yang bisa diterapkan dalam perayaan Hari Penglihatan Sedunia, antara lain:

Dapatkan Pemeriksaan Penglihatan

Salah satu cara yang baik untuk merayakan Hari Penglihatan Sedunia adalah menjadikannya sebagai pengingat untuk membuat janji temu dengan spesialis perawatan mata bagi semua anggota keluarga. Meskipun hal ini sangat penting bagi mereka yang membutuhkan koreksi penglihatan, hal ini juga merupakan langkah penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis penyakit mata.

Mereka yang berencana melakukan pemeriksaan penglihatan bahkan bisa online dan berjanji melakukan tes penglihatan melalui website IAPB. Organisasi ini membuka situs web mereka untuk menyampaikan janji 100 hari sebelum Hari Penglihatan Sedunia dengan target 10 juta janji pada saat hari itu tiba.

Berikan Donasi untuk Penglihatan dan Perawatan Mata

Banyak orang di belahan dunia tertentu lebih berisiko mengalami kebutaan dan masalah penglihatan lainnya karena mereka mungkin tidak mempunyai akses yang memadai terhadap perawatan mata. 

Hari Penglihatan Sedunia memberikan motivasi yang ideal untuk memberikan donasi ke badan amal yang membantu orang-orang yang berjuang untuk mendapatkan perawatan penglihatan yang mereka butuhkan.

4 dari 4 halaman

Bukan Cuma Wortel, 6 Makanan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Mata

Merawat mata adalah salah satu hal yang terpenting karena dengan mata kita bisa melihat dunia. Namun, banyak yang tidak sadar akan pentingnya perawatan mata. Mereka menganggap, bahwa mata akan selamanya sempurna. Padahal faktanya, penelitian menunjukkan bahwa usia adalah faktor paling umum untuk penyakit mata. Meski begitu, risiko ini bisa dikurangi dengan mengubah gaya hidup, seperti mengonsumsi makanan sehat.

“Meskipun orang mungkin tidak menyadarinya, makanan dapat berdampak pada kesehatan mata dan kesehatan lainnya,” ujar ahli nutrisi, Roxana Ehsani, RD, CSSD, LDN.

“Mengonsumsi makanan seimbang, dapat memerangi kondisi dan penyakit mata seperti faktor usia, katarak, dan mata kering,” lanjutnya.

American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO) merekomendasikan lima nutrisi penting yang ada di makanan untuk mendukung kesehatan mata, yakni:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.