Sukses

Berkencan dengan Bukan Tipemu Tidak Selamanya Buruk, Ini Alasannya

Terkadang hubungan terbaik adalah dengan orang yang tidak pernah kita duga, salah satunya orang yang bukan tipe kita.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap individu memiliki tipe masing-masing dalam beberapa hal. Ada berbagai ciri fisik, nilai, bahkan perilaku yang membuat seseorang lebih atau kurang menarik bagi orang lain. Kamu mungkin lebih menyukai pasangan dengan bahu yang lebar, tawa yang bernada rendah, kecerdasan yang luar biasa, dan masih banyak lagi.

Meski memiliki tipe pasangan adalah hal yang wajar, bukan berarti kamu selalu memilih pasangan menggunakan tipe tersebut. Memiliki tipe orang tertentu bisa sangat membatasi dirimu untuk hanya berkumpul dengan orang-orang tertentu dan itu bisa menyingkirkan orang-orang yang mungkin memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada kamu yang sebenarnya berpotensi menjadi pasangan ideal bagimu.

Untungnya, bila kamu adalah seseorang yang terpaku hanya pada berkencan dengan orang yang sesuai dengan tipe kamu, ada cara untuk membantu diri kamu agar tidak terlalu cepat menghakimi orang lain, bahkan mungkin kamu dapat menemukan cinta sejati dengan seseorang yang tidak pernah kamu duga.

Sebenarnya, tidak ada yang salah bila kamu tertarik pada seseorang yang memiliki kualitas tertentu atau sesuai dengan tipe kamu, tetapi bila kamu terlalu terpaku dengan detail-detail ini sebelum kamu mengenal seseorang, hal tersebut akan menghalangi kamu dari banyaknya orang-orang yang hebat.

Luangkanlah waktu untuk merenungkan pola pikir kamu sendiri dan alasan mengapa kamu mendampakan kualitas tertentu pada pasanganmu. Lantas, apa yang akan terjadi bila kamu berani berkencan dengan orang yang bukan tipemu? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind pada Jumat (06/10/23).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Kamu Tertarik pada Tipe Tertentu

Tipe orang yang membuat kamu tertarik dapat mencakup setiap bagian dari dirinya. Kamu mungkin tertarik pada tinggi badan tertentu, ciri kepribadian, atau sikap tertentu dari seseorang. Ternyata, hubungan pribadi itu sangatlah kompleks dan memiliki banyak segi.

Menurut terapis seks, Tanya Dmitrieva menjelaskan bahwa suatu hubungan mencakup hubungan emosional, tingkat kenyamanan, dan kemampuan untuk berkomunikasi dan berbagi pikiran serta perasaan. Hubungan pribadi juga melibatkan ketertarikan fisik, keinginan untuk menyentuh atau disentuh, memeluk atau dipeluk dan sebagainya.

Tipe pasangan dijadikan sebagai pedoman batin seseorang untuk memulai suatu hubungan dan memberi tahu bahwa orang yang setipe tersebut diharapkan memiliki semua hal yang diimpikan. Bila kamu bertemu seseorang yang hanya memiliki sebagian dari tipe kamu, itu mungkin tidak akan menambah kesan dalam hubungan.

Selain itu, gaya ketertarikan juga dapat berdampak besar pada siapa yang membuat kamu tertarik. Gaya ketertarikan yang kamu miliki dapat membantu kamu tertarik pada orang lain berdasarkan perasaan mereka dan kamu seringkali secara tidak sadar memilih orang berdasarkan perilaku orang tuamu.

 

3 dari 3 halaman

Sisi Buruk Berkencan dengan Orang yang Satu Tipe

Tidak heran bahwa menurup diri dari siapapun yang bukan tipe kamu dapat membatasi dan membuatmu mengabaikan orang-orang yang sebenarnya memiliki hubungan baik dengan kamu. Sesungguhnya, sangat indah bila kamu bisa memilih pasangan berdasarkan karakteristik dan sifat pribadinya, tetapi masalahnya adalah beberapa orang memilih pasangan yang toxic dengan gaya ketertarikan yang tidak sehat. Pola ini dapat membatasi kemampuan kamu untuk memiliki hubungan yang baik dan sehat.

Apabila kamu mendapati dirimu yang memilih pasangan yang tidak sehat secara emosional, pola itu tidak akan berubah sampai kamu belajar cara mengubah tipe kamu. Memilih pasangan yang toxic berulang kali, pada dasarnya berarti menolak pilihan untuk memiliki hubungan yang sehat, yang mungkin sulit untuk dibangun.

Meskipun terapi dapat membantu mengidentifikasi akar masalah dan membantu membangun hubungan yang sehat, tidak mungkin membangun hubungan yang sehat bila kedua pasangan memiliki gaya ketertarikan yang tidak sehat.

Apabila kamu memilih pasangan hanya berdasarkan fisik semata, tu juga bisa sangat membatasi dirimu. Dengan menutup diri dari siapapun yang tidak memiliki ciri fisik seperti tipemu, kamu mungkin akan merindukan seseorang yang memiliki hubungan lebih dalam dengan kamu secara emosional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.