Sukses

Mengenal Apa Itu Hoarding Disorder Lengkap dengan Gejalanya yang Patut Diwaspadai

Viral sebuah video yang memperlihatkan sebuah kamar kosan dipenuhi oleh barang-barang dan sampah plastik. Wanita pemilik kamar tersebut diduga mengalami Hoarding Disorder, apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan sebuah kosan yang mengalami banjir akibat dari aliran air salah satu kamar kos. Ketika kamar tersebut dibuka keadaannya sangat mengejutkan karena dipenuhi oleh barang-barang dan sampah plastik. Wanita pemilik kamar tersebut diduga mengalami gangguan kesehatan mental yang disebut "Hoarding Disorder". 

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (6/10/2023), Hoarding Disorder adalah kesulitan yang dialami dalam membuang atau berpisah dengan benda-benda karena Anda yakin bahwa Anda perlu menyimpannya. Anda mungkin merasa tertekan saat memikirkan untuk membuang barang tersebut. Anda secara bertahap menyimpan atau mengumpulkan sejumlah besar barang, berapapun nilai sebenarnya.

Keadaan ini sering kali menciptakan kondisi kehidupan yang sangat sempit dengan hanya jalan sempit yang berkelok-kelok melewati tumpukan barang yang berantakan. Meja dapur, wastafel, kompor, meja, tangga, dan semua permukaan lainnya biasanya dipenuhi barang. 

Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa area untuk tujuan yang dimaksudkan. Misalnya, Anda mungkin tidak bisa memasak di dapur. Ketika tidak ada lagi ruang di dalam rumah Anda, kekacauan dapat menyebar ke garasi, kendaraan, halaman, dan tempat penyimpanan lainnya.

Gangguan penimbunan barang ini berkisar dari ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus, penimbunan mungkin tidak berdampak banyak pada kehidupan Anda, sementara dalam kasus lain hal itu sangat memengaruhi aktivitas sehari-hari Anda.

Orang dengan gangguan ini mungkin tidak menganggapnya sebagai masalah, jadi mengajak mereka untuk mengambil bagian dalam pengobatan bisa menjadi suatu tantangan. Namun perawatan intensif dapat membantu Anda memahami bagaimana keyakinan dan perilaku Anda dapat berubah sehingga Anda dapat menjalani hidup yang lebih aman dan menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Hoarding Disorder yang Perlu Diwaspadai

Gejala pertama dari Hoarding Disorder sering kali muncul pada masa remaja hingga dewasa awal. Anda mungkin mendapatkan dan menyimpan terlalu banyak barang, lambat laun menumpuk barang-barang yang berantakan di ruang keluarga, dan kesulitan membuang barang-barang.

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin terus mendapatkan dan memegang barang-barang yang mungkin tidak pernah Anda gunakan atau tidak punya ruang untuk itu. Pada usia paruh baya, kekacauan bisa menjadi sangat berat karena gejalanya menjadi lebih parah dan semakin sulit diobati.

Masalah penimbunan secara bertahap berkembang seiring berjalannya waktu dan cenderung menjadi perilaku pribadi. Anda mungkin menghindari keluarga, teman, atau pekerja perbaikan di rumah Anda. Seringkali, kekacauan besar telah berkembang pada saat hal itu sampai ke perhatian orang lain.

Gejala Hoarding Disorder mungkin termasuk:

  • Mendapatkan dan menyimpan terlalu banyak barang yang mungkin tidak Anda perlukan saat ini dan tidak mempunyai ruang untuk itu.
  • Kesulitan yang berkelanjutan dalam membuang atau memisahkan barang-barang Anda, terlepas dari nilai sebenarnya.
  • Merasa perlu menyimpan barang-barang ini dan merasa kesal karena memikirkan untuk membuangnya.
  • Mengumpulkan banyak barang hingga Anda tidak dapat menggunakan ruangan.
  • Berusaha menjadi sempurna dan menghindari atau menunda keputusan.
  • Memiliki masalah dengan perencanaan dan pengorganisasian.
3 dari 4 halaman

Faktor Risiko dari Gangguan Ini

Gangguan ini biasanya dimulai sekitar usia 15 hingga 19 tahun. Hal ini cenderung bertambah buruk seiring bertambahnya usia. Penimbunan lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dibandingkan pada orang dewasa yang lebih muda. Faktor risiko meliputi:

  • Kepribadian. Banyak orang yang menderita gangguan penimbunan memiliki gaya perilaku yang mencakup kesulitan dalam mengambil keputusan dan masalah dengan perhatian, pengorganisasian, dan pemecahan masalah.
  • Sejarah keluarga. Ada hubungan yang kuat antara memiliki anggota keluarga yang menderita gangguan menimbun dan diri Anda sendiri yang mengalami gangguan tersebut.
  • Kehidupan yang penuh tekanan. Beberapa orang mengalami gangguan penimbunan setelah mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan dan sulit mereka atasi, seperti kematian orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan harta benda dalam kebakaran.
4 dari 4 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda atau orang yang Anda kasihi memiliki gejala gangguan Hoarding Disorder, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan atau penyedia kesehatan mental yang ahli dalam mendiagnosis dan mengobati gangguan Hoarding sesegera mungkin. 

Beberapa komunitas memiliki lembaga yang membantu mengatasi masalah penimbunan. Tanyakan kepada pemerintah setempat atau kabupaten untuk mengetahui sumber daya di wilayah Anda.

Betapapun sulitnya, jika gangguan penimbunan yang dialami orang yang Anda sayangi mengancam kesehatan atau keselamatan, Anda mungkin perlu menghubungi pihak berwenang setempat, seperti polisi, pemadam kebakaran, kesehatan masyarakat, layanan perlindungan anak atau orang tua, atau lembaga kesejahteraan hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.