Sukses

9 Makanan Terbaik yang Bantu Atasi Jet Lag Menurut Ahli

Jet lag tentu menjadi persoalan buruk yang umumnya dirasakan oleh kebanyakan orang saat penerbangan. Konsumsi 9 makanan ini untuk mengatasinya!

Liputan6.com, Jakarta - Jet lag menjadi hal yang paling tidak disukai individu saat berpergian. Perasaan pusing, mual, dan sulit tidur tentu menjadi persoalan yang tidak enak, bukan? Umumnya, individu yang mengalami jet lag akan sulit tidur yang diakibatkan perjalanan melintasi dua zona waktu atau lebih saat penerbangan.

Jet lag disebabkan oleh ritme alami tubuh yang tidak selaras dengan siang dan malam hari di tempat tujuan. Gejala yang umumnya dirasakan, seperti mengantuk di siang hari, sakit kepala, kurang fokus, sakit perut, hingga mudah tersinggung.

Jet lag menjadi aspek yang sangat tidak disukai dalam perjalanan udara yang tampaknya paling lama terjadi. Jika Anda rentan merasa pusing, lelah, dan tidak enak badan setelah penerbangan, para ahli mengatakan bahwa apa yang Anda makan dapat membantu mengatasi gejala-gejala tersebut.

Seperti yang telah dilansir dari Best Life, Selasa (19/9/2023), berikut beberapa makanan yang bisa Anda kosumsi ketika mengalami jet lag, menurut ahlinya.

1. Pisang

Pisang adalah camilan lain yang sangat baik dalam penerbangan yang dapat membantu meminimalkan gejala jet lag.

“Pisang mengandung magnesium dan potasium, yang merupakan elektrolit yang membantu tubuh Anda menahan air saat Anda melakukan rehidrasi. Pisang tidak hanya membantu Anda merasa lebih baik tetapi juga meningkatkan kualitas tidur malam yang sehat,” kata seorang ahli, Carvosso.

Tinggi serat, buah-buahan ini juga dapat membantu memulihkan pencernaan menjadi normal dan meminimalkan kembung setelah penerbangan jarak jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Buah dan Sayuran Mengandung Air

Dehidrasi dapat memperburuk gejala jet lag, menurut Mayo Clinic. Itu sebabnya, selain banyak minum air putih saat Anda terbang, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

“Jika Anda merasa pusing atau pikiran berkabut, kemungkinan besar penyebabnya adalah dehidrasi,” jelas Ben Carvosso, DC, ahli kiropraktik, ahli gizi MP Nutrition, dan pembawa acara Health Matters di RPP FM.

“Makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka dan mentimun sangat ideal untuk mengisi kembali cairan yang hilang selama penerbangan. Antioksidan dalam mentimun menargetkan peradangan, membantu mengurangi tampilan bengkak yang banyak dari kita alami setelah penerbangan jarak jauh," lanjutnya.

3. Kacang dan Biji-bijian

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium dapat membantu meminimalkan gangguan tidur, termasuk gangguan akibat jet lag. Mengonsumsi makanan yang kaya mineral mungkin memberikan manfaat serupa.

“Merasa lelah saat jet lag adalah hal yang wajar—Anda mungkin kesulitan tidur karena jam tubuh Anda tidak sinkron. Magnesium meningkatkan kualitas tidur malam yang sehat dengan mengendurkan otot dan membantu Anda mengatur ulang jam tubuh Anda,” jelas Carvosso.

Secara khusus, ia mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan magnesium, dan merupakan camilan impian bagi mereka yang mengalami jet lag.

3 dari 5 halaman

4. Gandum

Ahli gizi biasanya merekomendasikan makan oat dan karbohidrat kompleks lainnya untuk meningkatkan energi yang stabil, berkelanjutan, dan pelepasan lambat. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi kelesuan dan perubahan energi yang biasanya menyertai jet lag, kata Radwa Khalil, pendiri situs nutrisi Healthy Life Trainer.

“Ini memberi Anda energi yang tahan lama, membuat Anda tetap terjaga dan berkonsentrasi selama perjalanan, bahkan setelah penerbangan jauh,” jelas Khalil.

“Yang membedakan oat adalah kemampuannya yang luar biasa dalam menyeimbangkan kadar gula darah, yang merupakan fitur penting mengingat jet lag dapat mengganggu pola energi normal tubuh Anda," sambungnya.

5. Buah Kiwi

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan satu buah kiwi per hari dapat membantu Anda mengatur tidur dengan meningkatkan total waktu tidur dan efisiensi tidur.

Carvosso mencatat bahwa ini menjadikannya camilan pasca-penerbangan yang bagus untuk mengembalikan ritme sirkadian Anda ke jalurnya.

“Buah kiwi adalah bom serotonin, yang menghilangkan jet lag. Serotonin meningkatkan perasaan sejahtera, ditambah tubuh kita dapat mengubahnya menjadi melatonin, pengatur tidur,” katanya.

4 dari 5 halaman

6. Kopi

Mengonsumsi secangkir kopi berkafein setelah penerbangan juga dapat membantu Anda merasa lebih berenergi untuk hari berikutnya—walaupun para ahli memperingatkan bahwa kopi bukanlah pengganti tidur dan terlalu banyak kafein dapat menjadi bumerang.

"Ini dapat membantu Anda tetap terjaga, waspada, dan berenergi setelah merasakan efek jet lag. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang karena terlalu banyak dapat menimbulkan efek negatif," kata Jesse Feder, RDN, CPT, ahli diet terdaftar, personal pelatih, dan kontributor Tim My Crohn dan Colitis.

7. Teh

Teh adalah minuman lain yang dapat membantu Anda menghilangkan jet lag, baik Anda memilih cangkir berkafein untuk membantu meningkatkan kewaspadaan saat Anda grogi, atau teh tanpa kafein untuk menenangkan Anda hingga tertidur saat jet lag membuat Anda terjaga.

Carvosso menambahkan bahwa meminum teh jahe khususnya dapat membantu meringankan gejala gastrointestinal tertentu yang terkait dengan jet lag.

"Penerbangan jarak jauh dapat menyebabkan masalah perut yang membuat jet lag terasa jauh lebih buruk. Jahe baik untuk perut, meredakan kembung dan gas, yang merupakan masalah umum setelah penerbangan. Menyeruput secangkir jahe dan lemon panas akan memulihkan cairan tubuhmu sambil menghilangkan gas dan kembung," jelasnya.

5 dari 5 halaman

8. Minuman Olahraga

Merasa dehidrasi setelah penerbangan panjang bukanlah hal yang aneh—itulah sebabnya Aerospace Medical Association (AsMA) merekomendasikan minum delapan ons air setiap jam Anda terbang.

Meminum minuman olahraga yang membantu Anda mengisi kembali simpanan elektrolit mungkin merupakan cara yang lebih efisien untuk pulih dari efek dehidrasi setelah penerbangan jarak jauh.

“Minuman elektrolit seperti Gatorade, Powerade, dll mengandung banyak elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk tetap terhidrasi,” kata Feder. "Setelah penerbangan panjang, Anda mungkin kekurangan tidak hanya air tetapi juga elektrolit penting ini."

9. Sarapan yang Banyak

Terakhir, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Chaos, menemukan bahwa sarapan yang banyak dan seimbang setelah penerbangan dapat membantu mengatur ulang ritme sirkadian Anda dan mencegah gejala terburuk jet lag.

“Secara terus-menerus mengubah jadwal makan atau makan di malam hari tidak disarankan, karena dapat menyebabkan ketidakselarasan antara jam internal,” jelas Yitong “Pepper” Huang, PhD, peneliti pascadoktoral di Northwestern University.

“Makan lebih banyak di pagi hari di zona waktu baru dapat membantu mengatasi jet lag,” sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.