Sukses

5 Tanda Green Flag dalam Hubunganmu, Apa Saja itu?

Tanda-tanda green flag menandakan bahwa hal ini dapat terjadi atau akan menjadi hal yang stabil, aman, dan berjangka panjang untuk kebaikan hubungan percintaanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin sering mendengar tentang hal-hal buruk dalam suatu hubungan atau tentang tanda bahaya yang mungkin bisa terjadi dalam hubunganmu dengan pasangan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga hubunganmu akan memasuki tanda-tanda hubungan yang sehat atau yang dikenal sebagai green flag. 

Meskipun kamu lihat untuk memerhatikan tanda-tanda yang toxic dari perilaku kekasihmu, seperti ghosting, gaslighting, dan playing victim, kamu juga penting untuk memerhatikan aspek kualitas dari hubungan yang baik.

Pasangan kamu mungkin akan mengambil tindakan yang menunjukkan kedewasaan dan komitmennya terhadap hubungan. Tanda-tanda green flag ini menandakan bahwa hal ini dapat terjadi atau akan menjadi hal yang stabil, aman, dan berjangka panjang untuk kebaikan hubungan percintaanmu.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Verywell Mind pada Jumat (08/09/23), terdapat lima tanda green flag yang menandakan hubungan kamu berada di jalan yang benar, berikut ulasannya.

1. Percaya Satu Sama Lain

Salah satu tolok ukur hubungan yang sehat adalah dalamnya kepercayaan terhadap satu sama lain. Ini adalah tanggung jawab bersama, antara kamu dengan pasanganmu. Kalian wajib menindaklanjutinya secara konsisten. Misalnya, apabila pasanganmu berjanji akan menjemputmu maka seharusnya ia sampai dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang dijanjikan sebelumnya.

Memiliki kepercayaan pada pasangan adalah hal yang sangat penting karena kepercayaan merupakan komponen terpenting dari hubungan romantis yang sehat, Rasanya percuma bila kamu memiliki hubungan yang romantis, tetapi tidak sehat atau bahkan perlahan menjadi saling menyakiti.

Kamu bisa mengandalkan pasanganmu dengan tidak hanya berbagi informasi tentang kehidupan sehari-hari kamu dengannya, tetapi juga dengan berbagi kelemahan, kekurangan, dan keinginan kamu ke depannya dengan pasanganmu. Tingkat kepercayaan seperti ini akan menumbuhkan hubungan yang terbuka, jujur, dan saling peduli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Saling Mempertahankan Batasan

Adanya rasa saling menghormati yang kamu miliki satu sama lain, sebenarnya kamu tidak akan merasa cemburu ketika pasangan kamu pergi dengan seorang teman. Pasangan kamu juga tidak akan terancam ketika kamu membutuhkan waktu sendiri.

Seorang psikoterapis, Ivy Kwon, LMFT, mengatakan bahwa batasan membantu kamu menentukan siapa kamu, menentukan perilaku apa yang dapat diterima dan tidak dapat diterima, dan mengajarkan orang lain cara memperlakukan kamu. Mengomunikasikan batasan, kebutuhan, dan keinginan dengan keberanian dan kejelasan dalam suatu hubungan serta menghormati batasan orang lain dan batasan kamu sendiri adalah tanda green flag dalam hubungan.

3. Pasangan Kamu Bersyukur Memiliki Kamu

Ikatan cinta dalam pasangan diperkuat apabila pasangan kamu menghargai kamu. Ini merupakan tanda green flag dalam hubunganmu. Sebuah studi penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa ketika pastisipan dalam penelitian tersebut merasa dihargai oleh pasangannya, mereka juga akan memedulikan kebutuhan pasangannya, mengembangkan rasa terima kasih terhadap pasangannya, dan terbukti akan lebih setia pada hubungan dalam jangka panjang.

Bersyukur akan membuat kamu lebih bahagia. Apabila kamu menunjukkan pengharaan dan rasa terima kasih yang sama kepada pasangan sama seperti yang kamu harapkan darinya, percayalah bahwa kamu dan pasanganmu akan memeroleh manfaat jangka panjang terhadap hubunganmu.

3 dari 4 halaman

4. Komunikasi yang Baik

Apabila pasangan kamu biasanya selalu melihat handphone saat kamu berbicara, itu berarti mereka tidak menunjukkan tanda-tanda mendengarkan secara aktif. Namun, apabila pasanan kamu selalu melakukan kontak mata dan memberikan perhatian saat kamu berbicara tentang keseharian kamu, itu tandanya ia sangat menghormati kamu.

Selama percakapan, apabila pasanganmu mengakui dan menerima perasaan dan keberadaan kamu serta ia juga sekaligus memvalidasi emosi kamu, itu adalah tanda green flag yang penting dalam hubunganmu.

Dalam hubungan yang sehat, kedua belah pihak harus merasa diterima dan merasa bahwa pikiran dan perasaan pribadi mereka itu penting. Kamuharus menunjukkan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain ketika kamu terbuka, jujur, dan jelas tentang apa yang kamu mampu, apa yang tidak kamu miliki, dan apa yang ingin kamu terima atas dukungan dan perhatian. Apabila kamu tidak mengomunikasikan apa yang kamu inginkan, kamu mungkin tidak akan mendapatkannya. Oleh karena itu, jujurlah tentang apa yang ada di pikiran dan perasan kamu.

 

4 dari 4 halaman

5. Menghabiskan Waktu Bersama

Setiap hubungan pasti mengalami pasang surut. Namun, pakar hubungan, John Gottman mengatakan bahwa hubungan yang berkembang seperti pernikahan yang stabil dan bahagia menunjukkan lima atau lebih interaksi positif. Oleh karena itu, kamu harus mengenali tanda green flag ini bila kamu merasa cocok dengan pasanganmu.

Misalnya, bila kamu dan pasanganmu sama-sama memiliki love language quality time, kamu mungkin akan sangat menikmati saat menghabiskan waktu bersama dengan melakukan berbagi hal bahkan tidak melakukan apa pun, ini sudah termasuk tanda green flag dalam hubunganmu. 

Sesederhananya mengelilingi kota dengan sepeda motor ketika malam hari sambil menikmati lampu-lampu pinggir kota yang mengiasi jalanan atau menikmati matahari yang tenggelam di tepi pantai sambil menikmati air kelapa muda. Ini merupakan kenimatan yang sederhana dari quality time.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.