Sukses

7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Paling Menjanjikan, Ada Jurusan Kamu?

Memilih jurusan yang tepat merupakan hal penting untuk menentukan menjadi apa Anda nantinya. Pastikan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda agar lebih termotivasi dalam mengejar karier di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap jenjang pendidikan memiliki peran penting untuk mendukung karier dan peluang di masa depan. Namun, jenjang perguruan tinggi secara khusus menjadi ujung tombak yang akan menentukan arah masa depan Anda.

Tak heran jika banyak mahasiswa yang mengincar dan rela belajar setiap harinya untuk mendapatkan jurusan kuliah dengan prospek kerja tinggi dan gaji yang menggiurkan.

Memilih jurusan kuliah yang tepat menjadi hal penting untuk menentukan menjadi apa Anda nantinya, karena jurusan yang Anda pilih akan membentuk dasar pengatahuan dan keterampilan yang akan Anda gunakan dalam dunia kerja. Pastikan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda agar lebih termotivasi dalam mengejar karier di masa depan.

Penting untuk memahami jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang tinggi dan dibutuhkan di masa depan. Anda dapat melakukan riset mengenai jurusan yang Anda sukai untuk mempersiapkan diri dengan matang. Pasalnya, ada beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja lebih unggul dibandingkan jurusan lainnya.

Namun, jurusan bukanlah satu-satunya hal yang menjadi tolak ukur dalam menentukan kesuksesan di masa depan. Penting untuk memiliki soft skills seperti kemampuan berkomunikasi, kreativitas, bertanggung jawab, kerja sama tim, dan adaptabilitas yang menjadi faktor penting ntuk karier Anda kedepannya.

Berikut beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (30/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Pasalnya, sampai kapan pun manusia akan membutuhkan peran tenaga kesehatan seperti dokter untuk memberikan perawatan kesehatan secara umum.

Selain bidang kedokteran yang memiliki berbagai spesialisasi, prospek kerja mahasiswa jurusan kedokteran juga dapat membuka praktik pribadi, sehingga hal tersebut dapat memberi Anda kendali atas jadwal kerja dan pendapatan Anda sendiri.

2. Ilmu Komunikasi

Tak sekadar pintar dalam berkomunikasi, jurusan ini juga memberi pelajaran akan pentingnya komunikasi sebagai sarana dalam dunia bisnis. Tak heran, jurusan ilmu komunikasi disebut sebagai jurusan yang dapat bekerja di berbagai bidang.

Lulusan jurusan ilmu komunikasi dapat berkarier sebagai jurnalis, penyiar, presenter, public relation, event organizer, marketing communications, content creator atau sebagai juru bicara perusahaan.

3. Sistem Informasi

Jurusan sistem infomasi menjadi salah satu jurusan yang menawarkan prospek kerja yang menjanjikan di era digital seperti sekarang. Tak hanya diajarkan mengenai ilmu komputer, jurusan sistem informasi juga akan diberi bekal dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan bisnis.

Lulusan jurusan sistem informasi dapat berkarier sebagai keamaan siber, konsultan IT, analis data, web developer, hingga software developer.

3 dari 4 halaman

4. Akuntansi

Lulusan jurusan akuntansi akan selalu dibutuhkan di sebuah perusahaan. Karena, pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan tidak dapat digantikan oleh mesin atau teknologi sepenuhnya.

Lulusan akuntansi memiliki pengetahuan tentang perencanaan keuangan hingga pelaporan keuangan sehingga banyak lulusan akuntansi yang bekerja sebagai konsultan pajak, auditor, financial analyst, assistant controller, hingga accounting manager.

5. Manajemen Bisnis

Lulusan manajemen bisnis memiliki pengetahuan mengenai konsep manajemen sehingga keterampilan tersebut dapat diterapkan di berbagai bidang industri dan perusahaan.

Lulusan manajemen bisnis dapat bekerja di berbagai bidang perusahaan seperti departemen sumber daya manusia (SDM), bekerja dalam menajemen keuangan, bahkan dapat menjadi pengusaha atau wirausahawan.

4 dari 4 halaman

6. Farmasi

Jurusan farmasi menjadi salah satu jurusan dengan minat tertinggi karena prospek kerja yang menjanjikan terutama dalam dunia kesehatan. Lulusan farmasi memiliki kemampuan untuk meracik obat-obatan sesuai standar kelayakan kesehatan.

Lulusan farmasi dapat bekerja dengan tim medis, memberikan saran obat kepada pasien, dan menjadi konsultan pemakaian obat di rumah sakit atau perusahaan farmasi.

7. Ilmu Komputer

Peluang kerja untuk lulusan jurusan ilmu komputer sangat luas. Dari gaji yang tinggi hingga masa kerja yang panjang, jurusan ini memberikan prospek kerja yang menjanjikan dan berada pada posisi teratas dalam mencari pekerjaan.

Lulusan jurusan ilmu komputer akan dibekali pengetahuan mengenai perangkat lunak, pemograman sistem, hingga digitalisasi sehingga dapat berkarier sebagai data science, game developer, web developer, hingga analis keamanan informasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.