Sukses

5 Cara Memotivasi Diri untuk Bangun Lebih Pagi Setiap Hari

Berikut deretan tips teratas dari pakar tidur untuk bangun lebih awal agar memiliki pagi yang lebih menyenangkan, produktif, atau penuh makna.

Liputan6.com, Jakarta Bangun lebih awal di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memberi diri Anda waktu ekstra dalam sehari, dan ini bisa berarti lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. 

Namun banyak dari kita merasa pagi hari sulit dan berjuang untuk menukar tidur yang berharga dengan jam atau menit ekstra yang ditambahkan ke hari itu. 

Namun, hanya karena sulit bukan berarti itu tidak layak untuk usaha Anda. Para ahli mengatakan ada beberapa cara untuk memotivasi diri sendiri untuk bangun lebih awal. Dilansir dari Best Life, berikut deretan tips teratas dari pakar tidur untuk bangun lebih awal agar memiliki pagi yang lebih menyenangkan, produktif, atau penuh makna.

1. Tetapkan niat mengapa Anda ingin bangun pagi

Pertimbangkan untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan dan bahkan menuliskan alasan mengapa Anda ingin bangun lebih awal di pagi hari. Apakah Anda mendambakan hari yang lebih produktif atau pagi yang lebih santai setelahnya, menemukan "alasan" Anda dapat membantu Anda mencapainya.

"Memiliki tujuan akhir yang dapat Anda fokuskan akan membantu memberikan struktur dan makna pagi Anda," jelas Isabella Gordan, pakar tidur, pelatih ilmu tidur, dan salah satu pendiri Sleep Society.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ikuti rutinitas waktu tidur yang konsisten

Ada perbedaan antara menyeret diri sendiri dari tempat tidur di pagi hari dan bangun dengan perasaan segar. Jika Anda mengharapkan yang terakhir, Anda harus mulai mempersiapkan jauh sebelum alarm Anda berbunyi.

"Salah satu tips terbaik untuk termotivasi bangun pagi adalah dengan menetapkan rutinitas waktu tidur yang baik. Semakin awal Anda tertidur, semakin segar Anda saat bangun pagi," jelas Griffin Jackson, spesialis tidur dan pakar kesehatan untuk Sleep Pilot.

"Untuk melakukan itu, jauhkan diri Anda dari smartphone dan gangguan lainnya 30 menit sebelum Anda tertidur," sarannya, menambahkan bahwa Anda harus tidur pada waktu yang sama setiap malam.

3 dari 5 halaman

3. Latih diri Anda untuk tidak menggunakan tombol snooze

Semakin mudah bangun di pagi hari, semakin termotivasi Anda untuk melakukannya, kata para ahli. Menggunakan tombol tunda pada jam alarm Anda mungkin terasa nyaman saat ini, tetapi pada akhirnya dapat menunda proses membangunkan Anda dan membuat Anda merasa kurang istirahat begitu Anda akhirnya bangun dari tempat tidur.

"Perjuangan itu nyata, tetapi cobalah dan tahan keinginan untuk menekan tombol snooze di pagi hari," kata Gordan. "Sebaliknya, pikirkan semua hal produktif yang dapat Anda lakukan dengan waktu ekstra Anda."

Jika Anda benar-benar kesulitan untuk bangun saat mendengar alarm pertama, Anda dapat secara bertahap melepaskan diri dari tombol snooze dengan menyetel alarm strategis.

4 dari 5 halaman

4. Pilih alarm yang Anda sukai

Untuk memotivasi diri sendiri agar bangun pagi, ada baiknya membuat pengalaman bangun tidur selembut mungkin. Menggunakan alarm yang Anda suka dapat membantu memudahkan transisi dari tidur ke bangun.

Misalnya, jam alarm yang memutar musik atau radio bincang-bincang dapat membantu membujuk Anda bangun dari tempat tidur dengan hambatan yang lebih kecil daripada jam alarm yang berbunyi dengan dengungan yang mengganggu. Dengan melibatkan otak Anda, ini juga dapat membantu Anda merasa lebih terjaga sepenuhnya daripada satu suara yang berulang.

 

5 dari 5 halaman

5. Tidur yang cukup

Jika Anda mendapatkan jumlah total tidur yang dibutuhkan tubuh Anda, bangun lebih awal seharusnya tidak menjadi masalah. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam.

"Ini bisa dibilang salah satu tip terpenting untuk bangun pagi. Pastikan Anda memberikan cukup waktu untuk istirahat sehingga tubuh Anda secara alami akan bangun pada waktu yang seharusnya," kata Gordan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.