Sukses

6 Tanda Dehidrasi Akibat Kurang Minum Air Putih yang Kerap Orang Abaikan

Berikut ini deretan tanda dehidrasi akibat kurangnya minum air putih yang kerap orang abaikan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kita tahu bahwa air merupakan komponen penting bagi tubuh. Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Sayangnya banyak orang lebih fokus pada pola makan daripada asupan air. Padahal terpenuhinya asupan air memungkinkan tubuh bertahan dan berfungsi dengan baik. 

Mungkin kalian sudah tahu bahwa kita dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari, namun sayangnya masih banyak yang tidak memenuhinya. Meskipun ada banyak aplikasi dan bahkan botol air saat ini yang dirancang khusus untuk membantu Anda memastikan dan melacak berapa banyak air yang Anda minum setiap hari, selalu ada peringatan yang mengingatkan Anda untuk meminum kebutuhan harian Anda. 

Akibat dari tidak memenuhi asupan cairan setiap harinya kita akan mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi ringan pun bisa memengaruhi tubuh. Masalah muncul ketika Anda tidak menyadari bahwa Anda menderita dehidrasi karena Anda mungkin tidak selalu merasa haus. Itu mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang beberapa efek dehidrasi ringan pada tubuh Anda untuk memastikan Anda merawat diri dengan baik dengan minum air yang cukup setiap hari. Berikut ini deretan tanda tubuh Anda mungkin mengalami dehidrasi dilansir dari Diyopic

1. Kesulitan tidur

Apakah Anda belakangan ini kerap mengalami kesulitan tidur? Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi pada Anda, tetapi dehidrasi seringkali menjadi salah satu penyebab utamanya. Insomnia bisa menjadi cara lain tubuh memberi tahu Anda bahwa asupan air Anda terlalu rendah. Sebelum tidur, usahakan untuk minum air putih agar tubuh bisa berfungsi dengan baik dan bisa tidur.

Sangatlah normal untuk kehilangan air dari tubuh Anda setiap hari, dan memastikan Anda mengkompensasi kehilangan cairan dengan minum cukup cairan sangatlah penting. Jaga tubuh Anda dan kebutuhannya dengan memperhatikan gejala-gejala ini sehingga Anda dapat mencapai versi diri yang lebih sehat dan menjalani gaya hidup aktif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kulit kering

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh, jadi Anda harus tetap terhidrasi setiap saat. Faktanya, kulit kering adalah salah satu tanda awal dehidrasi total yang bisa menjadi awal dari masalah yang jauh lebih besar. Kekurangan air dalam tubuh berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan melemahnya kemampuan tubuh untuk membuang racun dan lemak berlebih yang terkumpul sepanjang hari. Dan jika Anda ingin menghindari semua kerepotan ini, Anda harus membiasakan diri untuk minum lebih banyak air sebelum hal lain.

3 dari 6 halaman

3. Mata kering

Tidak diragukan lagi Anda sekarang telah memastikan bahwa efek minum air jauh melampaui mulut dan tenggorokan Anda, karena kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan mata kering dan merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata pasti akan mengering. Dan sebelum Anda bertanya-tanya, “Bagaimana saya akan menangis dalam hal ini?”, ketahuilah bahwa menangis di sini dapat merusak mata Anda secara serius, terutama jika Anda memakai lensa kontak setiap hari.

4 dari 6 halaman

4. Lama sembuh setelah sakit

Minum air membantu tubuh Anda membuang racun secara berkelanjutan. Beberapa organ menyaring "limbah" kita secara otomatis, tetapi jika Anda tidak memasok air ke mesin, itu tidak akan berfungsi dengan baik. Apa yang terjadi pada tubuh yang kering adalah organ mulai mengambil air dari tempat penyimpanan seperti darah, yang mengarah pada munculnya serangkaian masalah baru.

5 dari 6 halaman

5. Selalu letih dan lesu

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh “meminjam” air dari darah. Dengan demikian, kekurangan air dalam darah menyebabkan kekurangan oksigen di seluruh tubuh. Dan kita tahu bahwa kekurangan oksigen menyebabkan kantuk dan menyebabkan kelelahan secara keseluruhan. Stamina yang buruk berarti Anda akan mulai merasa hari Anda sudah berakhir pada jam 2 siang, atau bahkan lebih awal (dan ingat, kopi tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah ini dalam jangka panjang).

6 dari 6 halaman

6. Alami masalah pencernaan

Asupan air yang cukup sangat mempengaruhi produksi lendir di mulut dan tenggorokan kita, dan bagaimana air memungkinkannya berfungsi dengan baik. Ini juga berlaku untuk seluruh sistem pencernaan. Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir lambung berkurang, memungkinkan asamnya menyebabkan kerusakan serius pada organ dalam. Hal inilah yang biasa disebut maag atau gangguan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.