Sukses

Kajian Jaga Kesehatan Saat Puasa, Ustaz Yusuf Syah Beber Pentingnya Konsumsi Air Putih

Ustaz Yusuf Syah mengungkapkan bagaimana Rasulullah SAW menjaga kesehatannya di bulan puasa. Rasulullah setiap berpuasa menganjurkan, bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih.

 

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Yusuf Syah mengungkapkan bagaimana Rasulullah SAW menjaga kesehatannya di bulan puasa Ramadhan . Rasulullah setiap berpuasa memperingatkan, bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih.

“Dan sunnah-sunnah juga mengajarkan seperti ini,” jelas Ustad Yusuf Syah pada acara kajian tentang menjaga kesehatan di bulan puasa yang dilihat dari perspektif Islam di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jumat 22 Maret 2024. 

Ustad Yusuf Syah juga mengatakan, edukasi mengenai kesehatan adalah salah satu topik yang penting untuk terus disampaikan saat bulan Ramadhan.

“Dengan membahas tema kesehatan di bulan puasa ini mengajarkan kepada jamaah bahwa hidup sehat itu penting. Terutama dengan banyak mengkonsumsi udara putih , karena manfaatnya banyak dan juga tentu bisa membersihkan pencernaan,” ujarnya.

Hydration Science Consultant Aqua dokter Tria Rosemiarti, yang juga menjadi pembicara kajian, menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan.

“Di bulan Ramadhan asupan cairan tubuh tetap harus terpenuhi. Hal ini guna mencegah dehidrasi berlebihan saat puasa. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari, serta 2 gelas sebelum tidur,” ujar dokter Tria.

Selain memperhatikan kebutuhan hidrasi tubuh, dokter Tria juga mengingatkan untuk memastikan kecukupan nutrisi selama bulan puasa.

“Untuk makanan, kita bisa mengikuti aturan isi piringku, dimana sudah ada ukuran untuk karbohidrat, protein, buah dan sayuran untuk mendapatkan gizi seimbang. Tapi memang ada kondisi-kondisi dimana kita membutuhkan tambahan vitamin seperti badan sedang kurang fit karena batuk dan flu, atau cuaca panas seperti saat ini,” jelas dokter Tria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa untuk Palestina

Selain pembahasan interaktif mengenai tips menjaga kesehatan di bulan puasa, dalam kesempatan itu juga dilangsungkan doa bersama untuk Palestina yang dipimpin langsung oleh Ustaz Yusuf Syah. Ratusan jamaah yang hadir ikut serta mengumpulkan doa untuk saudara muslim di Palestina agar dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyu.

Kajian pentingnya menjaga kesehatan yang diselenggarakan DKM Masjid Sunda Kelapa merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Aqua bersama masjid sebagai upaya memastikan kecukupan hidrasi saat Ramadhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.