Sukses

Sering Ngantuk Saat Jam Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Mengatasi kebiasaan sering mengantuk saat bekerja memerlukan kombinasi perubahan gaya hidup dan kebiasaan tidur yang lebih sehat.

Liputan6.com, Padang - Mengantuk saat bekerja merupakan masalah umum yang dihadapi banyak orang, terutama di era modern di mana gaya hidup yang sibuk dan kurangnya waktu istirahat seringkali menjadi faktor penyebabnya.

Kebiasaan ini tidak hanya mengganggu produktivitas, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan serta orang lain di sekitar, terutama jika kita bekerja di lingkungan yang memerlukan konsentrasi tinggi seperti di jalan raya atau di pabrik.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara mengatasi rasa mengantuk saat jam kerja:

1. Minum segelas air putih

Rasa mengantuk timbul salah satunya akibat tubuh dehidrasi, untuk itu pastikan diri anda selalu minum air putih yang cukup guna mengatasi rasa ngantuk di saat jam kerja.

Sebaiknya ketika meminum segelas air putih, usahakan meminum yang dingin. Air dingin dipercaya bisa menjadi pilihan yang tepat mengatasi rasa ngantuk ketimbang air panas.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet diyakini bisa meningkatkan kewaspadaan dan menjaga konsentrasi berdasarkan situs South West Family Medicine.

Jika anda sering mengantuk saat jam kerja, sediakanlah permen karet sebagai antisipasi jika rasa kantuk menyerang.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bergerak

Rasa mengantuk saat jam kerja bisa diatasi dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana. Anda bisa menggerakkan kepala ke kanan atau ke kiri, meregangkan pinggang atau pun yang lainnya.

Lakukan secara perlahan dan berulang, sampai rasa ngantuk menghilang.

4. Alihkan pandangan mata dari layar

Penyebab mengantuk karena kelelahan pada mata. Misalnya jika anda terlalu sering menatap layar komputer atau laptop, mata akan cepat lelah dan rasa ngantuk pun menyerang.

Untuk itu, cobalah untuk mengalihkan pandangan anda ke sekeliling secara berkala, dan jangan terfokus ke layar komputer atau laptop saja. Tujuannya agar mata anda bisa lebih rileks dan rasa ngantuk bisa teratasi.

5. Luangkan waktu untuk tidur siang

Cobalah untuk tidur siang. Tidur siang mampu mengatasi rasa kantuk dan membuat tubuh merasa lebih segar.

Ketika melakukan tidur siang, batasi waktunya. Usahakan tidak melebihi 20 menit, tujuannya agar tidak muncul rasa pusing saat bangun.

Dengan memberikan prioritas pada tidur yang cukup, pola makan yang seimbang, dan manajemen stres yang efektif, Anda dapat meningkatkan energi dan produktivitas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.