Sukses

5 Tipe Kepribadian yang Memiliki Sifat Misterius, Ada MBTI Kamu?

Kehadirannya bisa membuat orang tertarik sekaligus membingungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti memiliki sebuah lingkaran pertemanan dengan orang-orang yang memiliki daya tarik yang begitu kuat dan memikat. Terlebih saat mereka begitu nampak misterius, pastinya memiliki daya pikat tersendiri. Biasanya orang misterius seperti memiliki dunianya tersendiri, sehingga mereka tidak akan memberikan sesuatunya dengan mudah. 

Walaupun terlihat lebih menarik, mengasyikkan, tapi sayangnya mereka terlihat sedikit berbahaya. Sebab, mereka bisa terlihat begitu berbeda dalam hal penampilan, kepribadian, dan bahkan tindakan yang dilakukan.

Selain itu, orang dengan sosok misterius sering dipandang sebagai orang yang tidak bisa diprediksi dan sangat menghormati privasi mereka sendiri.

Secara keseluruhan walaupun tidak selalu, introvert memang lebih misterius dibandingkan extrovert. Alasannya karena introvert terasa lebih pendiam sehingga terkesan sulit dipahami oleh orang lain. Sementara itu, extrovert lebih cenderung cerewet dan terbuka, dan lebih menerima banyak informasi di sekeliling mereka. 

Meskipun demikian, tidak ada yang salah jika Anda atau teman dekat menjadi orang yang misterius, karena hal tersebut hanya masalah preferensi pribadi saja.

Nah, lalu siapa saja tipe kepribadian yang dikenal dengan sifat misterius dan tertutup? Penasaran siapa saja dan apakah salah satunya ada MBTI Anda?

Dilansir dari Sosyncd, Minggu (23/7/2023), ini dia urutannya dari tipe kepribadian yang paling misterius. Kalau Anda sendiri belum mengetahui tipe kepribadian yang sesungguhnya, boleh melakukan tes terlebih dahulu, ya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. INFJ

Mengingat tipe ini sering disebut sebagai "The Mystic," tidak mengherankan jika INFJ memiliki reputasi sebagai tipe kepribadian paling misterius. Terlebih karena mereka adalah individu yang sangat kompleks dan begitu tertutup, sehingga sulit untuk mengetahui pikiran atau perasaan mereka.

Mereka tidak mengungkapkan banyak tentang diri mereka kecuali mereka benar-benar memercayai seseorang.

INFJ juga memiliki sifat sangat intuitif. Mereka memiliki kemampuan untuk menangkap nuansa dan makna tersembunyi dalam percakapan yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Hal ini dapat membuat mereka tampak misterius atau sulit dibaca, terutama karena mereka lebih suka menyimpan pikiran dan perasaan mereka sendiri.

Secara keseluruhan, INFJ bisa menjadi orang yang sangat misterius yang sering disalahpahami oleh orang lain. Mereka mungkin bukan yang paling mudah untuk dikenal, tetapi begitu Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan teman yang setia.

3 dari 6 halaman

2. INFP

INFP adalah tipe kepribadian paling misterius kedua, sering disebut "The Dreamer" atau "Pemimpi." INFP cenderung introvert dan tertutup, sehingga sulit bagi orang lain untuk memahami dunia batin mereka. Mereka juga memiliki suasana misteri yang tidak terbantahkan yang sulit untuk didefinisikan.

INFP sangat kreatif dan imajinatif, sering melamun tentang ide atau cerita fantasi. Mereka mungkin tidak selalu menyadari bahwa pikiran dan perasaan mereka tetap menjadi misteri bagi orang-orang di sekitar mereka.

INFP terkadang tampak jauh atau tidak dapat didekati karena mereka sering "tersesat" dalam pikirannya sendiri. Meskipun begitu, sebenarnya mereka memiliki hati yang hangat dan penuh kasih.

Mereka juga setia dan berbakti kepada orang yang mereka cintai, tetapi dekat dengan mereka tidak selalu mudah. Kemisteriusan mereka bisa membuat penasaran, sehingga membuat mereka bisa menjadi sosok yang penuh teka-teki di mata banyak orang.

4 dari 6 halaman

3. INTJ

Tipe kepribadian paling misterius ketiga adalah INTJ. Mereka bisa sangat misterius karena pemikiran logis dan sifat introvert mereka. INTJ sendiri juga cenderung berpikir secara mendalam tentang hal-hal yang begitu kompleks dan senang memecahkan masalah yang sulit.

Kemampuan ini membuat mereka tampak misterius, karena orang lain mungkin tidak dapat memahami atau mengikuti alur pemikiran mereka.

INTJ juga dikenal mandiri dan bisa sangat keras kepala terkait keyakinan mereka. Mereka tidak sering menunjukkan emosi yang kuat, sehingga sulit bagi orang lain untuk membacanya.

Ini bisa jadi membuat INTJ tampak misterius dan penuh teka-teki, yang menambah daya pikat pada mereka. Meskipun mereka mungkin tampak mengintimidasi pada awalnya, INTJ memiliki banyak hal untuk ditawarkan terkait kecerdasan, wawasan, dan juga kesetiaan.

5 dari 6 halaman

4. ISFP

Tipe kepribadian paling misterius selanjutnya adalah ISFP. ISFP dikenal karena sifat kreatif dan imajinatifnya. Misteri sering menjadi bagian dari daya pikat mereka, karena mereka bisa sangat tertutup sehingga sulit dipahami oleh orang lain.

Dalam pertemanan, mereka memilih untuk tidak berbicara tentang diri mereka, sehingga sulit bagi orang lain untuk memahami apa yang terjadi dalam pikiran mereka. ISFP juga merupakan individu yang sangat bersemangat dan sensitif yang merasakan banyak hal secara mendalam.

Mereka mungkin menyimpan banyak pikiran dan perasaan sendiri, membuat mereka begitu tampak misterius. ISFP mungkin tidak selalu yang paling mudah untuk dipahami. Akan tetapi, bila Anda memiliki teman ISFP, mereka bisa menjadi teman yang begitu setia.

6 dari 6 halaman

5. ENTJ

ENTJ adalah tipe kepribadian paling misterius terakhir dan paling misterius dari tipe extrovert. Sebagai individu yang ambisius, mereka dapat begitu fokus pada tujuan mereka sehingga orang lain mungkin tidak memahami pemikiran atau perasaan mereka.

Sayangnya, mereka dapat terlihat mengintimidasi dan tidak dapat didekati, membuat terlihat tampak misterius. Padahal, ENTJ cenderung memiliki sifat yang suka berterus terang dan blak-blakan saat berkomunikasi, sehingga menyulitkan orang lain untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Meskipun ENTJ mungkin tampak tidak dapat didekati pada awalnya, dengan sedikit kesabaran, sifat misterius mereka dapat menjadi lebih mudah dipahami. Dengan kepribadian penuh teka-teki dan emosi yang seringnya tersembunyi, ENTJ bisa menjadi teman yang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.