Sukses

Deretan Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Fisik dan Juga Mental

Berikut ini beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan fisik dan juga mental yang tak banyak orang ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merasa stres belakangan ini? Mungkin salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan bermeditasi. Meditasi dapat didefinisikan sebagai serangkaian teknik yang dimaksudkan untuk mendorong kondisi kesadaran yang lebih tinggi dan perhatian yang terfokus. Meditasi juga merupakan teknik pengubah kesadaran yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesejahteraan psikologis.

Meditasi adalah salah satu cara yang disengaja untuk mengubah arah aliran psikologis, dan pada gilirannya, mengubah cara Anda memandang dan merespons dunia di sekitar Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat memberikan efek positif bagi fisiologis dan psikologis. Beberapa efek fisiologis yang positif termasuk keadaan gairah fisik yang lebih rendah, penurunan laju pernapasan, penurunan denyut jantung, perubahan pola gelombang otak, dan penurunan stres. Dilansir dari Very Well Mind, beberapa manfaat meditasi yang berhubungan dengan psikologis, emosional, dan kesehatan lainnya meliputi:

  • Manajemen yang lebih baik terhadap gejala yang berkaitan dengan gangguan kecemasan, depresi, gangguan tidur, masalah nyeri, dan tekanan darah tinggi.
  • Keterampilan manajemen stres yang lebih baik.
  • Perubahan dalam berbagai aspek perhatian dan mindfulness.
  • Peningkatan kesadaran diri.
  • Peningkatan kesejahteraan emosional.
  • Peningkatan memori kerja dan kecerdasan yang lancar.
  • Peningkatan kekebalan tubuh.
  • Empati yang lebih besar untuk diri sendiri dan orang lain.
  • Meredakan sakit kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lantas Apa yang Terjadi pada Otak Saat Kita Bermeditasi?

Selain membantu mengatasi kecemasan dan stres, bukti menunjukkan bahwa meditasi memiliki efek yang kuat pada otak. Dengan menggunakan teknik pencitraan otak, penelitian telah menemukan bahwa meditasi secara teratur dapat menyebabkan perubahan struktur otak.

Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa delapan minggu pengurangan stres berbasis kesadaran (MBSR) dikaitkan dengan peningkatan volume di hippocampus otak, sebuah struktur yang terkait dengan regulasi emosi dan memori. 

Hal ini juga dihubungkan dengan penurunan volume di amigdala, sebuah struktur yang berperan dalam kecemasan, ketakutan, dan stres. Penelitian juga mengaitkan praktik meditasi dengan peningkatan konektivitas otak dan berpotensi meningkatkan plastisitas otak.

3 dari 4 halaman

Deretan Tips untuk Meditasi

Jika Anda tertarik untuk mencoba meditasi, beberapa tips dan trik berikut ini akan membantu Anda memulai latihan meditasi yang bermanfaat.

  • Mulailah dengan perlahan. Mulailah dengan melakukan sesi singkat sekitar 5 hingga 10 menit sehari, dan kemudian tingkatkan secara progresif ke sesi yang lebih lama.
  • Tetapkan jadwal. Cobalah bermeditasi pada waktu yang sama setiap hari, selama beberapa menit di pagi hari, misalnya.
  • Utamakan kenyamanan. Duduk bersila di lantai adalah salah satu pilihan, tetapi kenyamanan adalah kuncinya. Anda harus berada dalam posisi di mana Anda dapat duduk selama beberapa menit tanpa merasa tidak nyaman, kaku, atau gelisah.
  • Fokus pada apa yang Anda rasakan. Bernapaslah secara alami dan perhatikan perasaan dan sensasi yang Anda alami saat menarik dan menghembuskan napas.
  • Jangan mencoba untuk menekan perasaan. Pikiran Anda pasti akan mengembara saat Anda bermeditasi-dan terkadang hal ini dapat menimbulkan pikiran dan perasaan yang tidak nyaman atau bahkan menyusahkan. Tujuannya bukanlah untuk menjernihkan pikiran Anda dari pikiran-pikiran seperti itu. Yang harus Anda pikirkan adalah mengakui pikiran-pikiran tersebut tanpa menghakiminya, dan kemudian dengan lembut memandu fokus Anda kembali ke pernapasan Anda.
4 dari 4 halaman

Cara Meditasi yang Benar bagi Pemula, Bantu Atasi Stres

Cara meditasi yang benar tentu diperlukan untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Ada berbagai alasan yang mendorong orang bermeditasi, misalnya karena ingin memperdalam pemahaman tentang diri sendiri, mencari ketenangan, mengendalikan emosi, hingga menghilangkan pikiran negatif.

Meditasi adalah melatih fokus pikiran sehingga memiliki pandangan yang jernih akan kondisi saat ini dan tetap merasa tenang. Banyak orang mengira bahwa meditasi membutuhkan ruangan tenang atau musik khusus. Padahal meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Aktivitas ini bahkan tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus. 

Cara meditasi yang benar bagi pemula bisa diterapkan dengan mudah. Meditasi dilakukan dengan duduk tenang sambil mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur selama setidaknya 15-20 menit. Meditasi merupakan sebuah proses yang berkesinambungan. Dengan berlatih setiap hari, kamu akan menyadari bahwa ketenangan dan kedamaian perlahan-lahan tumbuh di dalam diri kamu.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.