Sukses

Cara Cek Hasil Seleksi PPDB Jateng 2023 SMA/SMK, Diumumkan Hari Ini

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Tengah 2023 (PPDB Jateng) jenjang SMA/SMK diumumkan hari ini, Jumat (30/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Tengah (PPDB Jateng) 2023 jenjang SMA/SMK diumumkan hari ini, Jumat (30/6/2023).

Bagi para Calon Peserta Didik (CPD) PPDB Jateng 2023, bisa melihat hasil seleksi yang diumumkan melalui situs resmi PPBD Online dengan meng-klink link https://ppdb.jatengprov.go.id/.

Sebelumnya, pengajuan akun untuk PPDB Jateng 2023 jenjang SMA dan SMK negeri telah dibuka sejak 15 Juni 2023.

Untuk mengetahui cara mengecek hasil seleksi PPDB Jateng 2023 jenjang SMA/SMK, berikut langkah-langkahnya.

Cara cek pengumuman PPDB Jateng 2023 SMA/SMK:

1. Pertama-tema kunjungi laman https://ppdb.jatengprov.go.id/.

2. Lalu Anda pilih jenjang pendidikan pada PPDB online.

3. Pilih jalur masuk sesuai dengan yang dipilih saat pendaftaran.

4. Selanjutnya, klik menu 'Seleksi'

5. Klik 'Pilih Sekolah' untuk memilih sekolah sesuai dengan yang didaftarkan siswa.

6. Kemudian hasil Seleksi akan muncul. Jika nama siswa tertera pada daftar, maka siswa dinyatakan lulus PPDB Jateng 2023.

Calon peserta didik yang telah lolos seleksi, segera melakukan daftar ulang pada 3-6 Juli 2023.

Cara daftar ulang PPDB Jateng 2023 SMA/SMK:

Dalam PPDB Jateng 2023 jenjang SMA/SMK terdapat beberapa jalur pendaftaran. PPDB SMA terdapat jalur Afirmasi, Zonasi, Zonasi Khusus, Prestasi dan Perpindahan Orang Tua.

Sementara, PPDB SMK hanya memiliki jalur Prestasi, Afirmasi dan Domisili Tedekat.

Bagi siswa yang lolos seleksi PPDB Jateng 2023, diwajibkan untuk segera melakukan pendaftaran ulang dengan mengunjungi sekolah secara langsung dan mengikuti ketentuan sekolah masing-masing.

Jika calon peserta didik tidak melakukan daftar ulang sesuai jadwal pada 3-6 Juli 2023, maka siswa dinyatakan mengundurkan diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambah kuota PPDB SMA Jateng dan SMK

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambah kuota PPDB SMA Jateng dan SMK sebanyak 220 rombongan belajar atau 7.920 kursi. Penambahan ini didasarkan pada pertimbangan SMAN dan SMKN baru mampu menampung lulusan SMP sederajat kurang dari separuhnya.

"Apalagi tahun ini jumlah lulusan SMP sederajat juga lebih besar dibanding tahun lalu," tutur Ganjar. Informasi mengenai pendaftaran PPDB Jateng 2023 sendiri sudah bisa diakses lewat situs ppdb.jatengprov.go.id.

Pendaftaran ini dilakukan setelah sebelumnya para peserta melakukan pengajuan akun secara online mulai 15 hingga 23 Juni 2023. Setelahnya, dilakukan proses verifikasi berkas yang dilakukan SMAN atau SMKN yang dituju atau terdekat.

Sementara aktivasi akun pendaftar dilakukan mulai 15 hingga 27 Juni 2023 secara online. Penutupan aktivitasi akun akan dilakukan pada pukul 15.30 WIB.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.