Sukses

Cara Hitung Skor UTBK 2023 untuk Cek Peluang Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Dalam hasil UTBK, terdapat skor yang dapat digunakan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Liputan6.com, Jakarta UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) merupakan sebuah ujian yang dilaksanakan di Indonesia sebagai bagian dari seleksi masuk perguruan tinggi. Ujian ini dijadikan sebagai salah satu faktor penentu dalam penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia.

UTBK menggunakan sistem komputer untuk menguji kemampuan akademik calon mahasiswa, termasuk kemampuan dalam bidang tertentu. Materi ujian UTBK terdiri dari tiga, yaitu 1) Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, 2) Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, 3) Penalaran Matematika.

Ujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai untuk mengikuti program studi yang diinginkan. Selain itu, tujuan UTBK SNBT 2023 adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN.

UTBK dilaksanakan secara serentak di berbagai lokasi ujian yang telah ditentukan oleh lembaga SNPMB. Peserta UTBK harus mendaftar dan membayar biaya ujian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hasil UTBK kemudian digunakan sebagai salah satu faktor penentu dalam penentuan kelulusan dan penempatan calon mahasiswa di perguruan tinggi.

Dalam hasil UTBK, terdapat skor yang dapat digunakan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Walaupun pengumuman UTBK SNBT 2023 sudah dilakukan pada 20 Juni 2023, sejumlah PTN lainnya masih membuka jalur seleksi mandiri yang menggunakan skor UTBK 2023 sebagai syarat administratif dalam penerimaan mahasiswa baru, terutama bagi siswa yang tidak lolos dalam SNBT.

Berikut cara menghitung skor UTBK SNBT 2023, lengkap beserta dengan jadwal unduh skor dan cara melihat nilai UTBK SNBT 2023, dilansir dari berbagai sumber pada Rabu, (28/6/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Unduh Skor dan Cara Melihat Nilai UTBK SNBT 2023

Jadwal Unduh Skor UTBK SNBT 2023

UTBK SNBT 2023 sudah berlangsung pada dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada 8-14 Mei 2023, dan gelombang kedua pada 22-28 Mei 2023. Dilansir dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Rabu (28/6/2023), sertifikat hasil UTBK dapat diunduh pada tanggal 26 Juni - 31 Juli 2023. Mahasiswa dapat mengunduh secara serentak mulai pukul 15.00 WIB.

Cara Melihat Nilai UTBK SNBT 2023

  1. Masuk ke browser Anda.
  2. Kunjungi situs https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau 27 link mirror lainnya.
  3. Masukkan 12 digit Nomor Peserta UTBK SNBT 2023.
  4. Input Tanggal Lahir Peserta UTBK SNBT 2023.
  5. Anda dapat centang bagian “Dengan ini saya menyatakan bahwa apabila di kemudian hari ditemukan kecurangan yang akan lakukan dalam UTBK-SNBT 2023, maka status penerimaan saya dibatalkan.
  6. Klik “Lihat Hasil”.
  7. Hasil UTBK SNBT 2023 akan muncul di layar Anda.

Jika Anda ingin mengunduh hasil UTBK SNBT 2023, Anda dapat melakukan 6 langkah di atas dan klik “Unduh” pada laman browser Anda. Setelah itu, Anda dapat melihat hasil UTBK SNBT Anda untuk mengecek peluang masuk perguruan tinggi impian.

3 dari 4 halaman

Cara Menghitung Skor UTBK SNBT 2023

Pada setiap sub tes UTBK SNBT, semuanya memiliki skor tersendiri. Belum ada panduan resmi untuk menghitung skor UTBK, namun ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk menghitung skor UTBK SNBT 2023. Cara ini dapat Anda lakukan untuk dijadikan sebuah acuan saat hendak mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam Seleksi Mandiri (SM).

Materi ujian UTBK terdiri dari tiga, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari:

  1. Kemampuan Penalaran Umum
  2. Kemampuan Kuantitatif
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan
  4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Sedangkan nilai LPM (Literasi dan Matematika) terdiri atas tiga, yaitu:

  1. Literasi Bahasa Indonesia
  2. Literasi Bahasa Inggris
  3. Penalaran Matematika

Cara Pertama:

  1. Anda dapat menjumlahkan semua skor pada sub tes tersebut.
  2. Setelah menjumlahkan semua sub tes, Anda dapat membaginya dengan bilangan 7.
  3. Hasil tersebut menunjukkan skor rata-rata UTBK SNBT Anda.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghitung Skor UTBK SNBT 2023

Cara Kedua:

  1. Jumlahkan semua nilai pada sub Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri atas 4, yaitu 1) Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  2. Dengan cara yang sama, jumlahkan ketika sub tes Literasi dan Matematika (LPM) yang terdiri atas 3 bagian, yaitu 1) Literasi Bahasa Indonesia, 2) Literasi Bahasa Inggris, dan 3) Penalaran Matematika.
  3. Hasil penjumlahan TPS dan LPM tersebut bisa Anda jumlahkan kembali dan kemudian dibagi dua.
  4. Hasil tersebut menunjukkan skor rata-rata UTBK Anda.

Cara Ketiga:

  1. Jumlahkan keempat sub tes Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Kalikan jumlah skor tersebut dengan bilangan 60%.
  3. Jumlahkan ketiga sub tes LPM dan kalikan dengan 40%.
  4. Jumlahkan hasil kedua sub tes. Hasil tersebut menunjukkan rata-rata UTBK SNBT Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.