Sukses

Penyebab Payudara Kiri dan Kanan Ukurannya Berbeda, Normalkah?

Bentuk, tekstur, warna dan ciri payudara seorang wanita tentunya akan unik dan berbeda dengan payudara wanita lainnya. Faktanya, wanita lebih sering sering memiliki bentuk dan ukuran payudara berbeda daripada payudara simetris.

Liputan6.com, Jakarta - Bentuk, tekstur, warna dan ciri payudara seorang wanita tentunya akan unik dan berbeda dengan payudara wanita lainnya. Namun, bahkan kedua payudara Anda pun bisa terlihat berbeda satu sama lain. Satu payudara mungkin lebih besar dari yang lain.

Jadi, apakah itu normal dan kapan harus mengetahui apakah itu penyebab kekhawatiran?

Melansir dari Times of India, Kamis (25/5/2023), memiliki payudara asimetris adalah hal yang sangat umum, menurut pakar kesehatan. Faktanya, wanita lebih sering memiliki bentuk dan ukuran payudara berbeda daripada payudara simetris.

Apa penyebabnya?

Bahkan jika itu bukan alasan untuk khawatir, Anda mungkin ingin tahu mengapa kedua payudara Anda terlihat sedikit berbeda.

Salah satu faktor ukuran payudara berbeda adalah gen Anda , jadi jika ibu dan nenek Anda memiliki payudara yang tidak cocok, Anda mungkin juga mengalami hal yang sama.

Penyebab lainnya adalah berat badan Anda. Payudara sebagian terdiri dari lemak beserta jaringan ikat dan saluran susu.

Jadi, saat Anda menambah atau mengurangi berat badan, penumpukan atau penurunan lemak tidak terjadi secara merata di seluruh tubuhmu, dan hal yang sama berlaku untuk kedua payudara Anda.

Jika Anda hamil, payudara Anda mungkin menjadi tidak rata dan tumbuh lebih besar dan terkadang miring. Ini karena tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk menyusui.

Kondisi medis yang jarang terjadi

Kondisi medis atau tulang lain yang kurang umum yang menyebabkan payudara tampak asimetris termasuk skoliosis, kelengkungan tulang belakang, atau kelainan bentuk pada dinding dada. Namun, faktor-faktor ini lebih jarang terjadi dibandingkan genetika dan perubahan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Anda harus khawatir?

Meskipun payudara asimetris umum terjadi, penting untuk diperhatikan jika Anda mengalami asimetri baru secara tiba-tiba, seperti peningkatan atau penurunan volume payudara secara tiba-tiba.

Ini terutama menimbulkan kekhawatiran jika perubahan ukuran payudaramu disertai dnegan gejala lain seperti penyusutan kulit, penebalan lesung pipit, atau perubahan warna payudaramu.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter segera karena ini bisa dikaitkan dengan beberapa jenis tumor.

 

3 dari 3 halaman

Ukuran payudara dan kanker payudara

Menurut sebuah studi tahun 2015, wanita yang ukuran payudaranya 20% berbeda memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker payudara.

Penting untuk dicatat bahwa peran antara asimetri payudara dan risiko kanker payudara sebagian besar disalahpahami dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.