Sukses

Tips Menjadi Seorang yang Positive Vibes agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia dan Berkualitas

Menjadi seorang positive vibes artinya Anda memiliki sikap dan energi yang positif yang secara langsung memancarkan kebahagiaan, optimisme, dan kebaikan kepada orang lain. Tidak mudah untuk menjadi seorang yang memancarkan aura postitif. Oleh karena itu, Anda dapat terapkan beberapa tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang positive vibes artinya Anda memiliki sikap dan energi yang positif yang secara langsung memancarkan kebahagiaan, optimisme, dan kebaikan kepada orang lain.

Menjadi seorang yang memiliki aura positif sangat penting karena akan berdampak baik pada diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Ketika seseorang memancarkan positive vibes, mereka akan menunjukkan beberapa ciri-ciri, salah staunya adalah selalu menunjukkan ketenangan dalam menghadapi kesulitan. Seseorang dengan positive vibes juga secara tidak langsung akan menginspirasi orang lain dengan sikap dan tindakan mereka.

Seorang positive vibes tidak mengabaikan atau mengesampingkan emosi negatif. Namun sebaliknya, seorang yang memancarkan aura positif akan menghadapi dan merespon situasi atau masalah yang terjadi dengan sikap yang positif dengan cara melihat sisi baik dari segala hal, dan kemauan untuk mencari solusi yang konstruktif.

Menjadi seorang positive vibes bukan berarti Anda tidak pernah merasakan emosi negatif atau bergumul dengan pikiran pesimis. Setiap orang pasti pernah merasa sedih atau putus asa. Bedanya, seorang positive vibes tidak membiarkan emosi negatif mengendalikan mereka.

Mereka tidak terpaku pada masalah mereka, melainkan fokus untuk mencari solusi. Mereka tidak terjebak dalam pikiran negatif dan selalu berusaha melihat sisi positif dari kehidupan.

Oleh karena itu, berikut tips menjadi seorang positive vibes yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup, membangun hubungan yang sehat dan menciptakan lingkungan yang saling mendukung, seperti melansir dari Verywellmind, Senin (22/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjadi Seorang yang Positive Vibes

1. Berlatih untuk Bersyukur

Anda dapat mencoba untuk membuat daftar hal-hal yang harus Anda syukuri. Tulislah dalam jurnal rasa syukur dan catatlah beberapa hal yang membuat Anda merasa bahagia atau bersyukur.

Hal-hal tersebut tidak harus berupa hal-hal yang rumit dan memerlukan pengamatan lebih, namun Anda dapat menulis sesuatu yang sederhana seperti hari yang cerah dan indah atau kucing Anda yang menggelitik tangan Anda ketika sedang bekerja. Hal-hal sederhana seperti itu yang sebenarnya patut untuk disyukuri.

2. Temukan Sesuatu yang Dinantikan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki sesuatu yang baik untuk dinanti-nantikan dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Pastikan untuk menemukan sesuatu yang dinanti-nantikan setiap hari, misalnya mengunjungi toko buku favorit Anda, menikmati secangkir kopi dengan teman-teman Anda, berjalan-jalan sore di taman, atau membaca buku favorit Anda. Hal ini akan membantu Anda menjadi seorang positive vibes bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda.

3 dari 4 halaman

3. Mindfulness

Mindfulness adalah praktik yang melibatkan fokus penuh pada saat ini, termasuk pikiran, sensasi, dan lingkungan Anda. Hal ini dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kesadaran akan pikiran dan suasana hati Anda. Ketika Anda merasa stres atau kewalahan, ambil napas dalam-dalam dan fokuslah pada apa yang terjadi saat ini.

Perhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda dan suara apa yang dapat Anda dengar. Setelah Anda belajar mengidentifikasi pikiran, Anda kemudian dapat secara aktif mengganti pikiran negatif dengan pikiran yang lebih positif.

4. Tersenyum

Meskipun Anda sedang tidak merasa bahagia, memaksakan diri untuk tersenyum dapat membuat Anda merasa lebih baik. Tersenyum membantu melepaskan zat kimia dalam otak Anda yang membuat Anda merasa bahagia dan rileks.

Para peneliti telah menemukan bahwa tersenyum tidak hanya membantu menimbulkan perasaan positif, tetapi juga membantu orang melihat dunia dari sudut pandang yang lebih positif. Jadi, jika Anda merasa sedih, cobalah tersenyum selama beberapa menit dan lihatlah bagaimana hal itu dapat membantu Anda merasa lebih optimis.

5. Gunakan Pembicaraan yang Positif

Hal-hal yang Anda katakan pada diri sendiri memengaruhi cara berpikir tentang diri sendiri dan dunia. Para peneliti telah menemukan bahwa beralih dari pembicaraan diri yang negatif ke pembicaraan diri yang positif dapat membantu meningkatkan emosi dan mengurangi stres dan hal tersebut akan membuat diri Anda menjadi lebih positif.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menjadi Seorang Positive Vibes

1. Membuat Mental Menjadi Lebih Baik

Menjadi seorang yang positive vibes dapat membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Mereka lebih jarang mengalami kecemasan atau depresi. Mereka juga lebih tangguh dalam menghadapi tantangan hidup. Anda juga menjadi lebih mampu melihat sisi baik dalam setiap situasi, mencari pelajaran yang bisa dipetik, dan mempercayai bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik.

2. Meningkatkan Kebahagiaan

Positive vibes memiliki keterkaitan yang erat dengan peningkatan kebahagiaan. Orang yang positif dapat menemukan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari mereka dan tidak mudah terpengaruh oleh stres atau emosi negatif.

3. Meningkatan Kesehatan Fisik

Penelitian menunjukkan bahwa menjadi seorang yang positive vibes berhubungan dengan kesehatan fisik yang lebih baik. Orang yang memancarkan aura positif lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat masalah kardiovaskular dan hidup lebih lama dibandingkan dengan orang yang pesimis.

4. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Seorang positive vibes lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami konflik dengan orang lain dan memiliki hubungan interpersonal yang lebih sehat. Ketika Anda memancarkan positive vibes, Anda cenderung menarik orang-orang dengan energi yang sama. Hal ini dapat memperkuat hubungan sosial Anda, menciptakan ikatan yang lebih dalam, dan memberikan dukungan sosial yang positif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.