Sukses

10 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Tubuh, Mental hingga Kecantikan

Jika gagasan tentang ketenangan diri dan ketenangan batin belum meyakinkan Anda untuk mulai bermeditasi, deretan daftar manfaat kesehatan terbaik dari meditasi berikut mungkin buat Anda berubah pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Ambil napas dalam-dalam dan rileks. Kesibukan kita penuh dengan stres dan aliran gangguan elektronik yang tiada henti, dengan komunikasi yang terus-menerus membuat kita seolah-olah tidak pernah bisa melarikan diri untuk menemukan kedamaian dan ketenangan. 

Meditasi adalah cara tradisional untuk mencapai ketenangan pikiran modern. Itu bisa dilakukan dalam kelompok atau sendirian, di studio, atau bahkan di luar ruangan. Jika gagasan tentang ketenangan diri dan ketenangan batin belum meyakinkan Anda untuk mulai bermeditasi, deretan daftar manfaat kesehatan terbaik dari meditasi berikut mungkin buat Anda berubah pikiran. Dilansir dari Health Fitness Revolution, berikut ulasannya:

1. Membantu menjernihkan pikiran yang sibuk

Dalam kehidupan zaman sekarang yang serba cepat ini, pikiran kita sering kali berantakan dengan begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup kita, sulit untuk menghargai keindahan lingkungan dan diri Anda saat ini. Dengan berlatih meditasi, ini dapat membantu Anda memperlambat waktu dan merapikan semua kekhawatiran, pikiran, dan tekanan.

2. Membantu menciptakan penerimaan dalam diri Anda dan orang lain

Dalam masyarakat yang dapat didorong oleh kelompok sosial, sulit menemukan diri Anda di dunia ini. Meditasi dapat membantu menciptakan penerimaan tentang diri Anda dan menghilangkan stigma mencoba menjadi sempurna atau menekan diri sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai di zona aman di mana Anda bisa menjadi diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kesejahteraan emosional

Jika Anda adalah orang yang sering khawatir, stres, atau bahkan menderita depresi, penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan keadaan saat ini dan meningkatkan lebih banyak optimisme serta meredakan ketegangan suasana hati.

4. Meningkatkan kebahagiaan

Meditasi adalah alat ampuh yang memungkinkan Anda menyelaraskan kesadaran batin Anda yang mungkin tidak selalu hadir. Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk, menyeimbangkan pekerjaan, sekolah, dan bahkan mungkin sebuah keluarga. Mungkin sulit untuk hadir pada saat ini dan menyendiri mendorong Anda untuk membenamkan diri pada saat ini dan menyadari hal-hal yang dapat Anda capai dengan pola pikir yang benar.

3 dari 5 halaman

5. Mengurangi stres

Kita semua terkadang stres dan merasa kewalahan. Meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan korteks prefrontal lateral dan medial yang membantu meredakan tingkat stres kita. Area otak ini adalah perspektif pikiran yang rasional dan logis; meditasi teratur telah terbukti meningkatkan reseptor stres dalam Studi Harvard.

6. Meningkatkan konsentrasi

Tindakan duduk diam dalam meditasi itu sendiri membutuhkan banyak fokus pada pikiran, jadi seiring waktu itu juga akan meningkatkan konsentrasi Anda baik di tempat kerja, sekolah, keluarga, atau hanya di antara keseimbangan semua hal. Konsentrasi yang lebih baik berarti perhatian yang lebih baik terhadap apa yang mungkin kurang dalam kehidupan pribadi atau sosial Anda.

4 dari 5 halaman

7. Berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat

Gaya hidup sehat mengarah pada gaya hidup yang bahagia. Meditasi dapat mendorong kebiasaan dan atribusi sehat lainnya seperti makan lebih sehat, berolahraga, dan itu juga bagus untuk pikiran.

8. Baik untuk kecantikan

Kita dapat mencoba semua produk kecantikan dan krim wajah yang ada di pasaran, tetapi ada manfaat meditasi yang benar-benar meningkatkan kecantikan luar dan dalam. Dengan bermeditasi, kita membiarkan oksigen segar masuk dan keluar dari sistem pernapasan kita saat fokus. 

Ini menghilangkan penumpukan racun jahat dan membantu melepaskan ketidakseimbangan kimiawi dan/atau hormon. Juga, latihan meditasi yang baik meningkatkan sirkulasi aliran darah ke permukaan kulit, menciptakan cahaya halus yang bagus untuk wajah.

 

 

5 dari 5 halaman

9. Manfaat kesehatan secara keseluruhan

Studi menunjukkan bahwa meditasi dapat menurunkan tekanan darah, membantu sistem kardiovaskular dan kekebalan mengatur dengan lebih baik, dan juga dapat membantu mencegah radang sendi, fibromyalgia, depresi pada ibu hamil, gangguan kecemasan dan panik, dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

10. Meditasi dapat dipraktikkan di mana saja dan gratis

Hal terbaik tentang meditasi adalah Anda dapat mempraktikkannya di mana saja kapan saja, dengan mencari tempat yang sunyi di tempat kerja, sekolah, rumah, atau bahkan di mobil Anda. Disarankan bagi pemula untuk memulai pelatihan di rumah di mana Anda paling akrab dengan segala sesuatu di sekitar Anda kemudian saat latihan Anda berkembang, Anda dapat belajar untuk menempatkan fokus Anda di mana saja dan juga, meditasi itu gratis. Tidak ada biaya untuk meditasi selama upaya dan fokus dilakukan, Anda dapat menikmati semua manfaat meditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.