Sukses

15 Link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2023 dan Cara Menggunakannya

Berikut ini deretan link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang bisa Anda gunakan lengkap dengan cara pakainya.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kebangkitan Nasional setiap tahun diperingati setiap tanggal 20 Mei 2023.  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap 20 Mei untuk mengenang berdirinya organisasi Budi Utomo pada 1908.

Dikutip dari Kanal Regional Liputan6.com, meskipun Budi Utomo pada awalnya lebih bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan, dan tidak bersifat politik, tetapi organisasi ini tetap memiliki andil besar dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia.

Budi Utomo pun menjadi tonggak awal pergerakan kemerdekaan Indonesia dan memicu kebangkitan nasional yang kemudian melahirkan berbagai organisasi pergerakan lainnya. Organisasi Budi Utomo sendiri didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa Stovia (School tot Opleiding van Indische Artsen), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman Hindia Belanda. Organisasi ini merupakan organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu Presiden Soekarno menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1948. Penetapan itu diperkuat dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Adapun penetapan tersebut dianggap sebagai awal bangkitnya nasionalisme dan gerakan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan.

Itu mengapa penting bagi kita untuk turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional saat ini. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Harkitnas, salah satunya dengan menggunakan Twibbon Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di media sosial yang Anda miliki. Berikut ini deretan link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang bisa Anda gunakan: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional

Dilansir dari Twibbonize, berikut ini deretan link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang bisa Anda gunakan lengkap dengan cara pakainya:

1. https://www.twibbonize.com/jadigurutk

2. https://www.twibbonize.com/muharram1

3. https://www.twibbonize.com/desain6harisantri2021

4. https://www.twibbonize.com/harkitnasth2021

5. https://www.twibbonize.com/hsn2022kemenag

6. https://www.twibbonize.com/harlah63pmii

7. https://www.twibbonize.com/banggajadinahdliyin

8. https://www.twibbonize.com/harigurunasionalkemenag2022

9. https://www.twibbonize.com/linkharisantrinasional2022

10. https://www.twibbonize.com/harkitnasunsoed2023

11. https://www.twibbonize.com/twibbonmaulidnabi1444

12. https://www.twibbonize.com/harilahirpancasila2022desain1

13. https://www.twibbonize.com/habkemenagpenmad

14. https://www.twibbonize.com/ramadhanpln

15. https://www.twibbonize.com/diesuns46

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Twibbon

Berikut ini langkah-langkah memasang Twibbon Hari Kebangkitan Nasional untuk kemudian dibagikan di media sosial masing-masing:

  1. Pertama-tama pilih salah satu link Twibbon dengan bingkai yang ingin digunakan. 
  2. Klik “pilih foto” dan masukkan foto yang ingin kalian pasang dari galeri.
  3. Atur posisi foto agar sesuai dengan bingkai.
  4. Klik “unduh” agar foto tersimpan di galeri.
  5. Foto siap dibagikan ke media sosial, selamat mencoba!
4 dari 4 halaman

Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei: Sejarah, Penetapan, dan Tema Harkitnas 2023

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap 20 Mei untuk mengenang berdirinya organisasi Budi Utomo pada 1908. Meskipun Budi Utomo pada awalnya lebih bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan, dan tidak bersifat politik, organisasi ini tetap memiliki andil besar dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia. 

Budi Utomo menjadi tonggak awal pergerakan kemerdekaan Indonesia dan memicu kebangkitan nasional yang kemudian melahirkan berbagai organisasi pergerakan lainnya.

Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa Stovia (School tot Opleiding van Indische Artsen), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman Hindia Belanda. Organisasi ini merupakan organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia.

Awalnya, pada 1907 Dr Wahidin Sudiro Husodo mengunjungi almamaternya dan bertemu dengan para mahasiswa Stovia. Ia melontarkan gagasan agar para mahasiswa segera mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan derajat bangsa.

Ide Dr Wahidin Sudiro Husodo itu diterima dan dikembangkan oleh Sutomo dan kawan-kawannya untuk mendirikan organisasi Budi Utomo di Jakarta pada 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memajukan pengajaran, teknik/industri, perternakan, pertanian dan perdagangan serta menghidupkan kembali kebudayaan.

Dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Budi Utomo berperan penting terhadap pergerakan nasional untuk mengusir penjajah. Budi Utono yang khususnya bergerak di bidang pendidikan, buktinya dapat kita lihat dari didirikannya Studifont atau Darmawara untuk perkumpulan para pelajar khususnya dari daerah Jawa dan Madura.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.