Sukses

Bisa Berbahaya, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Bersama dengan Susu

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh Anda gabungkan dengan susu karena dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Susu menjadi minuman sehat yang digemari banyak orang. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak yang suka minum susu.

Ada yang suka meminum susu panas atau dingin, ada yang suka meminumnya dengan menambahkan cokelat, dan ada yang meminumnya dengan pisang untuk tujuan menambah berat badan. 

Ada banyak cara orang memasukkan susu ke dalam makanan mereka di pagi atau malam hari. Anda mungkin juga pernah mendengar tentang susu almond atau susu kacang mete. Meskipun pilihan ini terdengar bagus dan sehat, ada beberapa makanan yang tidak boleh Anda makan bersama dengan segelas susu.

Susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan oleh karena itu, misalnya, jika Anda minum susu dengan lemon atau buah jeruk apa pun, susu akan menggumpal. Ini dapat menyebabkan gas pada perut dan mulas. Beberapa orang juga tidak toleran laktosa, yang berarti mereka tidak dapat mencerna laktosa yang ada di dalam susu.

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh Anda gabungkan dengan susu karena dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Menurut Dr Pritam Moon, dokter konsultan, Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, Mumbai, Anda harus menjaga jarak dari kombinasi makanan dan susu tersebut. Dilansir dari Healthshots, Selasa (2/5/2023), ini ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hindari ikan dan susu

Susu memiliki efek mendinginkan sedangkan ikan memiliki efek memanaskan. Kombinasi ini menciptakan ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan perubahan kimia dalam tubuh. 

Dr Moon berkata, "Jangan pernah makan ikan dan semua jenis daging dengan susu, karena dapat menyebabkan masalah pencernaan dan bahkan rasa yang berat." Jadi berhati-hatilah. Jika tidak, Anda harus menderita karena kesalahan besar ini.

3 dari 6 halaman

2. Hindari makan pisang dan susu

Sejak lama, kita telah diberitahu bahwa susu dan pisang merupakan kombinasi yang sehat. Jika Anda juga telah mencampurkan susu dan pisang, inilah saatnya Anda menunggu dan berhenti. 

“Kombinasi susu dan pisang itu berat dan butuh waktu lama untuk dicerna, dan Anda juga akan merasa lelah,” kata Dr Moon. Oleh karena itu, kedua bahan bergizi ini dapat dinikmati secara terpisah dengan aman sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

4 dari 6 halaman

3. Hindari melon dan susu

Susu dengan banyak buah bisa menjadi kombinasi berbahaya yang bisa merugikan kesehatan Anda. Anda mungkin percaya bahwa Anda menggabungkan buah yang sangat sehat dengan susu yang selalu sehat, tetapi Anda salah. 

Susu cenderung bertindak sebagai pencahar dan melon memiliki sifat diuretik. Oleh karena itu, menyatukan keduanya dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penumpukan racun, yang selanjutnya dapat menyebabkan muntah. Jadi hindarilah.

5 dari 6 halaman

4. Hindari lobak dan susu

Secara umum, lobak tidak memiliki efek samping yang berarti. Namun, disarankan untuk menghindari memakannya sebelum makan karena dapat menyebabkan rasa panas di perut karena sifatnya yang panas. Susu juga tidak boleh dikonsumsi setelah lobak karena dianggap sebagai kombinasi makanan yang tidak cocok. 

Dr Moon berkata, “Jika Anda makan lobak dengan susu, inilah saatnya untuk segera menghentikannya. Melakukannya bisa merepotkan Anda. Susu dan lobak harus dimakan secara terpisah karena dapat mengganggu proses pencernaan.” Minumlah susu setelah setidaknya dua jam makan makanan yang terbuat dari lobak.

6 dari 6 halaman

5. Hindari menggabungkan makanan asam dengan susu

“Jangan mencampur jeruk atau makanan asam dengan susu. Bahkan buah yang kaya vitamin C juga tidak boleh dikonsumsi dengan susu,” jelas Dr Moon.

Tahukah Anda mengapa? Ini karena susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan ketika seseorang memilih susu dan lemon atau buah jeruk apapun secara bersamaan, susu cenderung menggumpal. Ini mengundang gas dan mulas dan berdampak pada kesehatan Anda. Ini juga dapat menyebabkan hidung tersumbat, pilek, batuk, ruam, dan alergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.