Sukses

4 Hal yang Dilakukan Seorang Pendengar yang Baik, Buat Lawan Bicara Jadi Nyaman

Banyak individu kini kurang menjadi pendengar yang baik. Tapi segelintir orang memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang tanpa menilai atau mengkritik orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu kini kurang menjadi pendengar yang baik. Tapi segelintir orang memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang tanpa menilai atau mengkritik orang lain. 

Faktanya, sangat jarang menemukan pendengar yang benar-benar baik yang bisa duduk diam dan mendengarkan seseorang melampiaskan masalahnya. 

Orang-orang dengan tipe ini sangat sabar, baik hati dan pengertian dalam hal mengakui dan bereaksi terhadap perasaan orang lain. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa hal yang dilakukan seorang pendengar yang baik, seperti melansir dari Times of India, Jumat (24/3/2023).

1. Mereka fokus pada orang yang berbicara

Pendengar yang sangat baik memberikan perhatian penuh kepada pembicara. Mereka tidak membiarkan gangguan menghalangi dan membuat kontak mata dengan pembicara.

Mereka menghindari multitasking atau menyela percakapan. Selain itu, mereka juga berkonsentrasi pada kata-kata, nada, bahasa tubuh dan emosi pembicara untuk mendapatkan konteks penuh dari pesan tersebut.

2. Mereka menanyakan pertanyaan terbuka

Pendengar yang baik mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong pembicara untuk menguraikan pikiran dan perasaan mereka. 

Mereka mengajukan pertanyaan yang membutuhkan lebih dari sekedar jawaban ya atau tidak.

Kebiasaan ini membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perspektif pembicara dan menciptakan suasana saling percaya dan terbuka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mereka tidak menghakimi

Mereka tidak pernah menghakimi dan menghindari praduga atau prasangka. Mereka berpikiran terbuka dan menerima berbagai pendapat, nilai dan kepercayaan.

Kebiasaan ini menciptakan ruang aman bagi pembicara untuk mengekspresikan diri secara bebas tanpa takut kritik atau penolakan. 

4. Mereka sangat berempati

Mereka menempatkan diri pada posisi orang lain dan mengakui emosi, perasaan dan pengalaman orang tersebut. Mereka memvalidasi perasan seseorang dan juga enawarkan dukungan. 

Ini membantu mereka membangun hubungan yang lebih kuat dan berempati dengan orang yang curhat kepada mereka.

3 dari 3 halaman

Zodiak Ini Merupakan Pendengar yang Baik

 

1. Gemini

Gemini adalah memiliki jiwa sosial tinggi. Mereka senang berinteraksi dengan orang-orang dan berbagi sudut pandang serta pendapat mereka.

Tetapi mereka juga pandai mendengarkan orang lain dan memberi mereka nasihat. Mereka mendengarkan dengan cermat dan dapat dipercaya untuk memberikan nasihat yang objektif dan rasional. 

2. Cancer

Karena Cancer berhubungan dengan baik dengan emosi mereka, mereka tahu betapa memuaskannya ketika Anda menemukan seseorang yang benar-benar mendengarkan Anda.

Cancer cukup sensitif untuk tetap bungkam ketika orang lain berbicara dan tidak pernah terburu-buru memberikan penilaian dan pendapat mereka tentang berbagai hal dan situasi.

3. Virgo

Virgo itu logis, analitis, dan rasional. Mereka hebat dalam mendengarkan dan dapat memberi Anda nasihat terbaik. Karena mereka membuat keputusan dari otak mereka dan bukan dari hati mereka, mereka tidak benar-benar tahu apa artinya menunjukkan empati dan hanya mendengarkan untuk memecahkan masalah Anda atau memberi Anda jawaban yang logis.

4. Pisces

Orang dengan zodiak Pisces sangat berempati, jeli, dan peduli. Mereka tahu kapan Anda membutuhkan uluran tangan atau seseorang untuk mendengarkan.

Mereka bukanlah orang yang akan menilai Anda atau meremehkan masalah Anda. Mereka hanya akan mendengarkan Anda dengan sepenuh hati dan memahami pikiran Anda serta berempati dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.