Sukses

Jelang Ramadhan, Berikut Bacaan Doa Niat Puasa dan Buka Puasa yang Penting untuk Dihafalkan

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Karena itu, ada baiknya Anda menghafalkan bacaan niat puasa dan doa buka puasa untuk diamalkan selama bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan 2023 tinggal menghitung hari. Bagi umat Islam, diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.

Perintah berpuasa di bulan suci Ramadhan telah dijelaskan dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Nah, salah satu syarat sah-nya puasa Ramadhan adalah niat puasa. Dilansir dari laman NU Online, Senin (20/3/2023), niat merupakan kewajiban yang menentukan keabsahan puasa seseorang menurut Mazhab Syafi'i.

Niat memiliki peranan yang sangat penting karena memengaruhi nilai dan kualitas dari amalan yang kita kerjakan. Karena itu, niat puasa Ramadhan dianjurkan dilakukan setiap malam karena puasa dalam tiap-tiap hari adalah satu ibadah tersendiri sebagaimana yang tercantum dalam kitab Kaasyifatus Sajaa karya Syeikh Nawawi al-Bantani. Karena itu, penting untuk mengetahui bacaan doa niat puasa Ramadhan.

Setelah melakukan badah puasa sejak Subuh, terbenamnya matahari di waktu Maghrib merupakan waktu berbuka puasa. Sebelum membatalkan puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Doa berbuka puasa hendaknya dibaca sebelum membatalkan puasa karena ada banyak keutamaan di dalamnya dan akan mendapatkan pahala.

Karena itu, sebelum memasuki bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk, ada baiknya Anda menyimak lafal bacaan doa niat puasa dan bacaan doa buka puasa Ramadhan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan

Menurut Imam Ghazali dalam Ihya Ulumiddin 2, membaca niat pada malam sebelum melakukan puasa Ramadhan hukumnya wajib. Berikut bacaan doa niat puasa Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Jumhur ulama mensyariatkan pengulangan niat sesuai dengan jumlah hari. Dalam artian, niat dalam puasa Ramadhan tetap harus dibaca setiap hari karena dianggap ibadah satu hari tidak berkaitan dengan ibadah hari setelahnya.

Sebaliknya, mazhab Maliki berpendapat dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi bahwa doa niat puasa Ramadan cukup dilakukan satu kali. Dengan catatan waktu berpuasanya dilakukan setiap hari seperti puasa Ramadhan.

 

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan

Bacaan doa buka puasa perlu dibaca umat muslim ketika hendak berbuka puasa. Ada banyak keutamaan yang didapatkan ketika membaca doa ini. Berikut bacaan doa buka puasa dan artinya:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.