Sukses

Wajib Tahu, Segini Usia yang Ideal untuk Menikah Menurut Sains dan Para Pakar

Sains adalah hal yang tak bisa terlepas dari kelangsungan hidup manusia. Setidaknya sains membantu Anda membuat beberapa keputusan penting dalam hidup seperti salah satunya ialah menikah.

Liputan6.com, Jakarta Sains adalah hal yang tak bisa terlepas dari kelangsungan hidup manusia. Setidaknya sains membantu Anda membuat beberapa keputusan penting dalam hidup seperti salah satunya ialah menikah.

Bagi banyak orang menikah adalah langkah besar dan waktu tampaknya menjadi salah satu perhatian terbesar orang. Seperti yang kita tahu banyak stereotip yang mengatakan bahwa wanita tidak baik menikah di usia yang terlalu tua.  

Wanita terus-menerus diberi tahu bahwa sel telur mereka memiliki tanggal kadaluarsa dan semua pria akan pergi jika mereka menunggu terlalu lama untuk menemukannya. Rupanya dalam ilmu sains sendiri ada anjuran usia yang ideal untuk menikah. 

Inilah usia yang tepat untuk menikah menurut sains

Bekerja sama untuk menemukan usia ideal untuk menikah, matematika dan sains menghasilkan aturan "37 persen". Menurut algoritma ini, usia terbaik untuk memutuskan menikah adalah 26 tahun.

Ya, bagi sains menikah di usia 26 tampaknya ideal. Angka tersebut berasal dari Algorithms to Live By: The Computer Science of Human Decisions, yang ditulis oleh jurnalis Brian Christian dan ilmuwan kognitif Tom Griffiths. Menurut buku mereka, orang membuat keputusan terbaik setelah menyaring 37 persen pilihan.

Mereka menggunakan contoh penyaringan pelamar kerja dan berpendapat bahwa setelah melihat melalui 37 persen orang yang melamar, masuk akal untuk memilih kandidat yang memenuhi syarat tanpa melihat lebih jauh.

Para penulis studi ini mengatakan bahwa pada titik inilah peninjau pelamar memiliki informasi yang cukup untuk membuat pilihan yang baik, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mereka akan terbebani oleh keragu-raguan.

Hal ini melangkah lebih jauh, mengatakan bahwa aturan ini berfungsi untuk memilih pasangan. Kisaran di mana orang biasanya mencari cinta adalah antara usia 18-40 dan angka 37 persennya adalah 26.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak ahli sepakat bahwa usia akhir 20-an adalah waktu yang ideal

Namun, banyak ahli tampaknya sepakat bahwa usia akhir 20-an adalah waktu yang tepat untuk menikah. Psikolog Wyatt Fisher mengatakan bahwa alasan saat ini dalam hidup Anda sangat ideal untuk menetap adalah karena pada titik di mana Anda telah menyelesaikan pendidikan dan memulai karier.

Pekerja sosial klinis Kelsey Torgerson mengatakan sangat penting untuk setidaknya menunggu sampai otak manusia berkembang sepenuhnya untuk menemukan pasangan hidup, yang tidak sampai usia 25 tahun.

Dia berkata, “Saya percaya yang terbaik adalah menunggu sampai usia ini. Penting juga untuk mengalami stres dengan pasangan yang Anda atasi, jadi jika Anda memiliki kekasih sekolah menengah, Anda harus melihat bagaimana Anda berdua menjalani masa kuliah, pacaran jarak jauh, belajar di luar negeri, atau saat masing-masing mendapat pekerjaan. Anda ingin tahu bahwa Anda memiliki strategi manajemen konflik untuk pernikahan yang sehat dan sukses di masa mendatang,” ujarnya dilansir Yourtango.

3 dari 4 halaman

Usia yang ideal untuk menikah menurut terapis hubungan

Terapis hubungan, Weena Cullins, berpendapat bahwa angka yang ideal sebenarnya adalah 28. “Dalam pengalaman klinis saya, saya telah menemukan bahwa usia terbaik untuk menikah bagi wanita di AS adalah 28 tahun. Pada usia 28 tahun, calon pengantin saya menunjukkan kesadaran diri dan kepercayaan diri dalam pilihan mereka. “

Menurutnya dalam usia tersebut pria dan wanita telah berhasil menemukan jati diri mereka. 

“Sebagian besar orang berusia 28 tahun memiliki waktu untuk berhasil mengeksplorasi siapa diri mereka pada tingkat pribadi dan profesional, menemukan kualitas yang paling mereka inginkan dalam pasangan hidup, dan belajar dari kesalahan yang mereka buat dalam hubungan sebelumnya. Anda punya waktu untuk menyelesaikan karier, pengalaman kuliah, dan sekolah pascasarjana jika itu jalan pilihan Anda, atau hanya hidup mandiri sebelum menggabungkan hidup Anda,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Sementara usia ideal untuk pria adala 32 tahun

Dan untuk pria, menurut Cullins angka yang ideal adalah 32. “Menunggu hingga usia 32 memberi pria kesempatan untuk menetap dalam karier dan berpotensi mengejar kemajuan profesional sebelum menikah. Itu juga memberi mereka kesempatan untuk berkembang secara sosial dan emosional melalui hidup sendiri dan berkencan. Pada usia 32, banyak pria telah menghabiskan cukup waktu di panggung sosial untuk dapat membuat keputusan yang tepat tentang memasuki kehidupan pernikahan. Mereka juga cenderung memiliki pandangan yang bijaksana tentang memiliki anak dan peran mereka dalam pengasuhan bersama. Ini bermanfaat bagi kesehatan hubungan secara keseluruhan."

Jadi, jika Anda berusia 25 tahun dan masih lajang, jangan panik. Demikian juga, jika Anda berusia 36 tahun dan masih lajang, jangan putus asa. Meskipun semua ini tampak cukup sah jika didukung oleh sains dan matematika, masih belum ada cara pasti untuk mengetahui usia rahasia pernikahan yang sukses.

Itu semua adalah orang-orang yang relatif, tetapi tetap tidak ada salahnya untuk memiliki sesuatu yang mendasari dunia cinta yang luas dan membingungkan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.