Sukses

Catat, 8 Tanda Anda Perlu Istirahat dari Media Sosial

Berikut ini beberapa tanda sebaiknya Anda menjauh dari media sosial untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda menggulir smartphone Anda dan melihat kiriman dari seorang teman yang mengumumkan bahwa dia baru saja menerima pekerjaan impiannya.

Namun, kemudian Anda membaca kata-kata kasar yang terlalu politis dari seorang rekan kerja. Selanjutnya Anda terus menggulir dan menonton video tetangga Anda tentang liburan tropis yang menakjubkan. Atau melihat teman yang pamer body goals?

Hal berikutnya yang Anda rasakan, Anda menebak-nebak seperti apa karier Anda di masa mendatang, merasa marah tentang politik, bertanya-tanya mengapa Anda tidak mampu berlibur dan mencari program diet berikutnya yang akan Anda jalani.

Bagi sebagian orang, media sosial telah berubah menjadi roller coaster emosional perbandingan, kesempurnaan, dan opini. Terapis kesehatan perilaku Jane Pernotto Ehrman, MEd, RCHES, ACHT, membahas cara menjalin hubungan yang sehat dengan media sosial, plus tanda-tanda bahwa mungkin sudah waktunya istirahat.

Tidak dapat disangkal bahwa media sosial adalah bagian besar dari kehidupan modern dan ada banyak hal positif dan keuntungan darinya. Selain itu, kita bisa terhubung dengan baik, terutama dengan orang-orang yang jarang kita temui.

Tetapi kita juga tahu bahwa media sosial bisa menjadi tempat yang memicu depresi, kesepian, kecemasan, dan rendah diri.

Nah, ada beberapa tanda sebaiknya Anda menjauh dari media sosial untuk sementara waktu. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, Selasa (7/3/2023), berikut ulasannya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Anda tidak bisa berhenti membandingkan

Sering dikatakan bahwa media sosial adalah sorotan utama kehidupan orang, tetapi itu tidak boleh membuat Anda merasa tidak mampu atau tidak puas dengan hidup Anda sendiri. Tidak umum mengunggah tentang perceraian, kesedihan, dan kesulitan, tetapi hal-hal itu masih terjadi.

Jika Anda mengalami kesulitan mengingat bahwa hidup tidak ada yang sempurna, terlepas dari apa yang mereka unggah, mungkin sudah waktunya untuk istirahat dari media sosial.

2. Anda mulai menggulir tanpa menyadarinya

Ada sesuatu tentang media sosial yang menghibur kami, kata Ehrman. Tetapi jika Anda berakhir di media sosial tanpa menyadarinya, itu bisa menjadi indikator bahwa Anda terlalu asyik dan harus berhenti sejenak. 

3. Anda menyadari bahwa Anda terganggu oleh semua yang Anda lihat

Dari politik hingga oversharing, Anda merasa marah atau kesal dengan apa yang Anda lihat di timeline Anda. Mungkin Anda bahkan stres dengan apa yang Anda lihat karena Anda telah melakukan scrolling terlalu jauh.

3 dari 4 halaman

4. Anda panik jika Anda tidak dapat melihat timeline Anda

Bisakah Anda melewati rapat atau perjalanan ke kantor tanpa mengalami kecemasan akan berhenti dari media sosial sejenak? Apakah Anda ingin menulis tweet atau mengunggah status dan tidak dapat memikirkan hal lain? Ini tandanya Anda harus berhenti sejenak. 

5. Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menggulir

Sesi kecil di media sosial tampaknya tidak berbahaya, tetapi itu akan selalu bertambah. Satu studi menemukan bahwa orang berinteraksi dengan smartphone mereka sebanyak 2.617 kali sehari. Ambil petunjuk dari orang-orang di sekitar Anda. Tanyakan pendapat pasangan atau teman Anda tentang kebiasaan media sosial Anda.

6. Anda tidak dapat menikmati apapun tanpa mengunggahnya terlebih dahulu

Anda tidak dapat meletakkan telepon Anda di pernikahan teman Anda tanpa mengunggah gambar tentangnya. Kemudian, Anda menghabiskan setengah malam untuk memeriksa berapa banyak likes yang didapatkan.

4 dari 4 halaman

7. Ini hal pertama yang Anda periksa di pagi hari dan hal terakhir yang Anda periksa di malam hari

Satu studi menemukan bahwa 80% pengguna smartphone memeriksa ponsel mereka dalam waktu 15 menit setelah bangun tidur. Kebiasaan ini dikaitkan dengan peningkatan stres dan kecemasan, belum lagi menyita waktu dan perhatian Anda (dan mungkin membuat Anda terlambat). Melihat ponsel Anda sebelum tidur juga terbukti merangsang otak Anda, membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

8. Media sosial tidak menyenangkan lagi

Menjadi aktif atau bahkan memiliki akun bukanlah suatu kewajiban. Platform media sosial dirancang agar menyenangkan, interaktif, dan cara bagi orang untuk terhubung. Jika kehilangan keseruannya, mungkin ada baiknya Anda menjauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.