Sukses

4 Red Flags dalam Hubungan, Melukai Harga Diri Pasangan

Red flags dalam hubungan bisa muncul dalam beberapa bentuk dan berbagai jenis.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam suatu hubungan cinta, bukan hanya tentang pasangan, tapi juga menyangkut Anda. Pernahkan Anda memperhatikan perubahan dalam cara Anda memandang diri sendiri sejak menjalani sebuah hubungan? 

Jika Anda mengalami kesedihan atau merasa kesehatan mentalmu memburuk selama suatu hubungan, Anda bisa jadi mengalami tanda bahaya terkait perasaan diri, kepercayaan diri dan keamananmu. Ini juga menjadi tanda bahwa Anda mengalami red flags dalam hubungan.

Red flags atau bendera merah dalam suatu hubungan adalah tanda yang menunjukkan bahwa pasanganmu bukanlah yang ideal dan hubunganmu memiliki beberapa masalah besar yang perlu diselesaikan.

Red flags bisa muncul dalam beberapa bentuk dan berbagai jenis. Ini bisa mencakup kekhawatiran tentang sifat, kepribadian, pandangan hidup dan perilaku pasanganmu terhadapmu.

Mengetahui tanda-tanda red flags menjadi kunci untuk menghindari patah hati atau penyesalan di kemudian hari. Oleh karena itu, ketahui beberapa red flags dalam hubungan yang perlu Anda waspadai, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (15/2/2023),

1. Dia selalu membuat keputusan tanpa mempertimbangkanmu

Meskipun Anda bukan orang yang berinisiatif dalam mengambil keputusan, terkadang dan beberapa hal membutuhkan Anda berdua untuk berperan dalam menemukan kesimpulan yang sempurna.

Jika Anda memperhatikan bahwa pasanganmu memilih, memutuskan, atau membuat keputusan bahkan tanpa memberi tahumu dan melibatkanmu, maka dia hanya berpikir bahwa tidak ada gunanya bertanya kepadamu, karena Anda jelas tidak memiliki informasi yang cukup dan relevan.

Selain itu, dia juga menganggap pendapatmu tidak penting baginya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Anda selalu meminta maaf

Jika Anda melakukan sesuatu yang jahat atau menyakitkan maka tidak apa-apa untuk minta maaf, tapi jika Anda melihat bahwa pasanganmu marah bahkan pada hal-hal terkecil secara teratur, untuk jangka waktu yang lama, berarti dia menjatuhkan harga dirimu.

Selain itu, jika Anda tidak melihat kesalahan itu sebagai masalah dan kemudian Anda juga selalu minta maaf untuk semuanya, maka pasanganmu tidak memercayaimu sama sekali. Dia seharusnya tidak membuatmu merasa melakukan sesuatu yang tidak biasa sepanjang waktu.

3. Anda takut menghabiskan waktu dengannya

Orang-orang dalam suatu hubungan tentu selalu menantikan momen untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya.

Tapi jika Anda merasa tidak bisa menghabiskan waktu meski sebentar di ruangan yang sama dengannya, atau berada bersamanya membutuhkan banyak usaha atau Anda harus memiliki kekuatan untuk menghadapi sikapnya dan Anda tidak bisa berbicara terbuka di depannya, maka itu pertanda bahwa hubungan tersebut memberikan pukulan keras pada harga dirimu.

 

3 dari 3 halaman

4. Anda tidak baik pada diri sendiri

Kita semua mengalami masa sulit di mana kita menilai diri kita sendiri dan terkadang kita bahkan tidak memiliki kepercayaan diri sebanyak itu. 

Tapi jika itu semakin konsisten dan itu adalah cerminan yang keluar dari tindakan pasangan terhadapmu, maka itu adalah tanda yang jelas bahwa dia menghancurkan harga dirimu.

Perhatikan bagaimana tepatnya Anda berbicara dengan diri sendiri. Apakah Anda merasa nyaman dengan diri sendiri? Apakah Anda merasa percaya diri saat bersama pasangan? Jika tidak, maka sudah saatnya Anda mencari cara untuk mengatasi hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.