Sukses

Kenali 4 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Tubuh

Anda perlu memperhatikan tanda peringatan kolesterol tinggi yang muncul di berbagai tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Berlawanan dengan kepercayaan umum, kolesterol bukanlah zat yang buruk atau berbahaya. Faktanya, tubuhmu membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat.

Tapi jika tubuhmu memiliki kadar kolesterol low- density lipoprotein (LDL) yang tinggi, juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat', hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Timbunan lemak bisa menumpuk di dalam dan di dinding arteri, yang pada gilirannya bisa menyumbat arteri, membuat darah sulit mengalir.

Terkadang, endapan ini tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan, sehingga meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan tanda peringatan kolesterol tinggi yang muncul di berbagai tubuhmu, seperti melansir dari Times of India, Minggu (5/2/2023).

1. Kebas dan bengkak pada tangan dan kaki

Seperti yang telah dibahas, PAD membatasi aliran darah ke kaki. Inilah sebabnya mengapa seseorang akan mengalami perubahan warna pada tangan dan kaki.

Jika tidak diobati, kakimu bisa mulai pucat atau membiru. Anda juga mengalami sakit yang menyakitkan di kakimu, terutama saat berjalan. Namun, nyeri ini bisa mereda dengan istirahat beberapa menit.

Menurut Mayo Clinic, rasa dingin, mati rasa dan kelemahan di kaki bagian bawah atau kaki, terutama jika dibandingkan dengan sisi lainnya, juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Masalah kulit

Terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah bisa menyebabkan timbunan lemak juga menumpuk di kulit.

Hal ini bisa menyebabkan lesi seperti ruam yang bisa ditandai dengan benjolan bewarna jingga atau kekuningan yang berisi lemak.

Menurut American Academy of Dermatology Association, masalah dan pertumbuhan kulit ini bisa muncul di banyak area, termasuk sudut mata, garis di telapak tangan, atau bagian belakang kaki bagian bawah.

3. Kuku

Penumpukan plak berlebih bisa mempersempit arteri, membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kuku. Akibatnya, kuku bisa mengembangkan garis-garis gelap, yang terkadang disebut sebagai pendarahan serpihan.

Medline Plus menyebutkan sebagai garis tipis, merah hingga cokelat kemerahan di bawah kukumu.

 

3 dari 3 halaman

4. Benjolan kuning di sekitar mata

Xanthelasma, atau xanthelasma palpebrarum (XP) adalah pertumbuhan kuning jinak yang muncull di atau di sudut kelopak mata, di sebelah hidung.

Menurut klinik Cleveland, endapan kolesterol menumpuk di bawah kulitmu untuk membentuk xanthelasma.

Namun, sesuai dengan kesehatan tubuh, kondisi lain termasuk diabetes, hiperlipidemia (kolesterol tinggi) dan masalah tiroid juga bisa menyebabkan xanthelasma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.