Sukses

Studi Ungkap Minum Air Bantu Kamu Hidup Lebih Lama, Ini 5 Cara Mudah Tetap Terhidrasi

Berikut ini 5 cara mudah tetap terhidrasi dan minum air agar berumur panjang

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok, tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Faktanya, sebuah studi pada Januari 2023 yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) dan diterbitkan dalam jurnal The Lancet eBioMedicine menyimpulkan bahwa orang yang tetap terhidrasi mengembangkan lebih sedikit kondisi kronis dan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

Setelah meninjau data dari lebih dari 11.000 orang selama periode 30 tahun, NIH menemukan bahwa mereka yang terhidrasi lebih baik juga menunjukkan lebih sedikit tanda penuaan biologis.

“Hasilnya menunjukkan bahwa hidrasi yang tepat dapat memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup bebas penyakit,” ungkap Natalia Dmitrieva, PhD, seorang penulis studi dan peneliti di Laboratory of Cardiovascular Regenerative Medicine di National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) seperti dihimpun dari Best Life.

Mempertimbangkan manfaatnya yang jelas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan asupan air untuk hidup yang lebih sehat dan lebih lama. Berikut ini lima cara sederhana untuk tetap terhidrasi dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Gunakan botol air dengan garis ukur

Membawa botol air yang dapat digunakan kembali adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air Anda secara keseluruhan, dan satu jenis khususnya dapat membantu Anda lebih dari yang lain.

Botol air dengan garis ukur pelacakan asupan akan sangat membantu. Beberapa di antaranya menampung hingga banyak air dan botol seperti ini memiliki tanda untuk menunjukkan berapa banyak yang Anda minum sejauh ini. Ini membuatnya mudah untuk menjaga laju hidrasi yang stabil sepanjang hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Atur pengingat sepanjang hari

Banyak orang minum terlalu sedikit air sepanjang hari karena satu alasan sederhana: mereka lupa. Menyetel pengingat pada aplikasi atau jam alarm akan membantu Anda membuat rutinitas hidrasi.

Ingin tahu seberapa sering Anda seharusnya minum? "Aturan umum untuk orang sehat adalah minum dua hingga tiga gelas air per jam, atau lebih jika Anda banyak berkeringat," catat Harvard Health Publishing.

3. Kaitkan kebiasaan minum air Anda dengan aspek lain dari rutinitas harian Anda

Jika sistem alarm tampak terlalu kaku, Anda juga dapat mencoba mengaitkan kebiasaan minum air Anda dengan aspek lain dari rutinitas harian Anda, seperti waktu makan, menyikat gigi, menggunakan kamar mandi, dan beristirahat dari pekerjaan. Akhirnya isyarat ini akan melatih Anda untuk menandai hari Anda dengan istirahat hidrasi, memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang disarankan.

 

3 dari 3 halaman

4. Makan lebih banyak makanan yang mengandung air

Setiap hari, kira-kira 20 persen air Anda berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari minuman. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan asupan Anda adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya air, seperti melon, mentimun, stroberi, seledri, dan tomat.

Manfaat utama lainnya untuk mendapatkan air dari makanan? Banyak dari makanan kaya air ini cenderung berbahan dasar nabati dan rendah kalori, menjadikannya camilan sehat yang dapat Anda nikmati kapan saja.

5. Buat perjanjian dengan orang terdekat

Dalam hal perubahan kebiasaan kesehatan, akuntabilitas adalah kuncinya. Dengan membuat perjanjian dengan seorang teman/pasangan/anggota keluarga untuk minum lebih banyak air, menetapkan tujuan bersama, dan memeriksa kemajuan Anda secara teratur, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk tetap berada di jalur.

Mencari cara yang lebih sederhana untuk membagikan kebiasaan hidrasi Anda dengan teman minum air Anda? Banyak aplikasi kesehatan, termasuk aplikasi kesehatan standar Apple pada iPhone memungkinkan Anda berbagi data dengan orang lain yang dipilih. Anda mungkin bisa mencoba cara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.