Sukses

Studi: Air Minum Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Berikut ini lima cara sederhana untuk menambahkan lebih banyak air ke dalam rutinitas harian Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok, tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatanmu. 

Faktanya, sebuah studi pada Januari 2023 yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) dan diterbitkan dalam jurnal The Lancet eBioMedicine, menyimpulkan bahwa orang yang tetap terhidrasi mengembangkan lebih sedikit kondisi kronis dan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. 

Setelah meninjau data dari lebih dari 11.000 orang selama periode 30 tahun, NIH menemukan bahwa mereka yang terhidrasi lebih baik juga menunjukkan lebih sedikit tanda penuaan biologis.

“Hasilnya menunjukkan bahwa hidrasi yang tepat dapat memperlambat penuaan dan memperpanjang hidup bebas penyakit,” kata Natalia Dmitrieva, PhD, seorang penulis studi dan peneliti di Laboratory of Cardiovascular Regenerative Medicine di National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) dilansir dari Best Life

Mempertimbangkan manfaatnya yang jelas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan asupan air minum untuk hidup yang lebih sehat dan lebih lama. Berikut ini lima cara sederhana untuk menambahkan lebih banyak air ke dalam rutinitas harianmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pakai botol air pelacak asupan

Membawa botol air yang dapat digunakan kembali adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air Anda secara keseluruhan, dan satu jenis khususnya dapat membantumu lebih dari yang lain. 

Botol air pelacakan asupan, beberapa di antaranya menampung hingga satu galon air, ditandai untuk menunjukkan berapa banyak yang Anda minum sepanjang hari. Ini membuatnya mudah untuk menjaga laju hidrasi yang stabil sepanjang hari.

2. Tetapkan pengingat sepanjang hari

Banyak orang minum terlalu sedikit air sepanjang hari karena satu alasan sederhana yaitu mereka lupa. Menyetel pengingat pada aplikasi atau jam alarm akan membantu Anda membuat rutinitas hidrasi.

"Aturan umum untuk orang sehat adalah minum dua hingga tiga gelas air per jam, atau lebih jika Anda banyak berkeringat," catat Harvard Health Publishing.

3 dari 4 halaman

3. Kaitkan kebiasaan minum air Anda dengan aspek lain dari rutinitas harianmu

Jika sistem alarm tampak terlalu kaku, Anda juga dapat mencoba mengaitkan kebiasaan minum air Anda dengan aspek lain dari rutinitas harianmu, seperti waktu makan, menyikat gigi, menggunakan kamar mandi, dan beristirahat dari pekerjaan.

Akhirnya isyarat ini akan melatih Anda untuk menandai harimu dengan istirahat hidrasi, memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang disarankan.

4. Makan lebih banyak makanan yang mengandung air

Setiap hari, kira-kira 20 persen air Anda berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari minuman. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan asupan Anda adalah dengan memperkenalkan lebih banyak makanan padat air, seperti melon, mentimun, stroberi, seledri, dan tomat.

Manfaat utama lainnya untuk mendapatkan air dari makanan? Banyak dari makanan kaya air ini cenderung berbahan dasar nabati dan rendah kalori, menjadikannya camilan sadar kesehatan yang dapat Anda nikmati kapan saja.

4 dari 4 halaman

5. Buat perjanjian dengan pasangan

Dalam hal perubahan kebiasaan kesehatan, akuntabilitas adalah kuncinya. Dengan membuat perjanjian dengan seorang teman untuk minum lebih banyak air, menetapkan tujuan bersama, dan memeriksa kemajuan Anda secara teratur, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk tetap berada di jalur itu.

Mencari cara yang lebih sederhana untuk membagikan kebiasaan hidrasimu dengan teman minum air Anda? Banyak aplikasi kesehatan di smartphone yang memungkinkan Anda berbagi data dengan orang lain yang Anda pilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.