Sukses

Agar Resolusi 2023 Tercapai, Ikuti 5 Tips Dasar Mengatur Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mengawali tahun baru dengan membuat resolusi. Menurut situs Dictionary Cambridge, resolusi tahun baru adalah janji atau harapan yang ditulis oleh diri sendiri di awal tahun untuk melakukan hal yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk selama 1 tahun.

Tahun baru menginspirasi kita untuk punya tujuan atau cita-cita. Lantas di tahun baru 2023 ini apa resolusimu? Apakah lebih menghemat? Atau rajin menabung?

Kalau resolusi di tahun 2023 adalah tabungan yang menggendut, simak 5 tips berikut biar resolusi tahun baru bisa sukses tercapai.

1. Buat Anggaran Keuangan

Buat daftar semua pengeluaran rutin harian dengan perhitungan tepat dan realistis, di mana penghasilan sebanding dengan pengeluaran. Dengan cara ini, kamu mampu mengontrol pengeluaran sesuai dengan anggaran yang sudah ditulis. Anggaran ini juga berguna untuk melihat berapa banyak pengeluaran tiap bulannya.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Cara mengatur keuangan pribadi akan terasa lebih mudah jika kamu sudah mengetahui apa saja yang benar-benar harus dipenuhi. Penting untuk memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam mengelola keuangan. Selain itu kurangi gaya hidup konsumtif agar kamu bisa mencapai tujuan utama. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Siapkan Tabungan

Jika saat ini kamu mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Maka dari itu lebih baik menyisihkan uang dari penghasilan untuk ditabung. Sehingga kamu tidak merasa kesulitan apabila di masa mendatang ada kebutuhan yang tidak terencana. 

Berapapun penghasilannya, pastikan untuk mengalokasikan uang ke dalam tabungan. Namun, cara yang satu ini membutuhkan kedisiplinan tinggi. Karena kamu harus konsisten untuk menyisihkan penghasilan kamu tiap bulannya. 

4. Hindari Berhutang

Utang adalah salah satu kendala dalam mengelola keuangan. Sebab, jika berhutang maka kamu harus membayar tagihan setiap bulannya. Hindari juga memiliki terlalu banyak kartu kredit. 

Mempunyai kartu kredit memang bukan masalah, tetapi jika tidak bisa menggunakan dengan bijak, tagihan kredit bisa membengkak. Maka dari itu, dengan menyelesaikan masalah hutang ini bisa jadi langkah awal pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

5. Evaluasi Secara Berkala

Jika sudah melakukan empat cara sebelumnya., jangan lupa untuk mengevaluasi secara berkala. Lihat bagian mana yang bisa diperbaiki dan cari solusinya. Semua itu dilakukan demi mencapai tujuan agar tidak boros dalam resolusi tahun baru kamu.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS