Sukses

Alasan Mengapa Pria Bad Boy Justru Dianggap Menarik Oleh Banyak Wanita

Jadi, mengapa banyak wanita masih menganggap bad boy begitu menarik?

Liputan6.com, Jakarta Bad boy tentu memiliki citra yang tak baik. Tapi meski begitu banyak wanita yang menganggap bahwa pria bad boy itu memiliki karisma dan menarik. Jadi, meski dengan semua tanda bahwa patah hati sudah di depan mata, mengapa kita masih menganggap bad boy begitu menarik?

Mungkin tidak benar secara politis untuk mengakuinya, tetapi pria macho yang bersikap dingin ini bisa sangat menarik, dengan kesombongan mereka yang menggoda. Ahli biologi evolusi menyebut "bad boy" sebagai hipermaskulin, jelas Michael R. Cunningham, Ph.D., profesor dan psikolog di University of Louisville, dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (14/1/2023). 

"Pria-pria ini mengeluarkan testosteron, yang mengarah pada keberanian dan dikaitkan dengan seksualitas yang berlebihan," katanya. Mereka mungkin juga senang memberontak atau tidak cukup dewasa secara emosional, kata Madeleine A. Fugère, Ph.D., profesor psikologi di Eastern Connecticut State University dan penulis Social Psychology of Attraction and Romantic Relationships.

Sains, khususnya biologi evolusioner, sebagian menjelaskan mengapa bad boy bisa begitu memikat. Fugère mengatakan penelitian menunjukkan wanita lebih tertarik pada pria maskulin selama pertengahan siklus menstruasi mereka, saat mereka paling subur.

 “Pria dengan sifat yang sangat maskulin mungkin memiliki kualitas gen yang lebih baik, sehingga bisa menarik bagi wanita pada tingkat evolusi yang tidak disadari,” catatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan wanita tertarik dengan bad boy

Konon, ketika ditanya apa yang mereka cari dari pasangan ideal, wanita cenderung mengutip sifat pria yang baik, seperti kejujuran, dapat dipercaya, dan rasa hormat. 

“Faktanya, mereka biasanya mengatakan akan secara aktif menghindari pasangan yang kasar, tidak sopan, atau agresif secara fisik,” tambahnya.

“Wanita memiliki berbagai sifat, seperti pemberontakan,” jelas Robyn McKay, Ph.D., psikolog dan rekan penulis Smart Girls in the 21st Century. “Ciri-ciri ini biasanya ditekan selama masa kanak-kanak, karena perempuan disosialisasikan untuk patuh dan menyenangkan. Jika kehidupan batin seorang gadis tidak terekspresikan, dia mungkin tertarik pada seorang laki-laki nakal sebagai cara untuk mengekspresikan pemberontakan batinnya.

3 dari 4 halaman

Wanita yang tidak mandiri suka pria bad boy

“Pada dasarnya, kita tertarik pada kualitas orang lain yang kita sendiri ingin miliki,” kata sosiolog dan seksolog klinis Sarah Melancon, Ph.D. 

Seorang 'gadis baik' mungkin mengagumi rasa kebebasan bad boy itu. Terlepas dari kenyataan bahwa kualitas ini membuatnya menjadi pasangan yang tidak cocok untuk jangka panjang, itu bisa membuatnya begitu menarik, tampaknya sebanding dengan potensi rasa sakit yang terkait. Dr. Cunningham menambahkan, "Jika wanita tidak merasa kuat dan mandiri, mereka mungkin menginginkan seseorang seperti itu dalam hidup mereka."

4 dari 4 halaman

Merasa dilindungi

Wanita yang merasa terkepung oleh ancaman juga sering jatuh cinta pada pria tangguh, dengan pengabaian terhadap norma sosial dan kemauan untuk dengan cepat meningkatkan rasa frustrasi menjadi permusuhan, ancaman, dan agresi, kata psikolog Forrest Talley, Ph.D. 

"Mereka ingin memiliki seseorang dalam hidup mereka yang cukup tangguh untuk menghadapi dunia dan memukul balik bila diperlukan," katanya.

“Kemungkinan beberapa wanita merasa lebih terlindungi oleh pria tangguh dan kemudahannya dalam menyerang,” kata Marni Feuerman, Psy.D., psikoterapis berlisensi dan penulis Ghosted and Breadcrumbed: Stop Falling for Unavailable Men and Get Smart about Healthy Relationships

Tentu saja, tidak ada yang bertindak sebagai penyangga jika agresi itu berbalik dan menghampiri Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.