Sukses

4 Penyebab Bau Mulut Tak Sedap dan Cara Menghilangkannya dalam Sekejab

Ada berbagai alasan mengapa bau mulut muncul, dan terkadang ini bisa menjadi indikasi sesuatu yang jauh lebih serius.

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut atau haliotosis merupakan salah satu kondisi yang paling tidak nyaman dan memalukan bagi seseorang.

Bau mulut mempengaruhi satu dari empat individu di seluruh dunia. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulutmu dan menjaga mulutmu terhidrasi karena bisa menyebabkan situasi yang tidak nyaman dan kecemasan.

Ada berbagai alasan mengapa bau mulut muncul, dan terkadang ini bisa menjadi indikasi sesuatu yang jauh lebih serius.

Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut dengan efektif, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (12/1/2023).

1. Makan terlalu banyak bumbu dan makanan berbau

Bukan rahasia lagi bahwa makanan berbau, seperti bawang putih dan cabai, bisa meninggalkan bau tak sedap di mulut kita.

Itu karena makanan berbau terserap ke dalam aliran darah kita, dan sampai meninggalkan bau di tubuh bahkan bisa memengaruhi pernapasan kita.

Itu sebabnya meskipun Anda menyikat gigi setelah makan makanan berbau, bau dan rasanya masih tertinggal di mulutmu.

2. Tidak menyikat dan membersihkan gigi setiap hari

Dua aktivitas ini sangat penting dalam rutinitas harian kita. Partikel-partikel kecil makanan akan menumpuk dan mulai terurai di mulut kita, yang akan menimbulkan bau tak sedap.

Juga, jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, plak bisa terbentuk, yang bisa menyebabkan peradangan pada gusimu. Masalah ini disebut periodontitis, dan bisa menyebabkan bau mulut jika tidak diobati

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Masalah kesehatan, seperti mulut kering dan kondisi lainnya

Mulut kering atau yang dikenal Xerostomia adalah kondisi saat mulut seseorang tidak menghasilkan cukup air liur.

Akibatnya, mulut tidak bisa menyapu semua partikel makanan yang tertinggal di dalam, sehingga mereka terjebak di sana dan mulai membusuk.

Tapi, ini bukan satu-satunya penyebab mulut kering karena berbagai obat, pernapasan melalui mulut, dan gangguan kelenjar ludah juga bisa menimbulkan masalah.

4. Diet ketat

Diet ketat tidak sehat dan berbahaya dalam semua aspek, termasuk bisa menyebabkan halitosis.

Alasan yang bisa terjadi adalah karena diet ini menghasilkan energi pada tingkat yang berbeda, karena rendah karbohidrat.

Tubuh kita mulai menggunakan semua protein untuk menghasilkan energi, sesuatu yang menghasilkan banyak keton, yang bisa menimbulkan bau yang sangat mengganggu.

 

3 dari 3 halaman

Cara menghilangkan bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan. Menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan adalah langkah nomor satu. Yang terbaik adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan membersihkan gigi setidaknya sekali sehari.

Namun, Anda bisa meningkatkan aktivitas ini jika Anda merasa mulutmu membutuhkannya. Tapi perlu diingat, jangan menyikat gigi terlalu keras karena akan melemahkan gigimu.

Juga, Anda perlu mengganti sikat gigi setiap 2-3 bulan dan menyikat lidahmu juga.

Selain itu, Anda bisa menggunakan obat kumur dua kali sehari. Anda harus memilih obat kumur antibakteri atau antiseptik fluoride yang membunuh semua bakteri yang bertanggung jawab atas halitosis dan penyakit gusi.

Jika Anda memakai gigi palsu atau kawat gigi, Anda harus melepas gigi palsumu pada malam hari atau pastikan untuk membersihkan kawat gigimu secara menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.