Sukses

7 Manfaat Kesehatan Duduk di Lantai Saat Makan Seperti Orang Jepang

Berikut ini deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika makan sambil duduk di lantai.

Liputan6.com, Jakarta - Duduk santai di meja makan mungkin sangat nyaman, namun belum tentu itu yang terbaik untuk kesehatanmu.

Sehari-hari, Anda mungkin telah menghabiskan banyak waktu duduk di tempat kerja dan Anda kembali ke rumah sambil duduk di mobil atau di angkutan umum hanya untuk kembali duduk lagi untuk makan malam. 

Tetapi sebagian besar keluarga di Jepang makan sambil duduk di lantai, dan kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan kursi, bahkan di restoran bintang 5 di Jepang.

Sebagian besar dari Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa orang-orang di Jepang makan sambil duduk di lantai, dan itu bukan hanya karena rumah orang Jepang biasanya berukuran sangat kecil.

Faktanya, kebiasaan ini memiliki begitu banyak manfaat kesehatan yang mungkin ingin Anda coba. Dilansir dari Brightside, Senin (12/1/2023), berikut ini deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika duduk di lantai saat makan.

1. Membantu pencernaan

Saat Anda duduk di lantai dengan menyilangkan kaki dan makan, Anda sama seperti melakukan yoga pada saat yang bersamaan.

Posisi bersila ini disebut ‘easy pose’ atau sukhasana, dan diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke perut, membantu Anda mencerna makanan dengan mudah dan mendapatkan vitamin dan nutrisi paling banyak. 

Ketika Anda membungkuk ke depan untuk mengambil makanan dari piring Anda dan kemudian kembali ke posisi awal untuk menelannya, Anda memperkuat otot-otot di perutmu, yang pada gilirannya dapat mencegah kembung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membantu menurunkan berat badan

Duduk di lantai sambil makan membantu saraf vagus berfungsi lebih baik. Saat sistem pencernaan Anda melepaskan hormon yang disebut leptin, ia mengirimkan sinyal ke saraf vagus bahwa Anda sudah kenyang dan fungsi saraf ini yang tepat dapat mencegah Anda makan berlebihan. 

3. Membuat Anda lebih fleksibel

Duduk di kursi terlalu lama dapat menyebabkan punggung Anda sakit dan akhirnya meregangkan cakram di tulang belakang, duduk di lantai meregangkan lutut dan pinggulmu.

Karena posisi ini membantu Anda untuk duduk lebih tinggi dengan setiap gigitan yang Anda lakukan, ini mencegah Anda membungkuk dan membuat punggung dan bahu Anda lebih kuat.

3 dari 4 halaman

4. Membantu Anda hidup lebih lama

Jika Anda dapat dengan mudah bangkit dari posisi bersila tanpa dukungan apa pun, kemungkinan besar Anda akan hidup lebih lama.

Ternyata, duduk di lantai sambil makan dan bangun beberapa kali sehari adalah salah satu cara paling sederhana untuk menambah tahun ekstra dalam hidupmu.

5. Menjaga kesehatan sendi Anda 

Saat Anda duduk di kursi dalam waktu lama, itu membuat pinggul Anda kaku. Namun, duduk di lantai memungkinkan Anda meregangkan pinggul dan pergelangan kaki, membuat persendian Anda lebih fleksibel.

Beberapa postur duduk, seperti berlutut dan jongkok, membuat otot Anda bekerja bahkan saat Anda sedang istirahat, karena mendorong Anda untuk melibatkan otot yang tidak aktif saat Anda duduk di kursi.

4 dari 4 halaman

6. Memperbaiki postur tubuh Anda

Ketika kursi tidak menopang punggungmu, itu mendorong Anda untuk melibatkan otot inti Anda, yang pada gilirannya menguntungkan postur tubuhmu. Namun, pastikan untuk menghindari membungkuk, karena dapat menyebabkan sakit punggung. 

7. Menenangkan pikiran Anda

Melakukan yoga sambil makan juga menenangkan pikiranmu. Ketika pikiran Anda damai, Anda dapat lebih menikmati makanan dan makan hanya sampai Anda kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.