Sukses

RIP Pele, Sang Legenda Sepak Bola Brasil Pemboyong 3 Trofi Piala Dunia

Pele meninggal dunia di usia 82 pada Jumat dini hari waktu setempat, 30 Desember 2022, akibat kanker

Liputan6.com, Jakarta - Duka menyelimuti para penggila sepak bola. Lantaran sang legenda Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022.

Berita duka mengenai kepergiaan Pele diunggah di akun Twitter resmi pribadinya, @pele. 

"Sebuah inspirasi dan cinta kasih mewarnai hari Rei Pelé, yang berlangsung pada hari ini. Amor, amor e amor, para sempre... Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dunia dengan damai hari ini. Cinta, cinta dan cinta, selamanya..."

Pele yang dikenal sebagai 'The King Brasil' telah mencatatkan sejarah dalam rekor mencetak gol dan penghargaan yang luar biasa dalam kariernya. 

Melansir GOALInternasional pada Jumat, 30 Desember 2022, Pele merupakan pemain sepak bola paling bersejarah karena mengantarkan Brasil ke Piala dan berhasil membawa 3 trofi Piala Dunia. 

Pele bermain di empat Piala Dunia dan berhasil menang pada 1958, 1962 dan 1970.

Striker ini 'meledak' saat Piala Dunia 1958 di Swedia, memainkan peran penting ketika Selecao meraih gelar juara dunia pertama mereka.

Brasil kembali memenangkan Piala Dunia pada 1962 di Cile, tapi pengaruh Pele di turnamen itu sayangnya terbatas karena cedera yang dideritanya di awal kampanye.

Mereka tidak dapat mempertahankan gelar mereka di Piala Dunia 1966 karena tuan rumah Inggris menyegel kejayaan, tapi merebut kembali trofi Piala Dunia pada 1970 bersama Pele. Selain itu, Pele saat itu memenangkan Golden Ball. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetakan Angka Pele Selama Kariernya

Jumlah pasti gol yang dicetak Pele dalam kariernya masih menjadi perdebatan dan angkanya bervariasi, tapi dia dilaporkan telah mencetak lebih dari 1.000 gol.

Menurut situs resmi FIFA, Pele mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan, tapi harus dicatat bahwa angka ini termasuk data dari sejumlah besar pertandingan tidak resmi, seperti tur persahabatan dengan Santos dan New York Cosmos.

Sementara itu, Guinness World Records menyatakan bahwa Pele mencetak 1.289 gol dalam 1.363 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Sebagian Besar Cetakan Bola

Sebagian besar gol Pele dicetak untuk Santos, saat dia menghabiskan sebagian besar kariernya. Dia mencetak 643 gol untuk Santos dalam 656 penampilan kompetitif. Dia mencetak 64 gol dalam 107 pertandingan untuk New York Cosmos.

Rec Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF) melaporkan bahwa penghitungan gol resmi Pele --- berdasarkan pertandingan kompetitif saja adalah 767 gol dalam 831 pertandingan, meskipun penghitungan keseluruhan mereka (termasuk pertandingan tidak resmi) juga berbeda dari yang lain, menempatkan pemain Brasil itu pada 1.284 serangan dalam 1.375 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Cetakan Pele Untuk Skor Brasil

Pele mencetak 77 gol untuk Brasil dalam 92 penampilan. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil, bersama superstar modern Neymar, yang menyamai jumlah golnya di Piala Dunia 2022.

Dia mencetak gol pertamanya untuk negaranya pada tahun 1957 dalam kekalahan 2-1 melawan Argentina di Rio de Janeiro dan terus mencetak gol secara teratur sepanjang akhir 1950-an, 1960-an dan hingga 1970-an.

Dari 77 gol Pele, 12 di antaranya dicetak di Piala Dunia, dengan jumlah gol terbesarnya untuk satu turnamen adalah enam gol dalam kampanye 1958 yang sukses.

Gol terakhirnya untuk Brasil tercipta dalam pertandingan persahabatan tahun 1971 melawan Austria di Sao Paulo, yang berakhir 1-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.