Sukses

Wahai Pasangan Muda, Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Beli Mobil Pertama ya!

Sebagai salah satu penunjang kegiatan sehari-hari, mobil sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu penunjang kegiatan sehari-hari, mobil sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian keluarga. Berbagai kegiatan sehari-hari bisa dimudahkan dengan adanya mobil, seperti membeli kebutuhan makan, mengantar anak ke sekolah, serta berangkat kerja.

Nah, jika kalian belum memiliki mobil dan ingin membelinya untuk pertama kali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kalian harus mempertimbangkan jenis mobil yang dibutuhkan, budget yang dimiliki, sampai seberapa mudah menemukan suku cadang untuk kebutuhan service. 

Hal-hal tersebut harus kalian pikirkan secara matang jika ingin membeli mobil pertama kali. Selain yang sudah disinggung di atas, ada beberapa hal lainnya yang harus kalian perhatikan sebelum membeli mobil pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sesuaikan dengan Budget

Nah! Hal yang pertama ini penting banget. Namanya keluarga baru yang akan memulai bahtera rumah tangga, pastinya akan ada banyak kebutuhan lainnya selain memiliki mobil.

Hal-hal seperti uang sekolah untuk anak, membeli perabotan rumah tangga, sampai buat bayar cicilan mobilnya. Jadi sebaiknya kalian perhitungkan dulu, berapa banyak budget untuk membeli mobil agar tidak mengganggu biaya kebutuhan lainnya.

2. Memilih Jenis Mobil

Setelah menemukan berapa budget maksimalnya, kalian bisa menentukan jenis mobil seperti apa yang dibutuhkan. Karena jenis mobil itu beragam, bagusnya dipahami dulu kelebihan dan kekurangannya. 

Biasanya, mobil untuk kebutuhan keluarga yang tinggal di wilayah perkotaan itu jenisnya adalah MPV dan LCGC. Selain karena lebih irit bahan bakar, kapasitas ruangnya juga lebih besar dengan tenaga yang sesuai untuk berkendara di kota.

Kedua jenis mobil ini memiliki kapasitas penumpang yang lebih dari tujuh orang, dengan adanya bagasi luas di bagian belakang. Kursi penumpangnya juga bisa dilipat, jadinya bisa membuat ruang lebih untuk membawa barang saat bertamasya dengan keluarga.

Harga mobil MPV dan LCGC juga biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis SUV. Karena memang jenis mobil yang ketiga ini memiliki ruang yang sama besarnya tapi dengan tenaga yang lebih kuat.

3 dari 3 halaman

3. Cermati Biaya Perawatan

Ketika sudah menentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya buat perhitungan untuk biaya perawatannya. Hal ini perlu diperhatikan karena akan berpengaruh dengan kondisi jangka panjang mobil. 

Terutama bagi kalian yang membeli mobil dalam keadaan bekas, menanyakan kira-kira part apa saja yang harus diganti, berapa biaya servisnya, sampai mencari tahu jenis oli apa yang paling sesuai dengan mesin mobil. 

Untuk yang membeli mobil baru mungkin lebih beruntung, karena memang part-part suku cadangnya juga tentu masih dalam kondisi terbaru. Jadi paling bisa mencari tahu harus seberapa sering melakukan servis demi menjaga kualitas mesin mobil. 

4. Pastikan Bengkel Resmi Mudah Ditemui

Sudah tahu bagaimana cara merawatnya, selanjutnya kalian juga harus memastikan bahwa bengkel resmi mobil tersebut mudah untuk ditemui. Hal ini akan sangat mempermudah apabila kendaraan kita mengalami kerusakan. 

Kemudian juga usahakan untuk membeli mobil dengan spare parts yang mudah didapatkan, biasanya kendaraan dari jepang lebih lengkap suku cadangnya ketimbang mobil eropa.

Pastikan juga mobil kita ditangani langsung dengan teknisi yang sudah berpengalaman, Ya! Supaya tetap aman dan kualitasnya terjaga. 

5. Sistem keamanan

Terakhir kalian harus memperhatikan sistem keamanan kendaraan roda empat tersebut. Memperhatikan safety belt di setiap kursinya, airbag, dan masih banyak lagi. 

Apalagi untuk kalian yang sudah memiliki buah hati, sistem keamanan automatic lock pada mobil biasanya berbahaya loh buat mereka. 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini