Sukses

Daftar 8 Kopi Terbaik di Dunia, Mana Saja yang Pernah Kamu Minum?

Deretan negara dengan minuman kopi terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Minuman kopi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak digemari oleh semua kalangan di masyarakat. Minuman ini terbuat dari biji kopi yang disangrai dan dihaluskan, lalu bubuknya diseduh setelah itu disajikan ke dalam gelas. 

Kopi saat ini mudah ditemukan di beberapa tempat, seperti warung, coffeeshop, bahkan saking praktisnya minuman ini dapat kalian buat sendiri di rumah.

Bagi pencinta kopi, minuman ini sering kali dikonsumsi pada pagi hari untuk menunjang aktivitasnya.

Melansir WEBmd, Senin (26/12/2022), kopi juga memiliki banyak manfaat terutama dari kandungan kafeinnya. Beberapa manfaat tersebut yakni kewaspadaan mental, meredakan sakit kepala, migrain, kinerja atletik, memori, dan obesitas.

Kafein juga digunakan untuk asma, penyakit kandung empedu, ADHD (Hiperaktif), tekanan darah rendah, depresi, dan banyak kondisi lainnya. 

Dikenal dengan segudang manfaat, kopi juga mempunyai banyak varian tergantung dari bijinya. Berikut ini merupakan minuman kopi terbaik di dunia:

1. Kopi Andes Kolombia

Kolombia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia dan produsen kopi ringan terbesar.

Bahkan, 100 persen biji kopi varietas Arabika yang dihasilkan dari Kolombia, keasliannya sangat dijaga dan dilindungi.

Mengutip dari Civitatis, Senin (26/12/2022), wilayah Andes menghasilkan karakteristik biji kopi yang unik, terutama dalam memiliki aroma asam yang menonjol. Menjadikan salah satu kopi terbaik di dunia. 

2. Kopi Asam Ethiopia

Beberapa kopi terbaik di dunia ditanam di Ethiopia, dengan 200 hingga 250 ton biji dipetik setiap tahun. Sepertiga dari semua produksi terkonsentrasi di wilayah selatan Yirgacheffe dan Gedeo, di mana kopi dikenal dengan sentuhan asamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kopi Luwak Indonesia

Kopi khas Indoneseia yang dikenal dengan kopi luwak telah menjadi komoditas panas di dunia kopi.

Musang adalah mamalia Indonesia yang memakan buah merah dari pohon kopi, yang dikeluarkannya tidak tercerna dan dimodifikasi secara genetik oleh enzim di perutnya.

Sisa-sisa kotoran yang dikeluarkan dicuci, dipanggang dan dijadikan biji kopi terbaik di dunia. Kopi luwak diekspor ke Amerika Serikat dan London. Jika Anda ingin mencicipi rasanya yang khas, dapat membeli dengan 100 gram bubuknya seharga Rp. 80.000

4. Kopi Yaman Dari Mocha

Kota Mocha di Yaman adalah titik referensi untuk ekspor kopi antara abad ke-15 dan ke-17. Ciri khas yang membuat produk ini begitu dicari adalah rasa cokelatnya yang kuat dan rasa fruity (buah).

 

3 dari 4 halaman

5. Mexican café de olla

Ada banyak teori tentang bagaimana kopi tiba di Meksiko; beberapa mengatakan itu diperkenalkan pada abad ke-18 oleh pedagang Prancis dari Martinik, sementara yang lain mengklaim bahwa Comte Oñate Spanyol yang membawa tanaman kopi ke negara itu.

Terlepas dari asalnya, negara-negara Meksiko seperti Puebla, Oaxaca dan Guerrero telah menjadi  pengekspor ribuan kilo beans Arabika setiap tahun.

Namun, di Chiapas, tepatnya di dataran Soconusco, di mana kopi meksiko ini memiliki varietas asal yang sangat dijaga keasliannya. Jika Anda mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencoba café de olla, disiapkan dalam pot dengan kayu manis dan piloncillo.

6. Kopi Blue Mountain Jamaika 

Di Blue Mountains Jamaika, pohon kopi tumbuh di ketinggian yang berkisar antara 900 dan 1.600 meter di atas permukaan laut. Kopi ini ditanam bersama dengan pupuk organik, kelembaban, suhu tanah dan tong kayu yang mengangkutnya, telah mengubah produk ini menjadi salah satu kopi paling enak di dunia. 

Rasa minuman ini menonjol karena keasamannya yang rendah, rasa fruity, dan rasa cokelat yang halus. 

4 dari 4 halaman

7. Cafezinho Tradisional Brasil

Biji kopi yang kuat dan aroma yang kuat adalah ciri-ciri yang paling menggambarkan kopi Brasil. 

Biji kopi Arabika dan robusta tiba di negara Amerika Latin ini pada abad ke-18 dan kondisi iklimlah yang menentukan. Jika Anda mengunjungi Brasil, jangan ragu untuk memesan cafezinho tradisional, minuman kopi beraroma kuat yang disiapkan di tempat.

8. Italian Espresso

Beberapa kopi terlezat di dunia dapat ditemukan di Italia, negara mediterania ini telah menjadi satu negara dengan meningkatkan teknik persiapan kopi terbaik. Sehingga, Italia menjadi tolak ukur industri kopi. 

Faktanya, Italia lah yang menciptakan pembuatan kopi moka dan espresso. 

Orang Italia memiliki ritual kopi mereka sendiri, seperti minum cappuccino dan latte macchiatos hanya di pagi hari atau minum espresso hanya di bar.

Salah satu tempat yang menunjukkan betapa legendaris kopi di negara ini adalah Caffè Florian, sebuah kedai kopi di Venesia yang telah buka sejak 1720

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.