Sukses

Kapan dan Bagaimana Cara Beri Tahu Anak Anda Bahwa Mereka Diadopsi?

Jika Anda adalah orang tua angkat, Anda mungkin khawatir tentang kapan dan bagaimana memberi tahu anak Anda bahwa mereka diadopsi.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda adalah orang tua angkat, Anda mungkin khawatir tentang kapan dan bagaimana memberi tahu anak Anda bahwa mereka diadopsi. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka akan bereaksi, jenis pertanyaan apa yang akan mereka miliki, apakah mereka ingin menemukan orang tua kandung mereka, dan bagaimana pengungkapan akan mempengaruhi hubungan mereka dengan Anda.

Mencoba mencari cara terbaik untuk melakukan percakapan ini bisa membuat stres. Jika Anda berada dalam kesulitan ini, Anda tidak sendirian.

Dilansir Very Well Mind, Jumat (23/12/2022), Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis dan profesor di Universitas Yeshiva, memberikan beberapa strategi yang dapat membantu Anda memutuskan kapan dan bagaimana cara memberi tahu anak Anda bahwa mereka adalah anak adopsi. Bagaimana caranya?

1. Beritahu Mereka Pada Usia Dini

Tidak ada usia yang ditetapkan untuk melakukan percakapan ini. Namun, waktunya harus memperhitungkan kapan mereka dapat memahami makna konsep anak adopsi sambil menyeimbangkan penyampaian informasi ini cukup awal. Dengan begitu, si anak tidak mengetahui secara tidak sengaja atau menerima pesan negatif tentang adopsi.

"Anda harus memberi tahu anak Anda bahwa mereka diadopsi pada usia dini sehingga mereka tidak mengetahuinya dari orang lain, seperti teman atau anggota keluarga. Menyembunyikan fakta bahwa mereka anak adopsi atau berbohong kepada mereka tentang hal itu dapat membuat mereka merasa itu rahasia atau sesuatu yang membuat mereka merasa malu," kata Sabrina.

Sebuah studi tahun 2016 merekomendasikan untuk memberi tahu anak-anak bahwa mereka diadopsi sebelum usia 3 tahun. Studi ini melibatkan 254 peserta dewasa dan menemukan bahwa memberi tahu anak adopsi setelah usia 3 tahun akan membuat mereka merasa dikhianati, marah, depresi, dan cemas.

Meskipun anak-anak mungkin tidak sepenuhnya memahami konsep adopsi pada awalnya, memberi tahu mereka sejak dini membuka pintu komunikasi saat mereka bertambah besar. Ini juga membantu orang tua angkat merasa lebih nyaman dengan topik ini.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jelaskan dengan Bahasa yang Sesuai Usia

Sampaikan kabar bahwa anak Anda adalah anak angkat dalam istilah yang akan dimengerti  sang anak. Caranya adalah dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan usianya. Seiring bertambahnya usia anak, Anda mungkin akan memberikan lebih banyak detail, tetapi pada awalnya ketika Anda memberi tahu anak Anda yang masih kecil bahwa mereka diadopsi, Anda harus menjaga percakapan tetap sederhana.

Berikan informasi yang jelas dan lugas tentang latar belakang mereka dan dari mana mereka berasal. Jika ada aspek-aspek yang menyakitkan dari kisah adopsi, Anda dapat memilih untuk membaginya dengan anak Anda ketika mereka lebih tua dan dapat memahami konsep adopsi dengan lebih baik.

Anda bisa kreatif dan menemukan cara untuk membantu anak Anda memahami konsep adopsi melalui cerita atau representasi fisik dari proses tersebut. Anda bisa membeli buku atau menggunakan boneka atau mainan untuk menjelaskannya kepada mereka.

3. Membuat Buku Kehidupan

Banyak orang yang membuat scrapbook, yang disebut "Lifebook". Buku ini bisa mencakup foto-foto sederhana tempat kelahiran anak, foto awal mereka saat masih bayi, dan bagaimana mereka sampai ke rumah. Buku ini bisa membuat anak memahami konsep tersebut sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Jika Anda suka, Anda bisa memilih untuk melakukan sesuatu yang serupa.

4. Pertahankan Nada Positif

Bersikaplah positif dan normalkan proses adopsi, ketika menjelaskan kepada anak Anda bagaimana mereka bisa tinggal bersama Anda dan mengapa mereka tidak bisa tinggal bersama orang tua biologis mereka. Gunakan bahasa yang positif selama percakapan ini. 

Penting untuk mengelola kesulitan Anda saat diskusi ini dan cobalah untuk tidak menunjukkannya kepada anak Anda karena dapat mengirim pesan bahwa mereka tidak dapat mengeksplorasi aspek identitas mereka. Sekaligus menghindari mereka berpikir bahwa adopsi adalah hal yang buruk atau bahwa mendiskusikannya merupakan ancaman bagi hubungan Anda. 

 

3 dari 4 halaman

5. Bersiaplah untuk Menjawab Pertanyaan Mereka

Pertimbangkan kemungkinan pertanyaan yang mungkin dimiliki anak Anda tentang adopsi mereka dan siapkan jawaban sebelumnya. Misalnya, mereka mungkin bertanya-tanya siapa orang tua kandung mereka, di mana mereka berada, dan mengapa mereka memilih adopsi.

Keingintahuan anak Anda kemungkinan tidak akan terkotak-kotak ke dalam percakapan tunggal ini, jadi pastikan untuk menerima dan terbuka untuk percakapan lebih lanjut.

6. Validasi Reaksi Mereka

Anak-anak cenderung memiliki beragam reaksi terhadap percakapan ini. Reaksi biasanya berkisar dari perasaan marah, kesal, sedih, dan bingung, hingga mengajukan banyak pertanyaan tentang proses adopsi dan orang tua kandung mereka.

Sabrina mengatakan, "Biarkan anak Anda mengalami emosi-emosi ini dan mengatasinya. Penting untuk menawarkan validasi emosional selama proses ini, karena emosi ini sangat alami."

Karena percakapan ini kemungkinan besar tidak terduga, banyak anak yang sering kali tenang dalam percakapan awal tetapi mengalami reaksi tertunda setelah mereka sepenuhnya memproses informasi tersebut. Anda tidak hanya harus siap menghadapi hal ini, tetapi Anda juga harus mendorong anak untuk datang kepada Anda di masa depan untuk mengecek dan membawa pemikiran lain yang mereka miliki tentang hal itu kepada Anda.

Seiring pertumbuhan anak, reaksi mereka terhadap adopsi kemungkinan akan beradaptasi juga. Pastikan untuk menjaga komunikasi terbuka tentang hal ini untuk menanggapi kebutuhan anak Anda yang terus berkembang dan memberikan informasi yang lebih tepat seiring bertambahnya usia mereka.

Misalnya, remaja lebih cenderung mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik tentang orang tua kandung mereka, dan mungkin ingin bertemu atau mencari mereka. Hal ini sepenuhnya normal dan harus divalidasi dan diterima, kecuali jika Anda yakin kontak ini dapat membahayakan keselamatan anak. 

 

4 dari 4 halaman

7. Yakinkan Anak Bahwa Anda Tetap Mencintainya.

Yakinkan anak Anda bahwa Anda mencintai mereka dan bahwa ini adalah rumah mereka. Jelaskan kepada mereka bahwa rumah mereka saat ini bersama Anda tidak akan pernah diambil dari mereka. Pastikan mereka memahami bahwa situasi ini tidak dapat dibalik, dan mereka tidak akan dibuang sebagai hukuman jika mereka berperilaku buruk.

"Penting untuk menjelaskan kepada anak Anda bahwa hanya karena mereka tidak bersama orang tua kandung mereka, bukan berarti mereka kurang dicintai daripada anak-anak lain," kata Sabrina.

Jelaskan betapa istimewanya mereka bagi Anda dan kegembiraan Anda karena mereka tinggal bersama Anda. Jangan fokus pada hal-hal negatif.

8. Bantu Mereka Membangun Identitas Mereka

Anak-anak adopsi biasanya membentuk dua identitas, satu dengan keluarga angkat mereka dan satu lagi sebagai anak yang diadopsi.

Dukung anak Anda dengan menciptakan ruang yang aman bagi mereka untuk memahami pengalaman ini, menemukan makna di dalamnya, dan memproses perubahan dalam lingkungan mereka, terutama jika ada perubahan signifikan dalam budaya atau lokasi.

"Bantu anak Anda dengan secara positif memengaruhi perasaan mereka tentang identitas mereka sebagai anak adopsi," kata Sabrina.

Sangat membantu bagi Anda untuk mempelajari sebanyak mungkin informasi tentang latar belakang dan budaya anak Anda. Juga berikan dukungan dalam mendorong mereka untuk merangkul bagian dari mereka dan aspek-aspek identitas mereka ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.