Sukses

Jangan Anggap Remeh! Simak 6 Manfaat Kesehatan dari Jalan Kaki

Enam manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh yang wajib kamu ketahui!

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara mengenai olahraga, mungkin yang ada di benak kebanyakan orang meliputi berenang, gym, yoga, dan lain sebagainya.

Nyatanya, ada kebiasaan yang sering kita lakukan, bisa disebut dengan salah satu olahraga termudah, yakni berjalan kaki.

Berjalan selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kesehatan lebih dari yang kamu duga.

Melansir dari Realsimple, Jumat (23/12/2022), jalan kaki bukan hanya semata-mata bentuk latihan kardiovaskular yang fantastis dan berdampak rendah.

Tetapi, jalan kaki juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional kamu secara signifikan dan membantu setiap sasaran kesehatan mulai dari stres hingga tidur.

"Tidak banyak orang mengenali jalan kaki sebagai olahraga yang sebenarnya. Mungkin terlalu mudah, terlalu umum, terlalu menyenangkan, atau terlalu santai untuk dianggap sebagai bentuk olahraga yang serius," kata seorang dokter spesialis nutrisi Michael Lam.

Pada kenyataannya, hal terbaik tentang aktivitas yang menyenangkan ini adalah salah satu olahraga termudah yang dapat kamu lakukan secara konsisten.

Namun, tantangannya adalah menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari rutinitas harian.

"Banyak pelatih kesehatan, dokter, dan pelatih kebugaran yang akan memberi tahu Anda bahwa bentuk latihan terbaik adalah yang benar-benar Anda pertahankan," tambahnya.

Beberapa trik sederhananya dengan mengubah perilaku yang biasa kita lakukan, misalnya menggunakan tangga alih-alih lift atau parkir lebih jauh dari gedung kantor agar ada waktu buat jalan kaki.

Semakin kita melakukan sesuatu secara teratur, semakin besar kemungkinan kita untuk mempertahankannya. Intinya, pengulangan adalah kunci dalam hal pengembangan perilaku sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Manfaat Berjalan Kaki secara Konsisten

1. Meningkatkan kesehatan jantung

National Heart Foundation of Australia menunjukkan bahwa berjalan kaki sekitar 30 menit atau lebih setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi risiko stroke hingga 35 persen.

Jalan kaki setiap hari dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, metabolisme, tekanan darah, dan kolesterol darah, yang semuanya membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Bahkan, jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk 30 menit per hari, bukti menunjukkan bahwa berjalan kaki sedikit pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

2. Menurunkan stres dan meningatkan mood

Bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga adalah cara yang telah diteliti dengan baik dan terbukti untuk mengurangi stres. Faktanya, berjalan kaki dapat melepaskan endorfin, yakni zat kimia yang membuat tubuh merasa nyaman yang meningkatkan rasa senang seperti tawa dan cinta.

"Endorfin berinteraksi dengan reseptor di otak dan menghasilkan perasaan sejahtera, peningkatan harga diri, peningkatan toleransi rasa sakit, bahkan rasa euforia yang sering disebut sebagai 'runner's high'," jelas Dr. Lam.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa berjalan kaki singkat selama 10 menit pun dapat meningkatkan suasana hati peserta. "Menjadi aktif berjalan dapat memengaruhi cara otak kita memproses neurotransmiter, seperti dopamin," jelas Allison Grupski, seorang psikolog klinis.  

3 dari 4 halaman

Manfaat Selanjutnya

3. Mengurangi Depresi

"Depresi memengaruhi jutaan orang secara global dan merupakan penyebab utama kecacatan di seluruh dunia," kata Brian Shinkle, direktur medis di Pivot Onsite Innovations dan Pivot Occupational Health.

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik, termasuk jalan kaki, dapat mengurangi depresi. Sebuah penelitian terhadap 121 wanita pascamenopause, menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki tiga kali seminggu selama 40 menit setiap kali mengalami penurunan depresi yang signifikan.

Studi kedua menemukan bahwa bahkan berjalan dengan langkah cepat selama 2,5 jam per minggu dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak berolahraga.

4. Memperkuat persendian Anda

Berjalan dapat memainkan peran besar dalam mengurangi perkembangan osteoartritis, suatu bentuk artritis yang memengaruhi persendian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi rasa sakit dan memperlambat perkembangan penyakit. Para peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan untuk berolahraga mengalami penurunan 40 persen dalam perkembangan nyeri lutut baru yang sering terjadi jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak berjalan.

"Olahraga (seperti berjalan) memiliki banyak manfaat kesehatan dan harus selalu menjadi pendekatan pencegahan dan pengobatan lini pertama untuk penyakit sendi," ungkap Shinkle.

4 dari 4 halaman

Manfaat Selanjutnya

5. Mengontrol Gula Darah Anda

Sebuah penelitian lebih dari 300.000 peserta membuat penemuan penting di mana mereka yang berjalan secara teratur memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Ini karena jalan kaki dapat membantu mengontrol atau menurunkan gula darah.

Berjalan dengan langkah cepat dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2, 41 persen lebih rendah. Tak hanya itu, sebuah penelitian lainnya terhadap 201 orang dengan diabetes tipe 2, sebaliknya, menemukan bahwa setiap tambahan 2.600 langkah berjalan setiap hari dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah 0,2 persen lebih rendah.

6. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Para peneliti percaya bahwa olahraga dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, berpotensi menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih yang membantu tubuh kamu melawan penyakit.

Kenaikan suhu tubuh sementara juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri sambil memperlambat pelepasan hormon stres (yang dapat meningkatkan kemungkinan kamuterkena penyakit).

Selain itu, berjalan kaki dapat menghilangkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara serta mengurangi kemungkinan kamu terkena virus flu dan pilek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.