Sukses

Kenali Manfaat Pound Fit dan Persiapan Sebelum Memulai Olahraga Ini

Popularitas olahraga pound fit terus meningkat dan digemari oleh semua kalangan.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas olahraga pound fit terus meningkat dan digemari oleh semua kalangan. Tak mengherankan memang, pasalnya gerakan yang dilakukan seperti bermain drum membuatnya sangat menyenangkan, sekaligus menyehatkan.

Pound fit sendiri adalah jenis olahraga kardio yang menggunakan alat yang menyerupai stik drum bernama ripstix. Dalam pound fit, ada beberapa gerakan yang sangat baik untuk pembentukan otot. Jadi olahraga ini semacam kardio menyenangkan plus dapat membentuk otot

“Pound fit adalah olahraga high intensity interval training (HIIT). Jadi dia (pound fit) lebih fun kardio, tapi ada pembentukan otot juga. Yang membedakan adalah pound fit memakai tools namanya ripstix yang mirip stik drum,” ujar Sistya Windasari, Fitness Trainer & Entrepreneur dalam Live Instagram bersama Dream.co.id beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pound Fit Bagi Tubuh

Ada banyak manfaat pound fit bagi tubuh yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk coba olahraga ini. Yuk disimak.

Latihan Tubuh

Pound fit adalah olahraga yang melibatkan tubuh secara keseluruhan. Gerakan-gerakan dalam pound fit cocok untuk kamu yang berolahraga secara maksimal hanya dengan 1 jenis olahraga saja.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga dengan intensitas tinggi dapat mempercepat metabolisme tubuh. Pound fit adalah olahraga yang termasuk pada olahraga intensitas tinggi. Massa otot yang terbentuk karena gerakan pound fit memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi ketimbang tubuh yang berlemak.

Meningkatkan Mood

Tak hanya meningkatkan metabolisme tubuh, pound fit juga dapat menjaga kesehatan mental. Melalui gerakan yang penuh semangat, pound fit mengeluarkan emosi jiwa dalam tubuh sehingga membantu melawan stres dan depresi.

“Karena menggunakan stik mirip drum dan ada gerakan seperti memukul, pound fit ini bagus juga ya untuk mengeluarkan emosi jiwa ya,” tambah Sistya.

Meningkatkan Semangat

Perpaduan antara gerakan dan musik pada olahraga ini dapat membangkitkan semangat kamu untuk lebih rajin berolahraga. Pound fit akan jauh lebih menyenangkan jika dilakukan bersama sekelompok orang.

3 dari 3 halaman

Sebelum Olahraga Pound Fit

Kondisi Tubuh 

Jika kamu ingin mencoba pound fit, pastikan tubuh sedang dalam kondisi yang fit atau sehat. Karena gerakan olahraga ini dapat menguras tenaga.

Selain itu, 1 jam sebelum pound fit sebaiknya isi perutmu dengan makanan yang tidak banyak atau bukan makanan berat. Pilih makanan yang mudah dicerna dan bisa menambah energi, contohnya pisang.

Lakukan Pemanasan 

Sama seperti olahraga lainnya, lakukan peregangan otot secara statis maupun dinamis. Tujuannya agar otot tubuh tidak kaget saat melakukan pound fit.

Pakaian 

Pilihlah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat digunakan. Kamu bisa menggunakan baju yang fit body atau longgar. Sebagai saran, sebaiknya gunakan sport bra dan hindari baju yang terlalu ketat agar kamu lebih nyaman dalam bergerak.

“Pakai pakaian yang kamu suka, yang nyaman, yang bikin kamu happy. Yang paling penting ya pakai sport bra agar lebih kencang dan tidak mengganggu saat bergerak,” jelas Sistya.

Perhatikan Riwayat Penyakit

Walaupun olahraga pound fit bisa dilakukan oleh seluruh usia. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga. Jika kamu mempunyai masalah seperti penyakit jantung atau cedera pada bagian bawah tubuh, sebaiknya kondisikan lagi tubuhmu sebelum memulai.

Lakukan gerakan semampu tubuh dan jangan terlalu dipaksakan agar tidak membahayakan diri sendiri.

“Karena ini adalah gerakan kardio, kita harus perhatikan kesehatan jantung kita, seperti misal punya penyakit jantung. Dan ini juga banyak gerakan lower body exercise, misal cedera atau riwayat operasi di kaki sebaiknya dikondisikan lagi dan disesuaikan saja gerakannya,” papar Sistya.

Itu dia penjelasan mengenai olahraga pound fit. Setelah ini, kamu tertarik untuk coba?

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini