Sukses

5 Cara Ini Buat Kamu Bisa Jadi Orang yang Lebih Sabar, Yuk Coba!

Sabar merupakan salah satu sifat yang mungkin sulit dilakukan dan tidak semua orang bisa memiliki kesabaran.

Liputan6.com, Jakarta - Sabar merupakan salah satu sifat yang mungkin sulit dilakukan dan tidak semua orang bisa memiliki kesabaran.

Melansir Britannica, Jumat (23/12/2022), sabar memiliki beberapa makna, yaitu kemampuan untuk menunggu lama tanpa menjadi kesal atau kesal maupun kemampuan untuk tetap tenang dan tidak menjadi jengkel ketika berhadapan dengan masalah atau dengan orang yang sulit.

Serta kemampuan untuk memberikan perhatian pada sesuatu untuk waktu yang lama tanpa menjadi bosan atau kehilangan minat.

Pada dasarnya akan mudah mengatakan atau menyuruh orang lain untuk sabar. Namun tidak semudah apa yang diperintahkan.

Menjadi pribadi yang sabar tidaklah mudah, perlu jam terbang yang tinggi. Artinya, harus selalu berlatih sabar dan tenang saat menghadapi sesuatu.

Namun tidak menutup kemungkinan juga, orang sabar bisa marah. Pasalnya kesabaran seseorang ada batasnya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, tidak ada kata terlambat untuk belajar menjadi sabar. Salah satu cara terbaik untuk belajar di lebih sabar adalah dengan meningkatkan kemampuan atau keterampilan mendengarkan kamu.

Kemudian, berlatihlah menerima keadaan saat ini juga merupakan salah satu cara untuk melatih kesabaran kamu. Pasalnya, berada di posisi yang tidak diinginkan memanglah sangat membosankan dan menjengkelkan.

Selain itu, saat kamu sudah mulai merasakan tidak sabar, maka harus mencoba untuk mencegah diri kamu masuk ke dalam situasi yang memberatkan bagi kamu.

Yuk simak 5 cara belajar sabar berikut melansir Good Wall dan Cleveland Clinic, Jumat (23/12/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pahami Makna Kesabaran

Kesabaran merupakan hal yang baik, bahkan sudah sering diajarkan oleh orang tua sejak masa kanak-kanak.

Memang pada dasarnya, kesabaran adalah kemampuan untuk menunggu sesuatu hal tanpa adanya kekesalan atau emosi. 

Melansir Good Wall, menurut penelitian psikolog Sarah Schnitker kesabaran ada tigas jenis yang berbeda, yaitu:

1. Kesabaran antar pribadi 

Kesabaran interpersonal mengacu pada kemampuan seseorang untuk bersabar dengan orang lain. Jenis kesabaran ini sangat penting dalam hubungan di tempat kerja, saat berinteraksi dengan anak kecil, dan seterusnya. 

2. Sabar dalam kesulitan Hidup

Kesabaran kesulitan hidup adalah jenis kesabaran jangka panjang yang seseorang butuhkan ketika dirinya menghadapi kemunduran yang signifikan dalam hidup. 

3. Sabar dalam kerepotan sehari-hari

Sedangkan kesabaran kerumitan sehari-hari adalah kemampuan untuk tetap tenang melalui tantangan kecil dalam hidup. 

 

3 dari 5 halaman

2. Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu cara terbaik untuk belajar di lebih sabar adalah dengan meningkatkan kemampuan atau keterampilan mendengarkan kamu.

Biasanya kamu akan jenuh atau bosan saat mendengarkan seseorang berbicara terus menerus. Sedangkan kamu juga ingin gantian berbicara atau ingin didengarkan juga.

Namun, tidah mudah juga untuk kamu memotong suatu pembicaraan. Hal tersebut dapat membuat orang lain merasa dirinya tidak dihargai. 

Sebaliknya, kamu dapat berlatih untuk benar-benar mendengarkan orang lain. Serta cobalah untuk memahami apa yang mereka katakan.

Jika tiba waktunya untuk menanggapi, berikan tanggapan yang menunjukkan bahwa kamu telah mendengarkan orang lain dengan baik.

4 dari 5 halaman

Berlatih Menerima Keadaan dan Bersikap Ceria

3. Berlatih Menerima Keadaan

Berlatihlah menerima keadaan saat ini merupakan salah satu cara untuk melatih kesabaran kamu. Pasalnya, berada di posisi yang tidak diinginkan memanglah sangat membosankan dan menjengkelkan.

Tetapi itu bukan berarti kamu tidak boleh mencoba mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik. Belajarlah untuk ikhlas menjalani kehidupan kamu saat ini.

4. Bersikaplah Ceria

Berlatihlah bertingkah seperti anak kecil kadang-kadang memang diperlukan, seperti bernyanyi di sekitar rumah, berperilaku konyol, dan lain-lain.

Cara tersebut bisa dilakukan supaya hidup kamu tidak terus-terusan serius, namun harus diimbangi dengan keceriaan. Sehingga nantinya kesabaran akan mengalir dengans sendirinya.

5 dari 5 halaman

5. Cari Tahu Penyebab Ketidaksabaran

Saat kamu sudah mulai merasakan tidak sabar, maka harus mencoba untuk mencegah diri kamu masuk ke dalam situasi yang memberatkan bagi kamu.

Sebaiknya kamu mencari tahu apa penyebab kamu menjadi orang yang tidak sabar. Mulailah dengan memikirkan saat-saat ketidaksabaranmu muncul. 

Kemudian, tulis contoh-contoh ini dan lihat apakah kamu dapat menemukan permasalahannya.

Jika sudah menemukan permasalahan yang membuat tidak sabar, langkah selanjutnya kamu harus mencari solusinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.