Sukses

Banyak Masyarakat Sulit Kontrol Uang, Bank Jago Gelar Edukasi Keuangan Syariah

Jago Syariah dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin mendapatkan produk dan layanan perbankan syariah digital dengan berbagai fitur secanggih perbankan konvensional.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Jago Tbk belum lama ini menggelar kegiatan edukasi keuangan guna meningkatkan literasi keuangan di Indonesia belum lama ini.

Acara dengan tema 'Resolusi 2023: Lebih Berkah Atur Uang Secara Syariah' yang berlangsung di Bandung juga untuk mendukung segmen syariah melalui solusi keuangan digital yang berfokus pada kehidupan (life-centric).

Mengenai acara ini, Head of Shariah Business Bank Jago, Roy Iskandar, mengatakan, Bank Jago mencermati perilaku masyarakat yang masih menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Mulai dari disiplin, kontrol diri dalam mengatur keuangan, sampai memisahkan dana sesuai masing-masing kebutuhan.

Sementara itu, Financial Planner sekaligus Pendiri Finante, Rista Zwestika menjelaskan bahwa gaya hidup yang dinamis membuat seseorang rentan terjebak tantangan keuangan.

"Maka langkah awal menentukan resolusi keuangan adalah membuat tujuan keuangan secara SMART (specific, measurable, achievable, realistic, dan timely)," katanya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Rabu, 21 Desember 2022.

Lebih lanjut dijelaskan Rista bahwa pengelolaan keuangan bisa dilakukan sedini mungkin dan tidak perlu menunggu kondisi keuangan lebih baik terlebih dahulu, seperti melakukan budgeting hingga mengalokasikan dana sesuai kebutuhan masing-masing.

"Untuk mengatur dan memisahkan keuangan sesuai masing-masing kebutuhan, sistem amplop sudah lama dikenal masyarakat di Indonesia," ujarnya.

Berkat perkembangan teknologi, lanjut dia, aplikasi perbankan digital bisa membantu seseorang dalam memisahkan uang sesuai pos-posnya.

"Baik itu untuk menabung, bayar utang, arisan, amal, dan donasi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Berbasis Teknologi

Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago mengembangkan Aplikasi Jago yang dirancang untuk dapat disesuaikan (customized) dan dipersonalisasi (personalized) dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Aplikasi Jago tersedia dalam platform konvensional maupun syariah dan dapat digunakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari ritel (consumer), mass market,sampai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sama halnya dengan Jago konvensional, Bank Jago merancang fitur-fitur Jago Syariah dengan menempatkan aspek hidup sebagai prioritas utama dan keuangan sebagai prioritas selanjutnya.

"Agar segmen syariah dapat merasakan inovasi dan fitur secanggih Jago konvensional, tapi dengan prinsip syariah, Bank Jago mengenalkan Jago Syariah," ujar Roy.

 

3 dari 4 halaman

Andalan Jago Syariah

Salah satu fitur andalan di Jago Syariah adalah Kantong (Pockets). Fitur Kantong dirancang untuk menjadi alat pendukung mengatur dan memisahkan keuangan sesuai masing-masing kebutuhan.

Nasabah dapat membuat hingga 40 kantong, yang memiliki nomor rekening berbeda, untuk berbagai kebutuhan. Seperti kantong untuk pengeluaran, tabungan, ibadah haji/umroh, kantong zakat, kantong usaha, dana darurat. 

Nasabah juga bisa memantau arus keluar masuk dana di masing-masing kantong langsung melalui aplikasi.

"Sebagai bank yang memanfaatkan teknologi terkini, Jago Syariah dirancang agar nasabah dapat mengatur keuangan lebih praktis. Jago Syariah juga telah terhubung dengan ekosistem digital di Indonesia seperti Gojek dan GoPay serta aplikasi investasi digital, seperti Bibit," kata Roy.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Lainnya

Tak hanya itu, Jago Syariah juga memiliki fitur Kantong Bersama (Shared Pocket) yangmemungkinkan nasabah mengelola dana pada kantong tersebut bersama dengan keluarga,kerabat, dan bahkan teman.

Nasabah bisa memberikan akses tertentu kepada orang yang diajak, baik untuk mengetahui isi rekening, memantau transaksi keuangan, hingga melakukan transfer.

"Kami berharap Jago Syariah dapat menjawab dahaga masyarakat yang merindukan sebuahaplikasi perbankan digital berbasis syariah. Bank Jago tentu akan menambahkan fitur dan memperluas kolaborasi dengan ekosistem guna memudahkan masyarakat mengelolakeuangan dan bertransaksi," pungkas Roy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.