Sukses

Ini 6 Tips Tumbuhkan Rambut Secara Alami

Beberapa tips ini bisa membantu kamu untuk pertumbuhan rambut secara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika siklus pertumbuhan rambut melambat hingga menyebabkan kerontokan rambut, penting bagi kita untuk memfokuskan kembali hal ini dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah kerontokan tersebut.

Ada berbagai alasan rambut rontok, seperti ketidakseimbangan hormon, genetik, kondisi jamur pada kulit kepala, stres, penyakit autoimun, dan kekurangan nutrisi. 

Dilansir Healthline, pada Rabu (21/12/2022), kebotakan pria atau wanita disebut juga androgenic alopecia, biasanya paling sering terjadi pada pria di atas 50 tahun dan wanita yang sudah mengalami menopause. 

Kemungkinannya sangat kecil bagi wanita untuk benar-benar botak, tetapi penipisan rambut atau mengalami kerontokan biasa terjadi. Biasanya wanita mengalami kerontokan di usia 20-an hingga 40-an lebih. 

Lalu bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut? Memang benar bahwa mengobati kerontokan atau penipisan rambut bisa mejadi tantangan, karena tidak semua perawatan bisa cocok di kulit kepala Anda. 

Jika Anda mengalami jenis kebotakan tertentu atau kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, Anda mungkin tidak dapat menumbuhkan kembali rambut Anda. 

Namun, ada beberapa perawatan alami yang efektif untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok, salah satunya dengan pijat kulit kepala secara teratur. Hal tersebut bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang mendorong folikel rambut.

Melakukan rutinitas pijat kulit kepala selama 15 menit setiap hari akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut Anda. Tak hanya itu, juga dapat membantu Anda menghilangkan stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Lainnya

1. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati rambut rontok. Ini juga dapat menenangkan kulit kepala dan kondisi rambut. Tak hanya itu, lidah buaya dapat mengurangi ketombe dan membuka penutupan folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut Anda beberapa kali dalam seminggu. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

2. Jus Bawang

Memang terlihat aneh ketika mendengar jus bawang, namun ada manfaatnya juga untuk mengatasi rambut rontok. Pasalnya, jus bawang berhasil mengobati patchy alopecia areata atau kondisi autoimun di mana tubuh menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan.

Untuk menggunakan jus bawang, Anda bisa campurkan beberapa macam bawang dan peras airnya. Kemudian oleskan jus tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bilas dengan sampo dan kondisioner.

3 dari 4 halaman

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang disebut asam laurat, di mana ia menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut.

Salah satu studi tahun 2021 juga menunjukkan bahwa kelapa yang dioleskan ke kulit kepala dapat membantu memperkaya mikrobioma kulit kepala dan membuat kulit kepala dan folikel rambut lebih sehat.

Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah Anda mencuci rambut, tergantung jenis rambut Anda. Jika rambut Anda cenderung lepek atau berminyak, Anda bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau selama beebrapa jam sebelum Anda keramas.

4. Minyak Rosemary

Rosemary adalah minyak esensial umum yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Pasalnya, minyak rosemary telah ditemukan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, bahkan dapat digunakan untuk mengobati alopesia androgenetik.

Perlu diperhatikan, hindari penggunaan minyak esensial langsung pada kulit kepala. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner setiap hari selama Anda keramas.

4 dari 4 halaman

5. Ginseng

Sudah banyak produk perawatan rambut yang mengandung ginseng, mulai dari masker rambut, serum rambut, hingga hair mist. Ada kandungan dari ginseng itu sendiri yang bernama ginsenosides yakni komponen aktif ginseng yang dianggap dapat bertanggung jawab atas efek positif ginseng pada rambut.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ginseng untuk hasil yang lebih memuaskan. Tetapi harus diingat, semua yang Anda konsumsi kemungkinan besar memiliki efek samping. 

6. Lemon

Anda dapat menggunakan lemon atau minyak lemon untuk meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut Anda. Faktanya, minyak lemon dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Anda bisa mengoleskan sari-sari lemon yang sudah diperas ke kulit kepala dan rambut Anda 15 menit sebelum Anda keramas. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dengan minyak lainnya sebagai bagian dari masker rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.