Sukses

Selain Penambah Aroma Makanan, Simak 8 Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan

Apa saja manfaat daun jeruk untuk kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta - Daun jeruk bukan hanya bumbu dapur sekaligus pengharum aroma makanan. Selain itu, daun jeruk juga bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan Anda.

Manfaat daun jeruk untuk kesehatan lantaran di dalamnya terkandung vitamin C dan flavonoid sehingga menjadikannya ramuan obat yang baik.

Mereka juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan masih digunakan sampai sekarang untuk mengobati segala macam penyakit.

Daun jeruk sering digunakan untuk mengobati radang sendi, depresi, dan masalah jantung hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara lengkap, berikut adalah 8 manfaat kesehatan dari daun jeruk seperti melansir Health Guide pada Selasa (20/12). 

1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi dan antioksidan lainnya, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentengi tubuh terhadap penyakit.

Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih pelawan infeksi yang melawan infeksi seperti pilek atau flu.

Hal ini membuatnya berguna selama musim dingin ketika kita terpapar lebih banyak virus daripada biasanya melalui polusi udara atau orang lain yang sakit di tempat kerja atau sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dapat Membantu dalam Menjaga Kadar Gula Darah

Daun jeruk mengandung serat pektin yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan mengatur sekresi insulin dari pankreas.

Selain itu, jeruk umumnya memiliki indeks glikemik rendah, yang membuatnya baik untuk mengatur kadar gula darah. 

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Daun jeruk tinggi dan serat dan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum teh daun jeruk sebelum makan membantu menekan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan yang membantu mengontrol berat badan Anda.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun jeruk mengandung flavonoid seperti hesperidin yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Hal ini penting untuk mencegah penyakit jantung karena kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyumbatan dan menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

 

3 dari 4 halaman

5. Membantu Melawan Kanker

Sebuah studi pada 2013 menyelidiki kandungan fenolik dan aktivitas antioksidan dari daun dan kulit berbagai varietas jeruk. Studi ini menemukan bahwa daun jeruk memiliki lebih banyak sifat anti-kanker daripada kulitnya.

Sifat antioksidan daun jeruk dapat membantu melawan kanker. Hal ini karena mereka memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menghentikannya untuk berkembang biak.

Mereka juga membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel sehat yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

6. Memiliki sifat antibakteri

Menurut sebuah studi tahun 2022, ekstrak daun dari jeruk (Citrus sinensis) memiliki sifat antibakteri. Minyak daun jeruk memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi seperti pilek atau flu.

Ini juga berfungsi sebagai pengusir serangga ketika dioleskan langsung pada kulit atau dicampur dengan air untuk menyemprot nyamuk atau serangga lain yang mungkin mengganggu Anda selama perjalanan berkemah atau kegiatan di luar ruangan.

 

4 dari 4 halaman

7. Sifat Anti-Penuaan

Sifat anti-penuaan dalam daun jeruk membantu mengencangkan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda dan sehat. Daun ini juga melindungi dari penuaan dini dengan mencegah keriput, garis-garis halus, bintik-bintik hitam, dan bintik-bintik penuaan muncul di kulit Anda.

8. Aktivitas Anti-Inflamasi

Sifat anti-inflamasi daun jeruk membantu mengurangi peradangan yang disebabkan karena eksim, dermatitis, dan penyakit kulit lainnya. Dalam sebuah studi medis tahun 2017, ditemukan bahwa daun jeruk memiliki sifat anti-inflamasi.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi daun jeruk adalah dengan membuat teh. Rebus daun jeruk dalam air panas, lalu saring daunnya. Teh ini dapat dikonsumsi panas atau dingin, tergantung pada preferensi Anda. Dengan begitu Anda bisa menikmati manfaat kesehatan dari daun jeruk.

Jika Anda alergi terhadap buah jeruk atau menderita maag atau penyakit perut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum teh daun jeruk. Perlu diketahui bahwa sebagian besar manfaat kesehatan dari daun jeruk belum didukung oleh studi klinis. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada daun jeruk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.