Sukses

Tak Cuma Lezat, Ini 7 Manfaat Konsumsi Mayones Bagi Kesehatan

Mayones umumnya diterima dan dicintai oleh orang-orang karena rasanya yang unik, tetapi hanya sedikit yang tahu bahwa mayones memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita berbicara tentang salad, hal pertama yang terlintas dalam pikiran pasti adalah mayones. Mayones adalah salah satu bahan saus makanan yang paling umum.

Mayones ditemukan oleh koki Prancis Duke de Richelieu pada tahun 1756. Mayones adalah saus krim yang terbuat dari kuning telur, minyak, cuka, dan bahan tambahan lainnya. Bahan-bahan ini dicampur bersama menjadi emulsi yang kental dan lembut.

Mayones pertama kali diproduksi secara komersial pada awal 1900-an dan kemudian menjadi umum digunakan di Amerika dan Jepang.

Mayones biasanya digunakan sebagai salad dressing dan dipakai pada burger, sandwich, atau hamburger. Mayones umumnya diterima dan dicintai oleh orang-orang karena rasanya yang unik, tetapi hanya sedikit yang tahu bahwa mayones memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Ada sekitar 680 kalori dalam 100 gram mayones. Mayones mengandung natrium tingkat sedang yang bertanggung jawab untuk kontraksi serta relaksasi otot sekaligus pemeliharaan keseimbangan air dan mineral yang tepat.

Mayones juga mengandung potasium yang mempertahankan tingkat cairan yang tepat di dalam sel dan karbohidrat yang menyediakan energi. Selain itu mayones juga mengandung zat besi yang membantu sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh.

Mayones juga mengandung vitamin D yang membantu perkembangan tulang dan gigi yang kuat, magnesium yang membantu fungsi saraf yang tepat dan juga dikatakan mengandung sejumlah kecil vitamin A, E, dan K.

Secara lengkap berikut adalah nilai gizi, manfaat mayones bagi kesehatan dan efek samping mayones, seperti  dilansir Health Guide, Rabu (12/14/2022). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membantu pertumbuhan rambut

Mayones mengandung asam amino yang disebut L-sistein, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita menopause yang menderita kerontokan rambut mengungkap peran asam amino nutrisi, termasuk L-sistein.

Studi ini menemukan bahwa L-sistein sangat penting dalam membangun keratin, sejenis protein, pada rambut, yang membuatnya kuat dan membantunya tumbuh. Lebih jauh lagi, karena adanya kuning telur yang memiliki tingkat protein tinggi, konsumsi mayones bisa memperkuat dan menebalkan folikel rambut.

Asam amino dan asam lemak yang terdapat dalam mayones menutrisi rambut dari kulit kepala. Mereka membantu dalam memperkuat dan melembabkan helai rambut.

2. Dapat membantu sirkulasi darah yang tepat

Mayones mengandung vitamin E, yang merupakan salah satu vitamin yang membantu sirkulasi darah yang tepat. Mayones mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, dan vitamin K, yang membantu dalam menjaga sirkulasi darah.

3. Baik untuk otak

Kandungan kuning telur yang ada dalam mayones mengandung mineral penting yang dikenal sebagai kolin. Kolin penting untuk pembentukan membran sel, mengatur memori, dan berfungsinya otak.

 

3 dari 4 halaman

4. Dapat meningkatkan penglihatan

Mayones mengandung Vitamin A (beta-karoten) yang meningkatkan penglihatan mata. Mayones juga mengandung seng, lutein, dan zeaxanthin, mengurangi kerusakan akibat paparan blue light atau cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

5. Kaya akan sodium

Mayones juga merupakan sumber sodium yang sangat kaya. Faktanya, 100 gram mayones menyediakan 26 persen dari nilai harian natrium yang dibutuhkan.

Tubuh memerlukan sejumlah kecil natrium untuk mempertahankan impuls saraf, berkontraksi dan mengendurkan otot-otot, dan mengatur keseimbangan air dan mineral yang tepat.

6. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mayones mengandung zinc, vitamin A dan E, yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

7. Menutrisi kulit

Mayones mengandung emolien dan lemak, yang melembabkan kulit. Mayones juga membantu dalam merawat kulit yang terbakar sinar matahari karena dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar. 

 

 

4 dari 4 halaman

Efek Samping Mayones

Meskipun mayones mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, ada juga beberapa kekurangan atau efek samping mayones.

Konsumsi mayones yang berlebihan dapat mengakibatkan kenaikan berat badan atau obesitas. Mayones adalah makanan tinggi lemak, akibatnya, mayones padat kalori, sehingga mudah untuk mendapatkan kalori dan lemak saat mengonsumsi mayones.

Jika Anda menderita sakit maag, disarankan untuk menjauhi mayones. Kandungan lemak dalam mayones dapat menyebabkan peningkatan peradangan pada tukak lambung.

Mayones dapat meningkatkan risiko kanker, osteoporosis yaitu kondisi kesehatan yang melemahkan tulang dan membuatnya rapuh.

Selain itu risiko lain adalah rheumatoid arthritis yaitu penyakit peradangan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menyerang sel-sel sehat dalam tubuh Anda secara tidak sengaja, menyebabkan peradangan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.