Sukses

Selain Buat Diet, Ini 8 Manfaat Seledri untuk Kesehatan Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta - Seledri adalah sayuran bergizi tinggi yang biasa digunakan dalam salad dan sup. Meskipun sayuran ini dikonsumsi secara rutin, banyak wanita khawatir tentang makan seledri selama kehamilan.

Karena seledri penuh dengan antioksidan, enzim, dan berbagai vitamin, seledri baik untuk wanita hamil. Selain itu, sayuran ini juga membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala berbagai penyakit.

Namun, kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan sayuran karena seledri mentah dapat menyebabkan infeksi tertentu. 

Seledri yang tidak dicuci dapat mengandung beberapa parasit dan bakteri berbahaya yang dapat membuat kamu menderita penyakit berbahaya yang ditularkan melalui makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis, selama kehamilan

Seledri biasanya tidak menyebabkan alergi tetapi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan alergi, mungkin memiliki efek fatal. Oleh karena itu, lebih baik untuk berbicara dengan ahli gizi atau dokter sebelum kamu makan sayuran saat hamil. 

Kandungan nutrisi seledri yang tinggi memberi beberapa manfaat kesehatan selama kehamilan. Mengutip Mom Junction, Jumat (9/12/2022), manfaat kesehatan tersebut antara lain:

 

1. Bertindak Sebagai Diuretik

Seledri adalah sumber mineral kalium dan natrium yang sangat baik untuk membantu memiliki keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh selama kehamilan.

Sayuran ini bertindak sebagai diuretik alami, dan membantu kamu kehilangan kelebihan air dan mencegah risiko retensi air dalam tubuh saat hamil. 

 

2. Mengatur Tekanan Darah

Seledri terdiri dari senyawa kimia organik yang populer sebagai phthalides yang membantu mengurangi hormon stres, melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi tekanan darah dengan tepat. Sayuran ini membantu meminimalkan risiko aterosklerosis, stroke, dan masalah jantung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Turunkan Kadar Kolestrol dan Sendi Lebih Sehat

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Phthalides yang ada dalam seledri memicu sekresi empedu yang membantu meminimalkan kadar kolesterol selama kehamilan. Kadar kolesterol rendah memastikan lebih sedikit pengendapan plak di dinding arteri.

Jadi, seledri membantu meningkatkan kesehatan jantung kamu secara substansial. Selain itu, kandungan serat dalam seledri bekerja untuk menghilangkan kolesterol dalam darah dan memastikan pergerakan usus yang lancar.

 

4. Membuat Sendi Lebih Sehat 

Sifat anti-inflamasi seledri membantu meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan di sekitar sendi selama kehamilan.

Karena seledri bertindak sebagai diuretik alami, seledri membantu menghilangkan akumulasi kristal asam urat di sekitar persendian dan mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit pada persendian kamu.

Kandungan kalsium yang tinggi dalam sayuran membantu kamu memiliki tulang yang kuat dan sehat. Selain itu, sayuran ini juga meningkatkan regenerasi jaringan di persendian yang meradang.

3 dari 4 halaman

Menenangkan Saraf hingga Cegah Kanker

5. Menenangkan Saraf

Kandungan kalsium yang tinggi dalam seledri membantu menenangkan saraf selama kehamilan dan meningkatkan kesehatan sistem saraf kamu.

 

6. Kontrol Berat Badan

Minum jus seledri segar sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sesuai selama kehamilan.

Kandungan kalori rendah dan serat tinggi dalam seledri mencegah kamu makan berlebihan dan mengatur kenaikan berat badan secara efektif.

 

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalkan risiko terkena flu selama kehamilan.

Selain itu, antioksidan dalam sayuran meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi kamu dan buah hati yang belum lahir dari beberapa penyakit.

 

8. Mencegah Kanker

Seledri kaya akan phthalides, polyacetylenes, dan flavonoid yang membantu mencegah risiko terkena kanker dan mendetoksifikasi karsinogen.

Selain itu, coumarin dalam sayuran ini membantu meningkatkan efisiensi sel darah putih dan menjauhkan risiko perkembangan kanker saat hamil. Antioksidan dalam seledri menetralisir radikal bebas dan melindungi sel dan organ tubuh dari kerusakan secara efektif.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Atasi Batu Ginjal hingga Peradangan

Manfaat seledri untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang kaya dan baik untuk tubuh. Seledri yang memiliki nama Latin apium graveolens ini tidak hanya kaya nutrisi dan enak dikonsumsi, tetapi juga memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori

Terdapat banyak manfaat seledri untuk kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan fitonutrien dan memainkan peran penting dalam mengelola serta menyembuhkan banyak masalah kesehatan. Seledri juga dapat membantu mengurangi risiko kanker, peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan pencernaan. 

Manfaat seledri untuk kesehatan dapat diperoleh dengan mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Dikenal karena rasanya yang khas dan manfaatnya yang banyak, anda bisa menemukan banyak makanan dengan tambahan seledri didalamnya.

Memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. Tentang manfaat seledri untuk kesehatan tubuh serta cara membeli dan menyimpannya.

1. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

2. Menurunkan Peradangan

3. Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

6. Mencegah Kehilangan Memori

7. Menurunkan Berat Badan

8. Membantu Pengobatan Diabetes

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS