Sukses

Perlu Tahu, Ini 8 Bagian Makanan Kaya Nutrisi yang Kerap Dibuang

Ketika kita memakan sesuatu pasti ada saja yang tersisa dan kita buang begitu saja. Padahal ada sejumlah bagian makanan yang kaya nutrisi tetapi sering kali dibuang, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita memakan sesuatu pasti ada saja yang tersisa dan kita buang begitu saja. Jika Anda termasuk di antara banyak orang yang membuang kulit buah dan batang sayuran, Anda mungkin membuang nutrisi ekstra yang dibutuhkan tubuh Anda.

Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda membuangnya. Banyak bagian dari makanan yang kita pikir tidak dapat dimakan namun ternyata mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

Akan lebih banyak orang akan memakan kulit buah dan kulit sayuran jika mereka tahu bahwa bagian tersebut bisa dimakan dan memiliki manfaat nutrisi.

Jadi, bagian makanan apa saja yang ternyata kaya nutrisi? Melansir Boldsky Senin (5/10/2022), berikut adalah 8 bagian makanan kaya nutrisi yang seringkali Anda buang.

1. Kulit Kentang

Apakah Anda tahu bahwa kulit kentang memiliki lebih banyak manfaat daripada kentang itu sendiri?

Anda harus memasak kentang Anda bersama dengan kulitnya setelah dicuci dengan hati-hati dan merendamnya dalam air hangat sebelum memasaknya bersama dengan kulitnya.

Kulit kentang mengandung kira-kira setengah dari serat dalam kentang, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainya.

2. Daun Wortel

Daun wortel mengandung kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vitamin B, vitamin K, antioksidan, dan nutrisi tinggi lainnya.  Daun ini bermanfaat dalam memerangi kanker usus besar serta membuat tulang Anda lebih kuat. 

Fungsi daun wortel pun tidak jauh berbeda dengan peterseli dan kemangi. Sayuran hijau ini bisa dimakan mentah, ditambah ke dalam salad, atau dimasak dengan aneka bumbu. Anda juga dapat merebusnya dan menumisnya dengan minyak zaitun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Daun dan Batang Brokoli

 

Daun brokoli mengandung karotenoid, yang menyediakan vitamin A dan dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

Anda dapat menggunakan daun dan batang brokoli dalam sup, dan jus, atau dengan menggorengnya.

4. Kulit Bawang Merah

Jika Anda menguliti bawang, simpanlah sisa-sisanya. Ada quercetin dalam jumlah tinggi yang ditemukan dalam kulit bawang merah.

Ada pula zat flavonoid polifenol, jenis fitonutrien yang melawan peradangan, mengurangi tekanan darah, mencegah plak arteri, dan menjaga jantung tetap sehat. Bawang merah mengandung quercetin lebih tinggi daripada bawang bombai.

 

 

 

3 dari 4 halaman

5. Kulit Kiwi

Bagian makanan super sehat lainnya yang sering kali dibuang adalah kulit buah kiwi. Kulit buah kiwi yang berbulu coklat gelap kaya akan serat, nutrisi, dan vitamin C dan juga memiliki sifat anti-kanker.

Telah ditemukan bahwa kulit buah kiwi mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan dagingnya.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan untuk mencuci bersih kulit kiwi. Setelah kulitnya telah bersih, buah kiwi dapat dimakan secara langsung seperti memakan buah apel.

Apabila tidak nyaman mengonsumsi kulit kiwi karena bulu-bulu halusnya, cobalah gosok buah kiwi menggunakan handuk atau sendok setelah dicuci bersih.

6. Kulit Jeruk

Berbeda dengan daging buahnya yang manis dan menyegarkan, kulit jeruk terasa masam dan pahit sehingga tidak umum dikonsumsi.

Ini sebabnya kulit jeruk lebih sering digunakan dalam bentuk parutan untuk menambah rasa dan aroma hidangan.

Kulit jeruk mengandung serat dan antioksida. Selain itu, membuang empulur atau benang putih berserabut yang mengelilingi daging buah jeruk dapat mengakibatkan penurunan kandungan serat sebesar 30 persen.

 

4 dari 4 halaman

7. Kulit Semangka

Zat yang dikenal sebagai sitronella dapat ditemukan di kulit semangka, yang berwarna putih atau hijau.

Asam amino yang terkandung didalamnya dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah dan melebarkan pembuluh darah, yang bermanfaat untuk tekanan darah tinggi dan diabetes.

Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampur bersama daging buah semangka dalam blender untuk membuat smoothie.

8. Biji Semangka

Lain kali, jangan muntahkan biji semangka, karena mereka memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar daripada semangka itu sendiri.

Kulit semangka kaya akan zat besi, seng, tembaga, dan magnesium, dan digunakan untuk mengobati ketidaksuburan, kesehatan jantung, dan kesehatan kulit dan rambut. Anda dapat menambahkan biji semangka ke dalam salad, pasta, dan makanan lainya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.