Sukses

Wajib Dicoba, 5 Tips Memulai Percakapan dengan Gebetan Tanpa Rasa Canggung

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan percakapan dengan sahabat adalah hal termudah yang dapat dilakukan oleh semua orang. Kalian mungkin tak perlu memikirkan banyak hal sebelum berbicara atau mengirim pesan kepadanya.

Bahkan, pesan receh tak bermakna pun sering kali kalian berikan kepada mereka. Contohnya saja mengirimkan sebuah foto abstrak, lelucon dan sebagainya tentu akan mudah dilakukan.

Akan tetapi, lain cerita jika kalian melakukan hal tersebut kepada orang yang disukai atau gebetan. Sering kali seseorang mencari kesempatan dan berharap agar bisa memulai percakapan dengan gebetannya.

Beruntung bagi kalian yang memiliki kontak pribadi, seperti nomor telepon dan akun media sosialnya. Lantaran bisa dengan mudah berinteraksi dengan mereka.

Namun, tentu tak sedikit dari kalian yang merasa bingung bagaimana cara yang tepat untuk memulai percakapan. Kadang kala, seseorang begitu kaku saat mengirimkan sebuah pesan, karena takut gebetan merasa risih.

Pesan berisikan kata “Halo” atau “Hai” nampaknya sudah sangat kuno. Kalian perlu mencari cara baru agar gebetan nyaman berinteraksi dengan diri kalian. Di samping itu, terlalu terbuka saat pertama kali memulai percakapan pun bisa saja dianggap sok asik. Lantas, bagaimana cara yang tepat?

Dilansir dari Elite Daily, Senin (5/12/2022), permulaan percakapan merupakan hal paling krusial bagi seseorang yang ingin memulai interaksi dengan gebetan. Percakapan harus mengundang rasa keingintahuan, tanggapan dan topik seru lainnya.

Hal ini akan sangat bermanfaat, jika kalian bisa mempertahankan keberlanjutan interaksi dan membuat mereka nyaman. Cara terbaik untuk memulai percakapan yang menyenangkan dapat dilakukan dengan cara menjaga agar suasana tetap ringan. Hindari mencari tahu tentang gebetan terlalu jauh saat pertama kali melakukan percakapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Ajukan Pertanyaan Ringan

Membuka percakapan dengan pertanyaan bisa menjadi taktik yang bagus. Akan tetapi, kalian perlu memperhatikan pertanyaan yang akan dilontarkan. Hindari menanyakan suatu hal yang membuat mereka risih. Kalian bisa mengira pertanyaan apa yang nantinya bisa membuat percakapan mengalir lebih bebas.

Jika kalian tergabung ke dalam komunitas akan terasa lebih mudah, karena bisa membahas hal-hal kecil menyakut organisasi tersebut. Tak perlu khawatir, jika kalian tidak pernah ada ikatan sebelumnya, kalian tetap bisa memulai percakapan.

Cobalah untuk mencari tahu hobi atau film kesukaannya, setelah itu barulah kamu bisa membuka percakapan dengan menanyakan perihal tersebut. Siapa sangka, hanya dengan bertanya tentang film kesukaan, bisa saja kalian diajak nonton bareng di kemudian hari.

Selain itu, kalian pun bisa mendiskusikan genre musik siapa tahu memiliki kecocokan yang sama. Dengan begitu, percakapan akan terasa lebih cair tanpa terlihat memaksa.

3 dari 4 halaman

2. Kirimkan Pesan Manis

Jika ini adalah kali pertama kalian mengirimkan pesan kepada gebetan cobalah untuk membahas suatu hal yang membuat mereka tersenyum atau tertawa. Pikirkan kata-kata manis tanpa membuat mereka jijik. Pastikan pesan tersebut tidak berlebihan, karena akan mempengaruhi respons darinya.

Ketika kalian berhasil membuatnya tersenyum dan tersipu malu, mungkin kalian menjadi salah satu penyemangat hari baginya. Dengan begitu, mereka pun merasa nyaman saat berinteraksi denganmu. Kalian pun bisa mengajaknya kencan, namun jangan terlalu tergesa-gesa.

3. Munculkan Minat dan Pengalaman yang Sama

Sebenarnya, cara paling efektif untuk memulai obrolan adalah membahas minat yang sama. Ketika seseorang memiliki pengalaman serupa, maka interaksi akan berjalan dengan baik.

Hal ini dikarenakan, kalian sama-sama melewati fase yang serupa. Tak heran, hubungan pun akan menjadi lebih cair. Kebanyakan orang cenderung menyukai seseorang yang memiliki minat dan hobi yang sama, karena dirasa relatable. Obrolan pun tak akan terasa canggung, malah mengalir begitu saja.

4 dari 4 halaman

4. Balas dan Komentari Unggahan di Media Sosial

Kalian mungkin menantikan unggahan dari gebetan, karena ingin mengetahui kabar terbarunya. Sah-sah saja, namun jangan sampai kamu menguntitnya di media sosial.

Peluang besar bagi kalian ketika gebetan akhirnya mengunggah foto atau video dalam akun media sosialnya. Contoh saja, saat gebetan mengunggah foto pemandangan indah ketika liburan, kalian bisa menggunakan kesempatan ini untuk memulai percakapan.

Balas atau komentari unggahan tersebut, dengan menanyakan dimana lokasi tempat itu berada. Pertanyaan ini merupakan pembahasan ringan, mereka pun tak akan risih dengan hal itu.

5. Cari Tahu Kehidupan Gebetan

Orang mungkin akan terkesan ketika mengetahui dirimu begitu memperhatikan kepribadian dan kehidupannya. Menjadi penyemangat merupakan bentuk perhatian yang bisa kalian tunjukan kepada gebetan. Jika berani, cobalah untuk menunjukan bahwa kalian benar-benar tertarik dengannya.

Kalian bisa menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan kesukaan dan kepribadiannya. Sebelum itu, kalian perlu membatasi pertanyaan yang sekiranya akan membuat risih dan memberikan pertanyaan yang hanya dapat mencairkan suasana.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS