Sukses

4 Arti Kenapa Kucing Menatap Kamu Lama-Lama

Liputan6.com, Jakarta - Hewan memiliki caranya tersendiri untuk berkomunikasi dengan manusia, termasuk kucing. Biasanya, jika ingin berkomunikasi atau mengungkapkan perasaannya, mereka akan mengeluarkan suara hingga menggerakkan bagian tubuh seperti kibasan ekor hingga lewat tatapan matanya.

Pasti banyak di antara kamu yang ketika bangun di pagi hari mendapatkan hewan peliharaan kesayangan berbaring di dada, lalu menatap langsung ke arah mata kamu. Seolah ingin memberitahu bahwa ada dia di samping kamu. 

Pada banyak kasus, kucing kerap menatap kedua mata kita terlalu lama yang bikin kita terintimidasi. Seakan sedang melempar kode terhadap sesuatu yang sedang dia inginkan.

Kita pun jadi bertanya-tanya, sebetulnya apa yang kucing mau ketika menatap kita terlalu lama seperti itu? Apakah mereka lapar meminta makanan atau ingin sesuatu yang lain? 

Melansir laman PetMD, Senin (5/12/22) perlu diketahui bahwa ada banyak alasan kucing suka menatap kita berlama-lama. Namun, untuk mengetahui alasan pastinya, kita harus melihat bahasa tubuh kucing secara keseluruhan, dari ujung mata hingga ekornya.

Sehingga, ketika kamu sedang dalam situasi ditatap kucing, sebaiknya kamu juga perlu memperhatian ekornya.

Apakah ekornya berdiri tegak atau malah menekuk ke bawah. Sebab, hal itu dapat mendukung makna dan arti yang sesungguhnya dari yang ingin kucing sampaikan.

Akan tetapi ada kemungkinan alasan lain yang membuat kucing menatap kita sangat lama, di antaranya:

1. Merasa bahagia

Ketika kucingmu menatap dengan gestur tubuh yang santai dan sekali-kali mengedipkan matanya perlahan, itu bisa jadi tanda yang baik, yakni binatang peliharaan kamu merasa bahagia dan juga salah satu cara mereka menyatakan rasa sayangnya pada kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Marah

Jika yang terjadi sebaliknya seperti kucing menatap tajam dengan duduk atau berdiri kaku, kemudian telinga sedikit turun, pupil mata mengecil, dan ekor yang mengibas cepat ke kanan dan ke kiri, itu merupakan tanda kucing yang sedang marah dan waspada.

Adapun untuk alasan yang membuat kucing marah kemungkinan atau bisa jadi karena privasinya terganggu.

Untuk mengatasi suasana itu, sebaiknya alihkan perhatian kucing agar kemarahannya tak menjadi-jadi. Dengan kamu bisa melemparkan mainan agar kucing mau mengejarnya sehingga kemarahannya teralihkan.

3 dari 4 halaman

3. Ketakutan

Jika kucing menatap tajam sambil ekornya menekuk ke dalam, atau sambil bersembunyi di balik kardus, itu pertanda kucing sedang merasa takut dan terintimidasi oleh kedatangan kita.

Adapun penyebab ketakutan yang dirasakan, bisa jadi karena kita baru saja melakukan gerakan dan teriakan yang menakutinya.

Atau, kucing ketakutan dengan suara-suara dari luar rumah dan dia mengalihkan ketakutannya dengan menatap siapapun yang tengah berdekatan dengan mereka.

4 dari 4 halaman

4. Menginginkan sesuatu

Diketahui bahwa kucing merupakan hewan yang cerdas. Mereka bisa mempelajari trik apapun yang nantinya bisa menarik perhatian pemiliknya atau orang lain di sekelilingnya.

Jika dengan menatap sambil berkedip pelan bisa mendapatkan apa yang mereka mau, mereka akan menggunakan terus trik tersebut ketika menginginkan makanan, camilan, atau teman bermain.

Jadi, jika kucingmu menatapmu lama sambil mengedipkan matanya pelan-pelan, bisa jadi kucing sedang menuntut makanan kesukaannya.

Meski mungkin dengan menatap secara tajam adalah hal yang kurang sopan dalam hidup manusia. Tapi bagi kehidupan kucing, ini adalah jalan paling mudah untuk berkomunikasi sesama makhluk hidup.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS