Sukses

Alasan Kenapa Zenly Ditutup dan Cara Simpan Data Kamu Biar Tak Hilang

Aplikasi Zenly diumumkan akan ditutup dalam kurun waktu tiga bulan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi Zenly diumumkan akan ditutup dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Zenly sendiri merupakan salah satu aplikasi yang bertujuan untuk mengetahui lokasi orang terdekat kita, seperti teman, keluarga, bahkan kekasih.

Namun baru-baru ini aplikasi tersebut mengumumkan akan menutup layanannya awal tahun 2023 mendatang. Akun resmi Zenly dalam laman Twitternya menulis kapan waktu aplikasi tersebut ditutup.

"3 Februari, akan menjadi hari terakhir saya bersama kamu 💔" tulis akun @zenly, dikutip dari laman Twitter, Senin (05/12/2022).

Zenly menyertakan permohonan maafnya dengan menuliskan, "Dengan jeniusnya, kamu bergabung dengan Zenly untuk mengikuti perkembangan orang-orang terdekatmu, untuk memiliki catatan semua tempat dan kenangan favoritmu. Sudah lebih dari 3000 hari sejak awal berdirinya Zenly dan hanya tersisa 60 hari lagi sebelum akhirnya berakhir. Tapi rasa cintaku padamu akan terus tumbuh semakin kuat," tulis Zenly.

Tak lupa, mereka mengucapkan terima kasih kepada para penggunanya.

"Terima kasih untuk semuanya. Zenly akan selalu mencintaimu."

Warganet bersimpati dengan ditutupnya aplikasi ini, karena aplikasi ini memiliki berbagai cerita semasa digunakan.

"Walaupun kamu nanti hilang, aku akan tetap sayang kamu juga❤️" tulis akun @nikenmutiahanom

"Ini benar-benar memilukan. Zenly adalah alat yang hebat untuk tetap berhubungan dengan teman, bersama dengan orang-orang di komunitas. Zenly menambahkan cara baru untuk tetap terhubung yang belum pernah dilakukan oleh aplikasi lain sampai saat ini," tulis akun @LiminKitty

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Zenly Ditutup

Dikutip dari laman Zenly Community, Zenly menjelaskan bahwa saat ini sangat sulit dalam mempertahankan operasi Zenly, maka dari itu Zenly ditutup.

"Sayangnya, iklim ekonomi saat ini membuat zenly sulit untuk mempertahankan operasinya. Kami senang kamu bisa menikmati Zenly, untuk emoji-spam temanmu saat beraktivitas, untuk mengirim pesan di saat yang tepat, untuk bergabung dengan teman-temanmu saat mereka sedang berkumpul... tapi sudah saatnya kami mengucapkan selamat tinggal 😢 Zenly akan selalu menyayangimu," tulis Zenly di laman website komunitasnya.

Usut punya usut, berdasarkan situs Life360, perusahaan induk Zenly Snap memutuskan untuk menutup perusahaann Zenly, dan menutup aplikasi tersebut. Langkah ini merupakan kejutan besar bagi banyak orang karena aplikasi ini adalah salah satu aplikasi sosial yang paling banyak digunakan di negara-negara Eropa dan Asia. Namun, bagi mereka yang bekerja secara internal, langkah untuk menutup Zenly adalah salah satu yang tidak mengejutkan karyawan.

Snap mengumumkan bahwa mereka akan merumahkan sekitar 20% karyawannya. Meskipun Zenly populer di kalangan penggunanya, aplikasi ini belum menemukan cara untuk mulai memonetisasi basis penggunanya yang besar. Tanpa kemampuan untuk menghasilkan keuntungan yang berarti bagi perusahaan induk, Snap memutuskan untuk menutup Zenly secara permanen dan mengalihkan perhatiannya ke produk lain seperti Snapchat.

3 dari 4 halaman

Tutup pada Tanggal 3 Februari

Dilansir community.zen.ly, zenly akan ditutup pada 3 Februari 2023. Karena Zenly akan ditutup, lantas bagaimana data pengguna yang ada di aplikasi tersebut?

Menjawab hal tersebut, Zenly menjelaskan "Pada akhir periode 60 hari penutupan Zenly, semua data Anda akan dihapus. Kami tidak memiliki rencana untuk menyimpan data pengguna. Jika Anda tertarik untuk mengunduh data Anda sebelum zenly ditutup, Anda bisa melihat piliha "bagaimana saya bisa mengunduh data saya?".

Berikut ini cara mendownload data sebelum Zenly ditutup:

  • Buka aplikasi Zenly
  • Buka pengaturan
  • tap "butuh bantuan"
  • tap "kirim permintaan"

Beritahu pemberitahuan bahwa kamu ingin mengunduh data kamu, setelah itu kamu akan diberitahu segera setelah data kamu siap, dan tim bantuan Zenly akan menjelaskan bagaimana kamu bisa mengaksesnya dengan aman.

 

4 dari 4 halaman

Zenly Menyerahkan Ke Aplikasi SnapChat

Dikarenakan ditutupnya aplikasi Zenly, maka Snap menjelaskan bahwa apabila ingin melihat aktivitas orang terdekat layaknya Zenly bisa menggunakan SnapChat dengan Fitur Snap Map.

"Jika Anda suka melihat di mana teman-teman Anda berada & berbagi lokasi Anda dengan mereka; teman-teman saya di snapchat memiliki tempat untuk Anda jelajahi yang disebut snap map 🥰" tulis Zenly dikutip dari community.zen.ly, Senin (05/12/2022).

Hal ini juga sama dengan pengumuman Zenly di salah satu Tweetnya, dengan membagikan unggahan video untuk mengakses Snap Map, "Jika Anda selalu suka memeriksa apa yang sedang dilakukan teman Anda dan berbagi di mana Anda berada dengan mereka, teman-teman saya di Snapchat telah membangun tempat untuk Anda jelajahi yang disebut Snap Map:" tulis Zenly di akun Twitternya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.