Sukses

10 Pemain dengan Assist Terbanyak di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 sedang berlangsung dengan semakin dekatnya babak 16 besar. Tim-tim dari berbagai negara tentunya berjuang untuk mengamankan tempat di babak penyisihan.

Berbagai rekor bakal tercipta. Mulai dari jumlah gol hingga assist yang telah dicapai. Selama bertahun-tahun, assist semakin penting dalam permainan. Daftar assist terbanyak di Piala Dunia 2022 juga berubah setiap harinya.

Pesepak bola yang memberikan atau menciptakan peluang mencetak gol sama kuncinya dengan para pencetak gol. Seorang pemberi assist atau playmaker yang baik akan memastikan terciptanya gol. Banyak tim fokus pada kombinasi yang baik dari striker dan playmaker untuk mendapatkan keunggulan dalam pertandingan.

Kombinasi sempurna antara striker dan playmaker dalam serangan adalah mimpi terburuk dari setiap bek. Melansir dari Khel Now, Jumat (2/12/2022), pada Piala Dunia 2018 sebelumnya, jumlah assist terbanyak satu pemain adalah dua assist.

Dalam Piala Dunia 2022 yang sedang berlangsung ini, ada beberapa pemain teratas dengan assist terbanyak saat ini. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya:

1. Harry Kane (Inggris) - 3 Assist

Pemenang Golden Boot dari Piala Dunia 2018 di Rusia ini belum menemukan bagian belakang gawang sejauh ini di turnamen. Namun, pemain Tottenham Hotspur ini memimpin grafik dalam hal assist.

Kane memberikan dua assist saat melawan Iran dalam kemenangan mereka atas mereka dan satu assist saat melawan Wales. Kapten Inggris ini sedang dalam performa yang baik dan akan menghadapi Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Davy Klaassen (Belanda) - 2 Assist

Belanda lolos ke babak 16 besar dan merupakan lawan yang cukup bagus untuk dihadapi. Klaassen memberikan kedua asisst-nya kepada Cody Gakpo, satu saat melawan Ekuador dan satu lagi saat melawan Qatar.

Assist-nya telah membantu Gakpo menjadi pencetak gol terbanyak bersama untuk Piala Dunia 2022, dengan tiga gol bersama dengan Kylian Mbappe, Marcus Rashford dan Enner Valencia. Setelah memuncaki grup, Belanda akan bermain melawan Amerika Serikat di babak 16 besar.

3. Andrija Zivkovic (Serbia) - 2 Assist

Pemain Serbia ini memberikan kedua assist dalam pertandingan mendebarkan melawan Kamerun. Serbia kalah dalam pertandingan pembuka mereka dari Brasil dan bermain imbang dengan Kamerun di pertandingan berikutnya. Serbia akan menghadapi Swiss selanjutnya di Piala Dunia 2022. 

4. Ivan Perisic (Krosia) - 2 Assist

Pemain internasional Kroasia ini mendapatkan kedua assist-nya dalam pertandingan mereka melawan Kanada. Mereka mengalahkan Kanada dengan skor empat gol berbanding nol.

Pertandingan mereka berikutnya adalah melawan Belgia. Kroasia akan mengincar kemenangan dalam pertandingan mereka melawan Belgia, yang kemungkinan akan keluar dari grup jika mereka kalah. 

3 dari 4 halaman

5. Theo Hernandez (Prancis) - 2 Assist

Bek Prancis ini telah mencatatkan dua assist. Dia memberikan assist kepada Rabiot dalam pertandingan pembuka mereka melawan Australia, yang menghasilkan empat gol dari Prancis.

Assist keduanya datang pada pertandingan berikutnya melawan Denmark, di mana ia memberi assist kepada Mbappe untuk gol pertamanya. Prancis juga melaju di babak 16 besar setelah memenangkan kedua pertandingan awal mereka. Mereka akan menghadapi Tunisia dalam pertandingan terakhir mereka di babak penyisihan grup.

6. Bruno Fernandes (Portugal) - 2 Assist

Gelandang Manchester United ini mampu menciptakan peluang dan mencetak gol yang membuatnya menjadi ancaman nyata bagi tim lawan. Bruno sejauh ini telah mendapatkan dua assist.

Kedua asisst-nya tercipta dalam pertandingan melawan Ghana, di mana Portugal mengalahkan tim asal Afrika itu dengan tiga gol berbanding dua.

Bruno juga mencetak dua gol dalam kemenangan mereka atas Uruguay. Portugal telah lolos ke babak 16 besar dengan satu pertandingan tersisa. Mereka akan menghadapi Korea Selatan dalam pertandingan grup berikutnya dan terakhir.

7. Jordi Alba (Spanyol)- 2 Assist

Pemain Spanyol ini telah mencatatkan dua assist bersama tim nasionalnya di turnamen ini. Bek kiri Barcelona ini telah menjadi starter dalam kedua pertandingan Spanyol di babak penyisihan grup. Dia memberikan masing-masing satu assist dalam kedua pertandingan, melawan Kosta Rika dan Jerman.

Spanyol mengalahkan Kosta Rika dengan tujuh gol tanpa balas. Namun, mereka bermain imbang melawan Jerman, yang membuat harapan Jerman tetap hidup. Spanyol akan menghadapi Jepang selanjutnya dan akan berusaha untuk memastikan tempat mereka di babak 16 besar.

4 dari 4 halaman

8. Lionel Messi (Argentina) - 1 Assist

Kapten skuad Argentina berada dalam performa yang luar biasa tahun ini, baik dengan klub maupun negara. Lionel Messi telah memberikan satu assist dalam turnamen ini, yang terjadi pada pertandingan yang harus dimenangkan melawan Meksiko.

Sang superstar PSG mencetak gol yang luar biasa dari luar kotak penalti sebelum memberikan assist kepada Enzo Fernandez untuk gol kedua Argentina. Mereka akan melawan Polandia selanjutnya dan kemenangan dalam pertandingan ini akan memastikan tempat mereka di babak penyisihan.

9. Ousmane Dembele (Prancis) - 1 Assist

Sang superstar Barcelona akhirnya menemukan performanya tahun ini. Dia berada dalam performa yang luar biasa bersama klub dan juga merupakan bagian penting dari skuad nasional Prancis. Dia telah mencatatkan satu assist saat melawan Australia. Dembele memberikan assist kepada Mbappe.

10. Vincent Aboubakar (Kamerun) - 1 Assist

Aboubakar tampil luar biasa dalam pertandingan melawan Serbia. Dia memberikan satu assist dan mencetak satu gol dalam pertandingan itu.

Pertandingan itu berlangsung sengit dengan kedua tim masing-masing mencetak tiga gol. Kamerun akan melawan Brasil selanjutnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS